Cara Install Telegram di Linux Mint

Telegram Linux menjadi salah satu kata kunci yang semakin diminati banyak orang. Termasuk dengan para pedagang yang berusaha memanfaatkan Telegram. Misalnya membuat grup usaha atau daftar katalog produk karena cakupannya bisa menampung 200 ribu member.

Bagi pemula yang sedang belajar komputer secara otodidak pun begitu. Telegram menjadi sarana untuk mencari dan menemukan grup belajar sesuai minat. Melalui kolom pencarian yang ada di Telegram memudahkan pencarian grup yang sesuai.

Sama halnya dengan program dan aplikasi yang mengusung open source lainnya. Telegram sangat pas jika diinstall di Linux jika dibandingkan dengan pesaingnya. Berikut ini tampilan Telegram di Linux Mint 20.2 Uma Cinnamon. 

Cara Install Telegram di Linux Mint


Cara Install Telegram di Linux Mint dengan Software Manager

Salah satu keunggulan Telegram yang saya rasakan secara pribadi yaitu pada saat video call. Ini pengalaman pribadi dengan perangkat dan kartu telepon yang sama. Bagi Anda yang juga tertarik untuk mencoba Telegram, berikut ini tahapan install di Linux Mint yang caranya sama seperti di Android.

1. Klik Menu > Administration > Software Manager 

2. Ketik "Telegram" pada kotak pencarian.

3. Klik Telegram Desktop > Install.

4. Klik Continue.

5. Telegram sudah berhasil dipasang, klik Launch untuk memulai. 

6. Klik "Start Messaging".

7. Buka Telegram di HP Android > Settings > Device > Scan QR kemudian arahkan kamera handphone ke barcode yang terlihat pada layar.

8. Sekarang, Telegram sudah bisa digunakan pada komputer Linux Mint.

9. Untuk menempatkan icon shortcut di area desktop atau panel silahkan klik Menu > ketik "telegram" > klik kanan Telegram Desktop > Pilih add to desktop atau add to panel.

Cara install Telegram Linux di atas melalui software manager yang tersedia pada Linux Mint. Jika tidak tersedia pada distro yang Anda gunakan, langsung saja melalui website resmi Telegram. Di sana Anda bisa download aplikasinya kemudian ekstrak dan install.

Sekian belajar Linux kita hari ini, selamat mencoba.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar