Cara Install Photogimp di Linux Mint

Photogimp bukanlah sebuah aplikasi yang berdiri sendiri. Meskipun penamaan mirip dengan Photoshop dari Adobe. Program ini hanya file patch untuk aplikasi GIMP (yang merupakan akronim dari GNU Image Manipulation Program).

Bagi yang belum memasangnya bisa lihat tutorial install GIMP. Cara yang digunakan dalam tutorial tersebut melalui Flatpak di Software Manager. Sehingga cocok dengan tutorial install photogimp ini yang mempersyaratkan GIMP melalui Flatpak.

Meskipun mungkin bisa saja untuk GIMP selain Flatpak. Entah metode install  melalui .deb, snap atau AppImage. Namun pemilihan melalui Flatpak tampaknya lebih tepat dan lebih mudah. Setidaknya itu yang saya alami sebagai pemula.

Sehingga, prasyarat untuk melakukan patch sudah terpenuhi. Tinggal kita lanjutkan dengan tahapan patch menggunakan file yang dikembangkan oleh Diolinux ini. 

Anda tertarik dengan Photogimp? Berikut ini tampilan GIMP di Linux Mint 20.2 Cinnamon. Tampilan ini bukan bawaan asli dari program. Melainkan hasil patch menggunakan Photogimp agar tampilan terkesan lebih familiar. Dengan tampilan ini diharapkan menjadi daya tarik untuk pengguna yang terbiasa dengan Photoshop. 

Cara Install Photogimp di Linux Mint

Adapun tampilan asli bawaan dari GIMP adalah sebagai berikut:


Cara Install Photogimp di Linux Mint

Cara install Photogimp sebetulnya hanya menempatkan file patch pada direktori khusus. Antara sistem operasi Windows dan Linux masing-masing mempunyai karakteristik tersendiri. 

Pada sistem Linux, direktori tersebut diawali dengan titik kemudian nama file. Semua folder tersembunyi ini terletak di /home/$USER. 

Yakni; direktori .icons yang berisi icon GIMP, direktori .var yang diperuntukan untuk file platpak kustom dan direktori .local yang berisi file personalisasi icon shortcut aplikasi masing-masing user.

Selengkapnya, berikut ini cara install photogimp di Linux Mint 20.2 Uma Cinnamon dengan GIMP yang terpasang melalui Flatpak di Software Manager.

1. Kunjungi github.

2. Klik Code > Download ZIP.   

3. Buka folder Downloads.

4. Hasil download rilis kali ini dengan nama file "PhotoGIMP-master.zip" 

5. Klik kanan file zip tersebut dan pilih Extract Here.

6. Nanti ada folder hasil ekstrak dengan nama "PhotoGIMP-master".

7. Buka folder PhotoGIMP-master > .var > app

8. Cut atau copy direktori org.gimp.GIMP 

9. Paste di direktori Home > .var > app > 

10. Catatan! Jika direktori .var tidak terlihat silahkan klik kanan pada area kosong dan ceklis tulisan Show Hidden Files

11. Kemudian jalankan program GIMP yang nanti akan terlihat seperti ini.

12. Sedangkan sebelum proses patch dengan photogimp akan tampak seperti ini:

13. Kemudian saya lihat ada Photogimp versi rilis terbaru tanggal 20 Juni 2020. Saya coba download melalui link github.

14. Setelah proses patch berhasil dan saya coba jalankan GIMP.

15. Yang terlihat nampak perbedaannya ada pada layar sebelah kanan. Silahkan bandingkan dengan tampilan layar pada langkah nomor 11. 

Cara di atas untuk pengaturan Photogimp tanpa merubah icon GIMP asli dan nama aplikasi yang menjadi bawaan program. Sehingga kita cukup copy file patch yang ada di folder .var/app hasil download kemudian paste di folder /home/.var/.app sebagaimana cara di atas.

Sedangkan pengaturan patch lainnya silahkan copy file photogimp.png yang berada di folder .icons hasil download dan paste di direktori .icons yang ada di direktori /home. Begitu juga dengan file org.gimp.GIMP.desktop yang ada di .local > share > applications untuk kemudian paste di /home/.local/share/applications. Sekian belajar Linux kita hari ini tentang cara install photogimp di Linux Mint.

Selamat mencoba.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar