Mengapa Saya Tidak Bisa Install PIP di Python?

Mengapa Saya Tidak Bisa Install PIP di Python?

Merangkum dari beberapa sumber yang saya jadikan referensi belajar secara mandiri. PIP adalah singkatan dari Package Installer for Python atau penginstal paket untuk Python.

Saya lakukan ini untuk mencari metode belajar bahasa Python yang anti mainstream. Karena saya analogikan Python seperti bahasa prosedural yang pernah saya pelajari; yakni Pascal.

Sehingga, seandainya belajar Python sesempatnya maka akan terasa sangat jauh mencapai tujuan. Meskipun bahasa Python relatif lebih mudah dipelajari daripada lainnya. Tetap saja butuh waktu yang tidak sedikit untuk mempelajarinya.

Oleh karenanya, sama seperti Pascal sebagai bahasa tingkat tinggi yang mempunyai turunannya; yakni Delphi sebagai bahasa visual. Maka, Python pun demikian tapi istilahnya bukan bahasa visual.

Dalam hal ini, Python tidak mengenal turunan berupa bahasa visual meskipun termasuk bahasa prosedural. Justru Python lebih mirip dengan bahasa script seperti PHP dengan beragam frameworknya.

Nah, framework inilah yang memungkinkan kita agar mencapai tujuan dalam belajar sehingga bisa lebih cepat membuat aplikasi berbasis desktop maupun web. Untuk hal tersebut diperlukan instalasi PIP sebagai manajemen paket penginstal. 

 

PIP di Python Default Tidak Terpasang

Ubuntu saya sebelumnya adalah Ubuntu 16.04 yang kemudian upgrade ke atasnya. Terakhir kali saya upgrade Python yang menjadi default menjadi versi 2.7.17. Berikut ini saat saya cek versi default Python di komputer Linux saya.

Sebelum posting artikel ini saya juga install Python versi terbaru 3.9.5. Ini secara otomatis tidak butuh install PIP lagi. Karena secara teori, versi Python 3.4 ke atas sebetulnya sudah terpasang PIP di dalamnya. Hanya saja, versi terbaru Python saya ini belum disetting menjadi default menggantikan versi sebelumnya.

Oleh karena itu, komputer saya mempunyai dua versi sebagaimana tampak pada screenshot di bawah ini. Yakni Python 3.9.5 yang sudah terpasang PIP 21.1.1 serta Python 2.7.17 yang belum terpasang PIP.

Namun, jika Anda memiliki kasus khusus misalnya Python versi 3.9.5 juga tidak menunjukan ketersediaan PIP didalamnya coba jalankan perintah:

sudo apt install python3-pip

Kemudian cek ulang dengan mengetikan perintah:

pip3 --version

 

Mencoba Install PIP di Python Versi 2.7

Bagi Anda yang masih menggunakan Python versi lama dan belum sempat upgrade Python 3.9.5 sebagai versi default. Berikut ini cara install PIP di Python default yang masih versi lama.

1. Buka terminal dan ketik perintah: sudo apt install python-pip

2. Setelah masukan password administrator akan tampak seperti ini:

3. Silahkan ketik Y atau y dan tekan enter.

4. Setelah itu ada keterangan error: libdvd-pkg: `apt-get check` failed, you may have broken packages. Aborting...

5. Pada saat cek pip dengan perintah pip --version juga error alias tidak menunjukan instalasi pip tadi berhasil.

6. Kemudian saya dapatkan solusi dari askubuntu untuk menggunakan perintah sudo dpkg-reconfigure libdvd-pkg

7. Kemudian klik Yes

8. Saya ulangi lagi mengetik perintah: sudo apt install python-pip dan ini hasilnya.

9. Seharusnya dengan melalui tahapan di atas sudah bisa install PIP. Tapi kenapa kali ini tidak bisa? Sekarang saya tahu alasanya. Ini sebagaimana keterangan di atas:"python-pip is already the newest version (9.0.1-2.3~ubuntu1.18.04.5)." Ya, karena sebelumnya saya sudah install Python 3.9.5 yang secara otomatis memasang versi PIP bawaannya.

Demikian pengalaman belajar komputer saya secara otodidak. Artikel kali ini seputar instalasi PIP di mesin komputer Ubuntu. Langkah selanjutnya saya ingin menginstal wagtail dengan PIP ini. Namun sebelumnya saya harus memastikan terlebih dahulu Python yang menjadi default adalah versi terbaru.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar