Mengatasi Cairo-dock Hilang Setelah Restart

Setelah berhasil merubah tampilan Linux Mint jadi MacOS kemarin ada yang kelewat. Ini saya ketahui setelah mematikan komputer dan menyalakannya lagi di kesempatan lain. Ternyata tidak ada menu yang menjadi ciri khas sistem operasi komputer Macintosh. Padahal sebelumnya sudah disetting dan sudah berfungsi tanpa ada hambatan.

Bagi pemula yang sedang belajar Linux mungkin sedikit membingungkan. Karena mau mencari menu pengaturan sistem pun tidak tahu darimana. Apanya yang harus diklik? Tombol dengan icon "Windows" di keyboard juga tidak berfungsi. Sepertinya tombol ini sia-sia di OS Linux jika hanya bisa running pada sistem operasi Windows.

Kemudian saya teringat kejadian yang serupa tapi tak sama. Ya, saya pernah kehilangan panel bawaan di Linux Mint. Gara-garanya karena sering otak-atik konfigurasi sistem meskipun baru selesai install. Untungnya, pengalaman itu saya tuangkan dalam artikel. Isinya tentang cara mengembalikan panel atau taskbar di Linux Mint

Meskipun isinya tidak sama namun kunci masuk untuk menuju pengaturan sistem bisa dari sana. Untuk itu yuks langsung saja kita simak artikel selengkapnya berikut ini. Ini tentang cara mengembalikan Cairo-dock yang sebelumnya sudah terpasang.


Mengatasi Cairo-dock Hilang Setelah Restart

Cairo-dock adalah aplikasi yang digunakan untuk memodifikasi tampilan pada distro Linux secara umum. Pada contoh ini kita tidak membahas cara memulai penggunaannya di Linux Mint. Bagi Anda yang ingin mengetahui tahapan sebelumnya silahkan klik tautan ini. Adapun cara agar Cairo-dock yang sudah terpasang bisa berjalan bersamaan dengan sistem operasi pertama kali dijalankan adalah sebagai berikut.

1. Tekan Alt+F2; ketikan cinnamon-settings kemudian tekan enter.

Mengatasi Cairo-dock Hilang Setelah Restart

2. Pilih Startup Applications.

3. Klik tanda (+).

4. Klik Cairo-dock > Add Applications > Close.

5. Pastikan dalam keadaan "ON" dan klik tanda (x) untuk menutup menu pengaturan System Settings.

6. Klik "Yes".

7. Silahkan lihat hasilnya setelah restart, dijamin gak bakal hilang lagi.

Demikian, belajar Linux kita hari ini sebagai pelengkap tutorial kemarin ketika berupaya merubah tampilan Linux Mint menjadi seperti MacOS.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar