Cara Uninstall Aplikasi di Linux Mint

Untuk menghapus aplikasi dari sistem operasi Linux bisa dilakukan dengan beberapa cara. Jika browsing di internet banyak diterangkan cara yang menggunakan baris perintah. Tutorial ini biasa dilakukan pada komputer server namun dipraktekan pada komputer rumahan. Salah satu tujuannya memang sekalian belajar bagaimana membiasakan dengan server Linux.

Distro yang biasa digunakan misalnya RedHat, CentOS, Fedora, Ubuntu, Mandriva dan lain-lain.

Selain itu ada juga yang memakai cara grafis layaknya uninstall aplikasi Windows atau Android. Penggunaan metode ini saya sarankan bagi Anda yang memang fokus ke komputer desktop. Adapun distro OS-nya kembali ke minat pengguna masing-masing. Karena intinya sama saja dan hanya butuh sedikit penyesuaian jika berpindah dari satu distro GNU/Linux ke distro Unix-like yang lainnya.

Sebagaimana rekam jejak blog ini yang sebelumnya menggunakan OS Ubuntu. Karena keterbatasan spesifikasi hardware komputer yang tidak bisa mengikuti perkembangan. Akhirnya saya install ulang dengan Linux Mint yang masih turunannya Ubuntu. Efeknya, blog ini pun dipenuhi tutorial tentang Linux Mint

Untuk itu, belajar Linux kita hari ini akan mempraktekan uninstall aplikasi dengan cara kedua. Sistem operasi yang saya contohkan adalah versi 20.2 Cinnamon. Namun trik ini tidak menutup kemungkinan bisa digunakan pada versi selainnya.


Cara Uninstall Aplikasi di Linux Mint dari "Control Panel"

Bagi pengguna sistem operasi Windows versi desktop pasti kenal dengan control panel. Dari sana lah pengaturan hardware dan software yang terpasang pada komputer. Berangkat dari hal tersebut saya ingin membuat tutorial cara uninstall software dengan control panel; Tentunya versi sistem operasi Linux dengan segala macam varian distronya. Metode ini kalau di Linux Mint yang saya gunakan ada dua; Software Manager dan Synaptic Package Manager.


Uninstall Aplikasi Melalui Software Manager

Selanjutnya, ini cara pertama uninstall aplikasi di Linux Mint; yakni menggunakan Software Manager. Cara ini lebih simpel untuk hampir semua aplikasi. Tata caranya tidak jauh berbeda dengan uninstall aplikasi di Android. Yuks, langsung saja inilah tahapan uninstall aplikasi melalui software manager di Linux Mint 20.2 Cinnamon.

1. Klik Menu > Administration > Software Manager

Cara Uninstall Aplikasi di Linux Mint

2. Arahkan kursor ke "icon titik tiga" yang berada di pojok kanan atas "Software Manager".

3. Klik untuk ceklis tulisan "show installed applications" untuk memperlihatkan semua aplikasi yang sudah terpasang.

4. Semua aplikasi yang terpasang pada komputer kini terlihat pada daftar. Silahkan klik icon aplikasi yang ingin di uninstall; misalnya Google Chrome.

5. Klik "Remove".

6. Masukan password seperti pertama kali install Linux Mint kemudian klik Authenticate.

7. Aplikasi sudah berhasil di-uninstall.


Uninstall Aplikasi Melalui Synaptic Package Manager

Cara kedua yang saya lakukan selain menggunakan baris perintah yaitu melalui Synaptic Package Manager. Cara ini saya gunakan pada aplikasi yang mempunyai file atau program lain yang terkait. File ini  biasa disebut dengan istilah "package dependencies". Contoh dalam praktek kali ini adalah cairo-dock yang kemarin kita pasang.

Coba bandingkan penghapusan aplikasi yang sama tapi dengan metode yang berbeda. Pada contoh di bawah kita coba hapus docker-dock dengan software manager terlebih dahulu. Baru kemudian setelah itu menggunakan synaptic package manager. Dengan perbandingan ini saya harapkan Anda bisa memilih metode yang tepat dan sesuai.

1. Pertama, buka software manager dari Menu > Administration > Software Manager.

2. Klik icon titik tiga dan ceklis tulisan "show installed applications".

3. Pilih cairo-dock.

4. Klik "Remove".

5. Masukan password dan klik authenticate.

6. Kemudian ke menu seperti yang terlihat pada nomor 3. Lanjut klik file package dependencies dari cairo-dock lainnya kemudian klik "Remove."

7. Ulangi hal tersebut untuk semua package dependencies milik cairo-dock yang terlihat di sana.

8. Sudah kebayang kan caranya? Untuk jenis aplikasi seperti ini bagaimana kalau menggunakan Synaptic Package Manager?

9. Klik Menu > Administration > Synaptic Package Manager.

10. Masukan password dan klik authenticate.

11. Ini tampilan Synaptic Package Manager di Linux Mint. Silahkan klik icon pencarian yang berada di pojok kanan atas.

12. Masukan kata kunci "cairo-dock" dan klik search.

13. Klik kanan pada package dan pilih mark for complete removal.

14. Agar lebih cepat silahkan gunakan tombol panah dan shift untuk memilih semua package. Setelah itu baru klik kanan dan pilih "mark for complete removal".

15. Semua package otomatis akan tertandai dengan ceklis.

16. Klik "Apply".

17. Klik "Apply" pada kotak dialog konfirmasi penghapusan package.

18. Proses penghapusan package sedang berjalan.

19. Klik "Close" 

20. Aplikasi cairo-dock kini sudah terhapus.

Mudah kan? Ya, sistem operasi Linux apapun distronya selagi masih desktop tetep lebih mudah. Buktinya adalah penggunaan Android yang secara umum diterima masyarakat. Sampai saat ini saya belum pernah mendengar orang yang merasa kesusahan menggunakan Android. Padahal sistem operasi tersebut adalah (keluarga) Linux juga. Demikian belajar Linux kita hari ini, semoga bermanfaat. 

Selamat mencoba. 

Gratis! Silahkan klik subscribe untuk menerima email pembaruan

ModeMalam