Cara Membuat Icon Shortcut pada Desktop, Panel & Cairo-dock

Masih tentang Linux Mint dan penggunaannya untuk komputer rumahan. Kali ini kita mencoba membuat icon shortcut yang diletakan pada panel, desktop dan cairo-dock. Fungsi icon ini untuk mempermudah pemanggilan aplikasi. Sehingga kita cukup dengan satu klik saja untuk membuka aplikasi yang dimaksud. Terutama untuk program yang sering digunakan dalam keseharian. 

Sebagaimana halnya user yang terbiasa dengan sistem operasi Windows. Fungsi semisal ini pun tersedia pada Linux apapun distronya. Hanya saja, bagi pemula yang baru mengenal Linux mungkin perlu sedikit adaptasi dengan istilah dan letak pengaturannya.

Untuk itu, belajar Linux kita kali ini akan membahas tentang cara membuat icon shortcut pada panel, desktop dan cairo-dock. Oh ya, untuk poin terakhir yang disebutkan itu bukan bawaan distro Linux Mint. Bagi yang  baru mengenal dan tertarik ingin menerapkan juga. Kemarin kita sudah pasang sehingga Linux Mint ini menyerupai sistem operasi Macintosh.

Cara Membuat Icon Shortcut pada Desktop, Panel & Cairo-dock


Cara Membuat Icon Shortcut pada Desktop di Linux Mint

Untuk membuat sebuah icon shortcut atau dalam dunia Linux dikenal juga dengan sebutan launcher. Beberapa cara dibawah ini bisa ditempuh dengan cara mudah. Sengaja saya pilihkan tutorial seperti ini agar pemula yang baru belajar Linux bisa cepat menyesuaikan diri. 

Jadi tidak masalah bagi Anda yang sebelumnya telah terbiasa dengan sistem operasi Windows. 

Caranya adalah klik Menu lalu sorot aplikasi yang ingin ditampilkan. Pada contoh ini misalnya Google Chrome yang kemarin baru saja kita install. Setelah itu klik kanan pada aplikasi tersebut dan langkah terakhir silahkan klik add to desktop.

Cara Membuat Icon Shortcut pada Desktop, Panel & Cairo-dock

Lakukan hal yang sama pada aplikasi lain yang ingin ditampilkan pada layar desktop. Sebaliknya, jika ada yang harus dihilangkan dari layar atau salah memilih icon shortcut aplikasi; cukup klik kanan pada icon tersebut dan pilih "delete".

Sedangkan untuk pengaturan icon device terpisah seperti di OS Windows. Caranya, klik kanan pada area kosong di layar kemudian pilih customize.

Selanjutnya, klik "Desktop Settings".

Terlihat di sana ada Computer atau My Computer atau This PC kalau di Windows tuh. Kemudian ada Home atau seperti My Document kalau versi Microsoft. Ada juga Trash atau Recycle Bin dan Network, serta Mounted Drives (misalnya Flashdisk).

Klik "radio button" yang ada di sebelah keterangan tadi untuk mengaktifkannya. Tanda enable (aktif) sebuah icon adalah munculnya icon pada layar secara langsung dan warna radio button yang berubah.

Jika sudah selesai konfigurasi silahkan klik tanda silang (x) yang berada pada pojok kanan atas untuk menutup kotak dialog pengaturan di atas.


Cara Membuat Icon Shortcut pada Panel di Linux Mint

Adapun untuk menambahkan icon shortcut aplikasi pada panel bawaan Linux Mint sama seperti langkah di atas. Hanya saja ada sedikit perbedaan pada langkah terakhir, yakni kita klik add to panel. Setelah itu icon akan tampak pada bagian taskbar Linux Mint Anda.


Cara Membuat Icon Shortcut pada Cairo-dock di Linux Mint

Terakhir, yang agak sedikit ribet yaitu membuat icon shortcut pada Cairo-dock di Linux Mint. Bukan ribet tidak berfungsi sebagaimana layaknya aplikasi. Melainkan gambar icon yang tidak mewakili aplikasi secara khusus. Tapi gak semuanya juga sih karena ada beberapa icon yang otomatis. Misalnya icon Google Chrome yang cukup mudah dan tinggal tarik saja dari desktop ke cairo-dock seperti screenshot berikut ini.

Anda lihat dengan cara tersebut icon Chrome sudah tampak pada cairo-dock beserta image yang menjadi ciri khas browser dari Google tersebut.

Cara lainnya dengan klik kanan pada bagian cairo-dock, pilih cairo-dock > Add > Custom Launcher.

Kemudian silahkan pilih aplikasi yang ingin ditampilkan. Cara ini juga terbatas pada beberapa aplikasi yang memang sudah disediakan beserta gambar icon yang mewakili secara khusus sebuah aplikasi.

Sehingga, ketika kita mencoba aplikasi yang lain. Misalnya icon aplikasi "screenshot" berikut ini yang kita drag and drop dari desktop di layar.

Maka aplikasi tersebut bisa "running" tapi gambar iconnya belum mewakili aplikasi. Sebagaimana terlihat pada screenshot di bawah ini. Aplikasi tersebut dengan logo tanda tanya yang menjadi default aplikasi yang belum dikenali oleh Cairo-dock.

Untuk mengatasi hal tersebut copy terlebih dahulu icon yang bersangkutan. Biasanya ada di path Computer > usr > share > applications. 

Sayangnya icon yang ada di situ bukan dalam format svg sehingga tidak terbaca cairo-dock. Oleh karena itu saya download dari cinnamon-look saja. Dari situs tersebut Anda bisa memilih jenis iconnya seperti apa. Namun praktek kali ini mencoba jenis icon seperti yang biasa terlihat pada Windows 10.

Kemudian tempatkan pada folder /usr/share/cairo-dock/icons. Oh ya, ternyata tidak bisa? Fungsi "paste" pada folder tersebut tidak berfungsi. Ini disebabkan hak akses dan kepemilikan sebuah folder yang berlaku di Linux. Oleh karena itu, jalankan perintah di bawah ini dengan "Terminal" dan tekan enter:

sudo chmod -R 775 /usr/share/cairo-dock/icons

Masukan password jika diminta oleh sistem. Password ini sama seperti pada saat pertama kali install Linux Mint. Kemudian sekali lagi jalankan perintah berikut:

sudo chown yusuf:yusuf /usr/share/cairo-dock/icons

Untuk "yusuf:yusuf" silahkan sesuaikan dengan nama user dan grup ketika Anda install Linux Mint pertama kali. Setelah itu, baru klik kanan dan pilih paste di folder /usr/share/cairo-dock/icons. Icon aplikasi tadi sekarang bisa di paste di sana.

Selanjutnya, klik kanan icon yang masih bergambar tanda tanya tadi, sorot nama aplikasinya, pilih dan klik "edit" untuk masuk ke dalam pengaturan logo icon di cairo-dock.

Klik icon folder yang sebaris dengan tulisan "Image's name or path".


Klik "Other Locations" dan arahkan pada folder tempat mem-paste-kan icon barusan.

Setelah klik Apply dan close maka tampilan gambar pada icon tersebut sudah tidak lagi dalam bentuk gambar tanda tanya.

Sebagai tambahan bagi Anda yang tidak mau berurusan dengan pengetikan baris perintah dengan  chmod dan chown pada terminal. Alternatif lainnya adalah tempatkan gambar yang ingin dijadikan gambar icon tersebut pada direktori /home yang ada. Misalnya, paste pada folder Picture atau .icons. kemudian arahkan. 

Akhir kata, sampai sini dulu belajar Linux kita hari ini. Selamat mempraktekan tutorial cara membuat icon shortcut pada desktop, panel dan cairo-dock. Sistem operasi yang saya gunakan adalah Linux Mint versi 20.2 Cinnamon. Meskipun demikian, saya yakin artikel ini bisa dipraktekan pada distro lain, tentunya disesuaikan dengan karakternya masing-masing.

Selamat mencoba.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar