Mengenal Istilah Drag dan Drop dalam Dunia Komputer

Istilah drag and drop akan sering kita jumpai pada banyak tutorial ilmu komputer. Misalnya Anda temukan saat menggunakan aplikasi pengolah gambar. Begitu juga saat mengelola file dan folder pada sistem operasi Windows.

Mungkin ini kata-kata baru bagi pemula yang sedang belajar komputer otodidak. Padahal boleh jadi sering dipraktekan dalam keseharian namun istilahnya tidak diketahui.

Tapi tidak mengapa, belajar dasar komputer akan tetap terasa asyik jika Anda benar-benar menyukainya. Dan kali ini, kita akan membahas istilah drag and drop. Mudah-mudahan, artikel ini menambah perbendaharaan istilah yang biasa digunakan orang IT.


Istilah Drag dan Drop dalam Dunia Komputer

Istilah drag and drop lazim digunakan pada sistem operasi berbasis GUI. Biasanya melibatkan mouse dalam pengoperasiannya tapi tidak menutup kemungkinan bisa dilakukan dengan kombinasi tombol keyboard.

Drag and Drop lebih sering diterjemahkan menjadi seret dan lepas. Namun alangkah lebih baik biarkan sebagaimana bahasa aslinya. Karena praktek di lapangan banyak tenaga IT yang terbiasa dengan istilah yang sudah baku meskipun bukan bahasa ibu pertiwi.

Cara melakukan Drag and Drop dengan Mouse

Gambar oleh StockSnap dari Pixabay

 

Menurut hemat saya sesuai perspektif IT. Ini bukan masalah nasionalisme dan keharusan cinta bahasa dalam negeri. Karena terkadang mereka sedikit kesulitan ketika mendengar istilah yang sudah dialihbahasakan. Meskipun tidak terjadi pada semua orang tapi secara umum seperti itu. Jadi, ini murni tentang istilah baku yang sudah biasa digunakan dalam dunia komputer.

Bahkan, di kota ini saya dapati sebuah jalan namanya Science Boulevard. Jadi, jika ada yang menyoal istilah baku dalam dunia IT sepertinya dia perlu menyoal lebih dahulu nama jalan tersebut. Dan barangkali tidak tahu jalan tadi bisa diganti jalan tol baru yang bernama Sheikh Mohammed bin Zayed.

 

Cara melakukan Drag and Drop dengan Mouse

Setelah memahami istilah drag and drop pada uraian di atas. Selanjutnya, berikut ini cara untuk melakukan drag and drop.

1. Arahkan pointer pada sebuah obyek yang akan dipindah. Obyek ini bisa berupa file maupun folder.
2. Klik kiri dan tahan obyek tersebut tanpa dilepas
3. Geser dan pindahkan pointer ke tempat tujuan yang diinginkan
4. Jika sudah sampai lepaskan tombol kiri mouse tadi
5. Obyek sudah berpindah pada tempat tujuan
6. Kombinasikan dengan tombol Alt atau Ctrl dari poin 2-5 jika ingin menggandakan


Sekian artikel kali ini yang masih seputar pelajaran it dasar. Jika masih ada istilah-istilah lain yang belum dimengerti silahkan tinggalkan komentar.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar