Cara Install Browser Vivaldi di Linux Mint

Ada yang pernah mendengar nama Vivaldi? Iya, browser default yang digunakan distro Linux Manjaro. Apakah Anda sudah mencoba browser yang satu ini? Kalau saya tadinya belum, termasuk juga mencicipi distro Manjaro yang berbasis Arch Linux tersebut.

Browser ini termasuk freeware akan tetapi bukan open source. Tujuan diciptakannya untuk pengguna Opera yang tidak menyukai perubahan tampilan ketika itu. Yakni dari Presto Layout Engine ke Chromium-based yang menghilangkan fitur iconic dari browser Opera.

Akan tetapi, meskipun Vivaldi sama-sama berbasis Chromium seperti browser kebanyakan lainnya. Vivaldi ingin menghidupkan kembali fitur Opera berbasis Presto dengan modifikasi kode miliknya. Source code inilah yang membedakan dengan freeware yang sifatnya open source. Karena lisensi source code dimiliki oleh perusahaan Vivaldi Technologies. 

Perusahaan ini didirikan oleh pendiri dan manten CEO Opera Software; Jon Stephenson von Tetzchner dan Tatsuki Tomita sebagaimana dilansir dari wikipedia

Anda tertarik untuk mencicipi Vivaldi seperti yang baru saja saya lakukan? Begini tampilan layar peramban web Vivaldi di Linux Mint 20.2.

Cara Install Browser Vivaldi di Linux Mint


Cara Install Browser Vivaldi di Linux Mint

Browser Vivaldi bisa berjalan pada sistem operasi Windows, macOS maupun GNU/Linux. Namun kesempatan kali ini kita akan install di Linux Mint 20.2. Berikut ini tahapan install Vivaldi dengan file .deb. Terpaksa kita gunakan package .deb karena tidak tersedia melalui Software Manager. 

1. Kunjungi situs web vivaldi.

2. Klik download vivaldi.

3. Langkah selanjutnya jika Anda pengguna Linux Mint silahkan klik Vivaldi 4.1 for Linux DEB. Namun jika browsing menggunakan OS lain silahkan klik tanda (⌄) terlebih dahulu untuk memilih paket installer yang sesuai dengan arsitektur komputer Anda.

4. Klik hasil download yang terletak di bagian bawah browser.

5. Klik install package.

6. Masukan password dan klik authenticate.

7. Browser Vivaldi berhasil dipasang.

8. Silahkan buka browser dari Menu > Internet > Vivaldi.

9. Langkah selanjutnya silahkan atur tema sesuai selera. Setelah itu peramban web bisa digunakan untuk menjelajah internet.

10. Untuk mencicipi browser vivaldi bisa coba kunjungi blog ini 😀

Nah, setelah mencoba Vivaldi ini apakah nanti menjadi browser favorit Anda? Jawaban masing-masing netizen pasti akan berbeda ya? Dan itu tidak jadi masalah. Karena yang penting blog ini menyajikan pilihan yang bervariasi. Karena hidup adalah pilihan kalau kata orang mah. Sedangkan pilihan yang terindah adalah yang berwarna seperti pelangi. 

Sekian belajar komputer kita hari ini tentang cara install browser Vivaldi di Linux Mint 20.2. 

Semoga bermanfaat.

Gratis! Silahkan klik subscribe untuk menerima email pembaruan

ModeMalam