Cara Format USB Flash Disk di Linux Mint

Media penyimpanan harus diformat terlebih dahulu agar bisa dikenali sistem operasi. Termasuk dengan benda mungil yang dikenal sebagai flash disk. Namun khusus untuk media yang satu ini sih sudah siap digunakan. Biasanya sudah diformat pabrikan dengan FAT32 yang bisa terbaca pada sistem operasi Linux maupun Windows

Adapun jika ingin format dengan software sendiri bisa memilih jenis file sistem yang lain dan tidak terbatas dengan FAT32. 

Proses format ulang ini kadang diperlukan pada flash disk. Misalnya karena flash disk terkena virus atau menghilangkan "bootable" setelah digunakan sebagai installer. Dan format ulang ini sebetulnya mudah terutama bagi pengguna yang sudah mengenal Windows. 

Pun begitu dengan pengguna Linux desktop yang mengetahui caranya melalui grafis. Namun demikian banyak tutorial di internet seputar format ulang dengan Linux. Namun caranya tidak sedikit dari mereka yang menyajikan tutorial melalui baris perintah.


Cara Format USB Flash Disk di Linux Mint

Untuk itu, belajar Linux pada artikel berikut ini tentang cara format flash disk yang saya sajikan dengan mudah persis seperti Anda menggunakan OS Windows. Berikut ini ulasan selengkapnya yang saya sajikan lengkap disertai dengan gambar.

Cara Format dengan Aplikasi USB Stick Formatter

Aplikasi yang digunakan untuk format flash disk pada Linux Mint namanya USB Stick Formatter. Aplikasi ini ada pada menu Accessories; tepatnya; Menu > Accessories > USB Stick Formatter.

Cara Format USB Flash Disk di Linux Mint

Atau bisa juga dengan mengetikan "USB Stick Formatter" pada menu pencarian di Linux Mint.

Jika aplikasi tersebut dipanggil maka akan tampil pada layar komputer menjadi sebagai berikut:

Setelah itu silahkan tentukan file sistem, label dan device yang akan dilakukan format ulang.


Cara Format Flash Disk dari Files "Explorer"

Masih menggunakan aplikasi USB Stick Formatter yang sama di Linux Mint. Berikut ini langkah-langkah format ulang USB Flash Disk dari "Windows" Explorer yang ada di Linux Mint. 

1. Colokan flash disk. 

2. Buka Files dan klik kanan pada icon flash disk Anda lalu klik Format. Ini di Linux Mint namanya Files. Kalau Linux distro lain ada yang namanya Nautilus, Dolphin, Thunar, Konqueror atau yang lainnya. Sedangkan pada OS Windows ini sama halnya dengan Windows Explorer atau File Manager.

3. Klik volume dan pilih flash disk yang ingin diformat. Jangan lupa pilih file sistem dan nama label untuk flash disk Anda.

4. Masukan password seperti pada saat pertama kali install Linux Mint.

5. Klik OK

6. Terakhir silahkan klik Close

Format ulang selesai... ternyata mudah kan? Gak jauh beda dengan Windows? Oh iya, perlu diketahui saya menggunakan Linux Mint 20.2 Uma dengan desktop environment Cinnamon. Meskipun demikian, tutorial belajar Linux ini bisa diadaptasi dengan distro lainnya atau yang berbeda desktop environmentnya.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar