Cara Install Angry IP Scanner di Linux Mint

Angry IP Scanner adalah sebuah tool yang berfungsi untuk memindai alamat IP dalam sebuah jaringan. Tool ini bisa dijalankan di banyak sistem operasi; Windows, MacOS maupun GNU/Linux. Tentang lisensinya tidak usah khawatir karena ini freeware dan open source. Dalam situs web resminya disebutkan jika tool ini di bawah lisensi GPLv2 (GNU General Public License version 2).

Bagi yang masih duduk di bangku smk; terutama jurusan tkj harus tahu ini (jangan tempe). Meskipun pengetahuan ini misalnya tidak diajarkan di bangku sekolah. Karena memang secara nyata digunakan di dunia kerja. Contoh pekerjaan yang membutuhkan pemindai alamat IP misalnya setting switch unmanaged; HPE, Aruba, Cisco dan lain-lain. 

Adapun tool serupa yang fungsinya sama bisa menggunakan Advanced IP Scanner. Akan tetapi tool ini hanya berjalan di sistem operasi Windows. Berbeda dengan Angry IP Scanner yang bisa di install di Windows maupun Linux. Sehingga bagi pengguna Linux tentu akan terbiasa dengan aplikasi ini meskipun nanti bekerja dengan tool yang sama namun dengan sistem operasi yang berbeda.

Seperti inilah tampilan tool Angry IP Scanner di Linux Mint 20.2 Cinnamon. 

Cara Install Angry IP Scanner di Linux Mint


Cara Install Angry IP Scanner di Linux Mint

Nama tool ini; yaitu Angry IP secara pribadi mengingatkan sebuah game di Android. Permainan ini sebetulnya sudah jadul; waktu itu saya menggunakan versi Gingerbread. Sekarang sih enggak tahu masih ada apa enggak burung "marah". 

Begitulah, meskipun namanya "angry" yang artinya marah tapi sepertinya tidak membuat kesal penggunanya. Apalagi sampai marah-marah lalu membantingkan perangkat Android di tangannya.

Saya harap begitu juga dengan tool yang satu ini; yaitu Angry IP Scanner. Meskipun sama-sama menggunakan nama "Angry"; tool ini sangat ringan, cepet dan memuaskan. Semoga hasil pemindaian alamat IP yang didapat juga tidak membuat kecewa dan marah.

Bagi yang tertarik, silahkan simak tutorial cara install Angry IP Scanner di Linux Mint 20.2 Cinnamon berikut ini. Oh ya, jika pelajaran tkj dasar ini tidak diajarkan di bangku sekolah. Anggap saja ini pengetahuan tambahan yang semoga membuka wawasan teman-teman seputar dunia open source.

1. Kunjungi tautan angry ip scanner ini.

2. Klik Download.

3. Klik DEB Package.

4. Klik Close lalu klik hasil download.

5. Klik install package.

6. Ketik password root dan tekan authenticate. Jika user root belum dibuat silahkan ketik password user yang pertama kali dibuat pada saat install Linux Mint.

7. Angry IP Scanner berhasil diinstall.

8. Angry IP Scanner bisa diakses melalui Menu > Internet > Angry IP Scanner. Gambar screenshot bisa dilihat pada gambar paling atas.

Sekian belajar tkj kita hari ini tentang cara install Angry IP Scanner di sistem operasi Linux. Tutorial ini bisa dipraktekan pada distro lain yang sama-sama menggunakan package .deb. Dengan metode install ini semoga kesan sulit bin susah akan hilang. Karena selama ini tergambarkan oleh orang jika Linux itu menyeramkan. Padahal lihat saja di atas; cara install di Linux itu gampang kan? Begitu juga bagaimana mengoperasikan Linux apapun distronya.

Semoga bermanfaat.

Gratis! Silahkan klik subscribe untuk menerima email pembaruan

ModeMalam