Lupa IP Address Router TL-XDR3230? Begini Cara Mengetahuinya

Anda pernah lupa ip address router yang digunakan kantor? Jangan khawatir, ini bisa diatasi dengan cara yang mudah. Setidaknya tidak susah seperti halnya jika lupa alamat rumah sendiri. Kasus seperti ini juga pernah saya temui pada sebuah router. Tertulis pada dus kemasannya:"Wi-Fi 6 AX 3200" disertai tulisan China setelahnya. 

Router yang bisa berfungsi Access Point ini merk TP-Link dengan model TL-XDR3230.

Untuk itu, saya ingin berbagi pengalaman melalui artikel berseri tentang TP-Link TL-XDR3230. Saya tuliskan bersambung karena ternyata menggunakan bahasa yang tidak lazim. Sehingga, sebelum menemukan cara yang tepat tersebut harus bolak-balik menggunakan google translate. 

Saya akan memulai bahasan ini dari permasalahan pertama; yaitu lupa ip address router. Entah mengapa empunya ini mendadak punya router seperti ini? Konon kata teman-teman; "Di marketplace router ini banyak yang jual dan dengan harga yang murah."


Cara Mengetahui IP Address Router TP-LInk TL-XDR3230

Sebelumnya, IP Address router TP-Link TL-XDR3230 ini disambungkan ke switch yang terhubung ke sebuah LAN. Jaringan ini terdiri atas modem, switch serta access point lainnya yang sudah ada sebelumnya. Kemudian kita cari ip address router TL-XDR3230 menggunakan bantuan aplikasi. Hasilnya, baik menggunakan "Angry IP" maupun "Advanced IP Scanner" semuanya gagal total. Lalu bagaimana cara mengetahui IP address router TL-XDR3230 yang berhasil? Ini pengalaman saya yang bisa Anda terapkan juga pada router TL-XDR3230 mungkin baru Anda beli.

Cara Mengetahui IP Address Router dengan Tool

Tool yang digunakan pada praktek kali ini dengan Advanced IP Scanner. Silahkan terlebih dahulu install Advanced IP Scanner jika belum terpasang. Alternatif lainnya bisa juga install Angry IP yang sama-sama powerfull namun sifatnya freeware dan gratis ini.

1. Siapkan komputer stand alone atau komputer yang berdiri sendiri dan tidak terhubung ke dalam jaringan lokal maupun internet. Selain itu, pengaturan IP address komputer ini pun jangan static. Tapi biarkan secara default sebagaimana komputer yang belum diutak-atik. Yakni; ip address dalam keadaan otomatis. Jadi, siapkan PC atau laptop yang tidak terhubung baik melalui jaringan kabel maupun nirkabel yang mengharuskan komputer mendapatkan IP address. Karena alamat IP komputer ini biasanya diberikan oleh DHCP Server. Sedangkan device yang bisa melakukan tugas ini bisa berupa router, modem maupun firewall jaringan. 

2. Setelah itu sambungkan router TP-Link TL-XDR3230 ke PC atau laptop tersebut. Cara menyambungkannya dengan kabel jaringan yang tipe cross. Anda sambungkan dari port LAN di router ke port LAN di PC atau laptop Anda. Jangan lupa pasang juga adaptor router hingga lampu indikator TP-LInk TL-XDR3230 menyala.

3. Jalankan tool Angry IP atau Advanced IP Scanner. Hasilnya terlihat pada gambar berapa alamat IP router ini. Jika sudah ketemu silahkan akses dengan browser kesayangan Anda.


Cara Mengetahui IP Address Router Melalui CMD

Masih menggunakan komputer atau laptop stand alone yang tadi. Cara untuk mengetahui ip address router ini pun bisa hanya dengan cmd. Sehingga tidak perlu install tool yang berfungsi untuk memindai jaringan. Bagi yang belum tahu dan belum juga tempe; cmd itu sudah tersedia di Windows. Jadi, cara untuk mengetahui IP Address router TP-Link TL-XDR3230 adalah:

1. Buka tool command prompt di Windows 10 dengan cara ketik cmd pada kolom pencarian dan tekan enter.

2. Ketik perintah ipconfig /all dan tekan enter.

3. Maka dapat diketahui hasilnya adalah sebagai berikut: IPv4 address adalah alamat ip otomatis yang diberikan oleh router untuk pc atau laptop ini. Sedangkan alamat ip router adalah 192.168.1.1 karena dia mampu bertindak sebagai DHCP server. Setelah tahu alamat IP router silahkan login melalui browser untuk melakukan perubahan dan pengaturan lainnya yang dibutuhkan.


Cara Mengetahui IP Address Router Melalui URL Default

Pada beberapa merk router tp link model lain yang Anda kenal mungkin sudah pernah denger http://tplinkwifi.net/. URL tersebut digunakan untuk akses masuk ke pengaturan router dan access point TP-Link. 

Cara ini merupakan alternatif lain yang lebih mudah jika dibandingkan menghafal alamat IP bawaan sebelum disetting yang berupa angka-angka.

Adapun model TL-XDR3230 ini sepertinya mungkin ditargetkan untuk pasar China. Makanya jangan heran menu pengaturan yang tertera di dalamnya menggunakan bahasa China. Oleh karenanya, URL yang digunakan juga dengan kode .cn yang notabene domain ccTLD negara China. 

Terlepas dari permasalahan tersebut saya hanya ingin membahas cara mengetahui ip address router TL-XDR3230. Cara yang ketiga ini yaitu dengan mengetikan url yang menjadi default agar bisa masuk ke menu pengaturan.

1. Buka browser favorit Anda 

2. Akses alamat http://tplogin.cn

3. Jika berhasil nanti akan diarahkan otomatis ke halaman login. Dari kolom url address akan terlihat ip address router TL-XDR3230 yang digunakan. Saya tidak tahu dan tidak juga tempe kalau alamat ip default dari router ini berapa. Hanya saja yang saya alami memang seperti itu. Ketika saya cari alamat ip router ini hasilnya: 192.168.1.1. Makanya pantesan ketika dipasang kedalam jaringan tidak bisa diakses. Karena alamat 192.168.1.1 umumnya sudah digunakan untuk modem. Sehingga alamat ip router menjadi bentrok dan tidak bisa diakses.


Cara Mengetahui IP Address Router Melalui IP Address Default

Cara lainnya yang biasa digunakan untuk akses ke menu pengaturan router adalah ip address default. Keterangan ini biasanya tertera pada tulisan di dus atau bungkusan produk. Hanya saja khusus router yang satu ini saya tidak bisa menunjukannya karena memang tidak mengerti. Bagi Anda yang mau mencoba bisa saja Anda foto kemudian terjemahkan dengan aplikasi translate yang banyak tersedia di play store.

Jika alamat ip router yang menjadi bawaan pabrik sudah ketemu. Silahkan lanjut dengan membuat ip static pada komputer atau laptop stand alone tadi. Nanti tinggal samakan saja network ID atau segmennya dengan ip address router yang menjadi default. Tentu saja alamat host ID jangan sampai sama agar tidak bentrok.

Contoh; Misalnya IP router default di dus tertulis 192.168.1.1 maka silahkan buat ip statis untuk laptop atau pc yaitu: 192.168.1.2 atau 192.168.1.3 dan seterusnya sampai 192.168.1.254. Setelah itu silahkan buka browser dan akses ip address router yang menjadi default tadi.


Kesimpulan

Oke, cara mengetahui ip address router tp-link China sudah terpecahkan. Masalah alamat ip kita sudah ketemu tapi kemudian ada masalah baru. Ini rupa-rupanya karena faktor U si empunya router. Duh ampun juragan, muhun ampura kalau artikel ini malah ngomong faktor itu. Soalnya admin juga termasuk yang terpapar faktor U(sia). Tapi tidak mengapa, kita akan cari solusinya bersama; pasti ada jalan.

Yups, untuk memasuki sebuah rumah kita butuh kunci yang dalam bahasa digital disimbolkan dengan password. Ada juga yang mempraktekan kunci ganda sehingga butuh dua hal; yaitu username dan password. Namun untuk router TL-XDR3230 ini cuma butuh password yang kemarin sudah diatur sama empunya. Jika belum diatur berarti menggunakan password dari sononya. Sehingga tinggal masukan kata kunci dan kemudian tekan enter. Jika berhasil nanti akan tampil menu pengaturan router TP-Link TL-XDR3230. 

Apabila tidak berhasil akan tampak seperti gambar di bawah ini. Kita disuruh untuk memasukan ulang kata kunci kemudian tekan enter lagi. Apakah ada yang mengalami seperti ini? Cara apa yang paling tepat? Menggunakan tool lain untuk memindai password lama? Atau hancurkan agar bisa dibuat lagi kata kunci baru? Sepertinya cerita ini butuh episode selanjutnya biar gak kalah dengan sinetron yang suka bersambung.

Oh ya, TP Link biasanya mempunyai password default untuk IP address yang masih setingan pabrik. Apa yang saya alami ada kemungkinan juga karena ketidaktahuan kata kunci tersebut. Browsing di internet tidak ada yang cocok. Jadi, ini bukan faktor U jika faktanya adalah router tersebut dalam kondisi baru. Ampun lagi juragan kalau saya salah dalam menganalisa.

Sekian belajar otodidak kita hari ini tentang router dengan bahasa China. Mudah-mudahan ke depan bisa bahas cara reset router dan cara mengganti bahasa yang digunakan. Meskipun penggantian bahasa tidak sama persis seperti install aplikasi yang menambahkan language-pack. Cara yang akan kita praktekan setidaknya bisa membantu agar bisa memahami bahasa yang tertera di pengaturan router. Tentu saja dengan cara otomatis tidak bolak-balik ke google terjemah.

Selamat mencoba.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar