Cara Setting Ukuran Kertas F4 di Word 365

Entah kenapa ukuran kertas f4 di word tidak tersedia secara baku. Ketidak tersediaan ini tidak terbatas pada Microsoft Office versi lama. Apakah mungkin jenis kertas ini tidak beredar luas di luar negeri. Ataukah mungkin tidak menjadi standar yang berlaku umum di kantor sana. Atau jangan-jangan, semua programmer yang membuat aplikasi perkantoran tidak pernah mampir di tukang fotocopy di Indonesia.

Pertanyaan di atas sering terlintas dalam benak saya mengingat fenomena ini sudah saya rasakan sejak lama. Tepatnya zaman Windows XP dengan Microsoft Office 2003. Meskipun pertama mengenal Windows versi 3.1 namun pertama kali mencetak dengan tangan sendiri pas Windows XP. Waktu itu masih jadi kuli di sebuah perusahaan di Sunter, Jakarta. Dan jujur saja, pengalaman mencetak ini tidak ada hubungannya dengan pekerjaan di pabrik. Meskipun begitu saya punya semangat belajar microsoft office untuk kerja. Karena siapa tahu kapan waktunya bisa digunakan untuk buka usaha di desa. 

Pertanyaan pun berlanjut ketika menggunakan aplikasi perkantoran yang bersifat opensource. Lagi-lagi, setting ukuran kertas f4 harus dilakukan secara manual oleh pengguna. Oleh karena itu, saya sajikan tulisan ini seputar pengaturan kertas F4 pada aplikasi Microsoft Word. Tutorial ini intinya bisa dipraktekan pada Office 2007, 2010, 2013, 2016 dan 2019. 

Terlebih lagi bagi Anda yang belajar Office 365 yang kebetulan saya gunakan juga pada praktek kali ini. Adapun pengguna Office versi lain silahkan adaptasi yang biasanya pengaturan tersebut terletak pada opsi File > Option > Advanced atau dari logo Office > Word Option > Advanced.


Cara Setting Ukuran Kertas F4 di Word 365

Salah satu materi belajar microsoft office untuk pemula adalah pengaturan kertas yang akan digunakan untuk mencetak dokumen. Langsung saja, berikut ini langkah-langkah pengaturan kertas F4 pada program Microsoft Word 365.

1. Buka Ms. Word > Layout > Page Setup. Bagi pemula yang belajar komputer otodidak silahkan pahami artinya. Anda harus tahu makna layout adalah tata letak, page adalah halaman dan setup adalah pengaturan.

2. Pilih tab Paper yang kalau diterjemah ke bahasa kita paper ini artinya kertas.

3. Kemudian pilih custom size. Untuk memudahkan pengertian custom inget customer (baca=kastemer) yang artinya pelanggan. Penggunaan istilah ini sudah familiar di kantor-kantor. Misalnya anda temui ada CS (Customer Service) di bank, operator layanan telepon dan lain-lain. Sedangkan size artinya ukuran sehingga tahu kan maksudnya custom size?

4. Nah, berapa centimeterkah ukuran kertas F4? Silahkan lihat pada fisiknya yang tertulis di sana yaitu; 215 x 330 mm. Gambar di bawah ini salah satu contoh yang bisa dilihat ada keterangan ukuran kertasnya. 

5. Ups..... pada program Word menggunakan inchi ya? Ya sudah pengaturan kertas yang ini close dulu ya kemudian lanjutkan dengan meng-klik menu File yang ada di pojok atas paling kanan. Jika tidak ada mouse silahkan gunakan kombinasi tombol keyboard Alt + F.

6. Kemudian klik Option.

7. Pilih Advanced.

8. Scroll ke bawah sampai ketemu tulisan: "Show measurements in units of" pada bagian Display.

9. Silahkan ubah ukuran inchi menjadi centimeter dan klik ok.

10. Ulangi kembali langkah nomor 3, pilih custom size dan masukan ukuran width menjadi 21,59 cm dan height 33,00 cm. Jangan lupa klik "Set As Default" dan klik Ok.

11. Jika langkah nomor 10 hanya klik OK saja tanpa klik Set As Default dan Microsoft Word dibuka ulang. Maka ukuran kertasnya kembali ke setting awal seperti pada saat sebelum dirubah.

12. Oleh karena itu jangan lupa klik "Set As Default" kemudian klik OK.

Sekarang, program Microsoft Word sudah mengenali ukuran kertas F4 dengan label Custom Size. Pengaturan ini berguna agar hasil cetakan pada printer benar-benar sama seperti yang terlihat pada layar. Jadi jangan sampai Anda menggunakan ukuran kertas "Legal" untuk mencetak dokumen pada kertas HVS F4. Karena nanti pasti akan ada bagian bawah yang terpotong dan tidak tercetak kecuali Anda akali dengan melebihkan margin bawah sesuai kebutuhan. Sekian belajar ms office kali ini tentang cara setting ukuran kertas F4 pada program Microsoft Word 365. 

Selamat mencoba.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar