AIO Lenovo Bekas Bisa Dijual Baru

Anda ingin membeli komputer desktop Lenovo All in One? Ketahui hal ini agar tidak merasa dirugikan. Karena karakter pedagang sangat beragam; ada yang jujur dan polos. Tapi ada juga yang cerdik tapi tidak jujur pada saat menjelaskan kondisi barang.

Tidak terkecuali dengan pedagang komputer yang mungkin Anda temui. Hal inilah yang ingin saya ceritakan saat jalan-jalan ke pusat komputer terbesar di Jakarta. Namun sayangnya saya lupa untuk mengabadikan momen tersebut. Biar percaya, berikut ini bukti perjalanan naik Blue Bird diajak teman dari Cikarang menuju Jakarta.

Oleh karena itu, sebagai pembeli perangkat teknologi harus cermat memilih barang. Seyogyanya kita tidak langsung mengamini ketererangan penjual. Kecuali memang benar sesuai dengan kondisi fisik hardware. Karena perangkat keras komputer juga bisa menunjukan keterangan tersebut.

Seperti pada kejadian berikut yang ceritanya ingin membeli AIO Lenovo untuk keperluan kantor. Komputer dekstop AIO ini sepertinya menarik perhatian teman untuk dibeli. Pedagang kemudian menerangkan bahwa komputer itu dalam kondisi baru. Selain itu, disebutkan jika masa garansinya adalah 1 bulan setelah pembelian.  


Cara Mengetahui Masa Garansi AIO Lenovo

Sebetulnya, pada saat kondisi AIO terbuka dan sudah terpasang sistem operasi. Ini sudah menunjukan bahwa komputer tersebut sudah melalui tahap instalasi (oleh teknisi di toko). Seandainya pre-installed pun seharusnya pedagang yang jujur membiarkan hal tersebut tidak tersentuh. Kecuali pembeli meminta langsung setup di tempat atau sebagaimana permintaannya.

Namun untuk menguji klaim tersebut karena kondisi komputer yang sudah terpasang OS. Maka, berikut ini cara yang bisa dilakukan oleh kita agar meyakinkan barang yang akan kita beli. Hal ini dimaksudkan agar pembeli benar-benar mengetahui kondisi barang yang sebenarnya.

1. Buka cmd bawaan Windows komputer yang akan dibeli.

2. Ketikan perintah: wmic bios get serialnumber dan tekan enter. 

3. Kemudian melalui hp Anda silahkan akses laman support Lenovo

4. Pilih Support > Warranty Lookup

5. Pilih jenis produknya, pada contoh kasus ini: PC (Laptops, Tablets, Desktops & Monitors).

6. Masukan nomor seri produk hasil dari langkah no 2 di atas kemudian klik Submit. Nomor seri produk di bawah ini benar-benar nomor SN AIO Lenovo yang tadinya mau dibeli. Saya tidak sempat foto barangnya, tapi nomor SN masih tersimpan di memori browser hp saya hingga malamnya.

7. Nah, kalau hasilnya "Out of Warranty" seperti ini berarti sudah tidak lagi masa garansi pabrik. Dengan kata lain, komputer ini bukan komputer baru. Makanya pedagang tadi bilangnya masa garansi 1 bulan. Itu adalah masa garansi yang diberikan oleh toko sebagai penjual.

8. Scroll ke bawah lagi tertulis jelas masa garansi yang sudah expired. 

Akhirnya, kita tidak jadi beli di toko komputer tersebut. Kemudian jalan-jalan lagi nyari komputer desktop AIO Lenovo di toko lain. Kejadian ini aslinya siang sampai jam 5 sore, namun screenshot di atas terlihat jam malam. Ini disebabkan saya buat screenshot gambarnya tadi malam. Kemudian saya selesaikan tulisannya hingga pagi ini.

Demikian pengalaman saya kali ini, semoga bermanfaat.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar