Cara Install Brave; Browser yang Mengklaim 3X Lebih Cepat dari Chrome

Pertama kali mengenal dunia komputer itu saat mengikuti program sertifikasi satu tahun yang diselenggarakan oleh UPPM Polban. Meskipun tidak lulus dari sana namun banyak kenangan yang berkesan antara tahun 1999-2000. 

Termasuk dengan warnet di sekitar kampus yang ada di Ciwaruga. Masih ingat rental komputer waktu itu menggunakan sistem operasi Windows 95 atau 98. Dan dengan aplikasi pemograman Turbo Pascal versi 5 atau 7. Sedangkan di laboratorium kampus sendiri masih dengan OS Windows 3.1 atau 3.1.1 (Kalau tidak salah).

Adapun untuk aplikasi peramban web kala itu ada Netscape Navigator. Bisa dibilang inilah cikal bakal browser Mozilla Firefox sekarang. Karena seiring perkembangan zaman akhirnya Netscape Navigator tidak dilanjutkan. Sebuah terobosan baru dimana Netscape Navigator saat itu adalah software proprietary. Lalu harus dihentikan ketika -seolah-olah- berubah wujud menjadi "Si Rubah Api". Perubahan tersebut termasuk dengan sifatnya menjadi free dan open source.

Kemudian perhatian saya saat ini tertuju dengan sebuah browser yang diberi nama Brave. Dalam bahasa Indonesia bisa kita terjemahkan menjadi "Berani". Adapun yang menjadi fokus perhatian adalah "The man behind the Brave". Iya, sosok pencipta browser Brave ini siapakah gerangan? 

Ternyata Brendan Eich yang dikenal juga sebagai penemu JavaScript. Salah seorang yang juga berada di balik project Netscape dan Firefox. Diketahui, beliau mengundurkan diri dari Mozilla terkait dengan sikapnya yang berani menentang elgebete.

Lalu seberani apakah browser yang hanya mendukung versi 64 bit ini? Silahkan Anda temukan jawabannya dengan cara menggunakan Brave langsung. Berikut ini screenshoot browser Brave yang ada di Linux Mint 20.2 Cinnamon saya.

Cara Install Brave; Browser yang 3X Lebih Cepat dari Chrome


Cara Install Browser Brave 

Maraknya iklan, tracker, cryptocurrency dan penghasilan dari internet menjadi perhatian browser Brave. Hal ini menjadi bahan pertimbangan bagi netizen yang sedang mencari browser andalan; ringan, cepat dan hemat daya serta aman; termasuk masalah privasi Anda.

Apakah browser Brave bisa menjadi alternatif pilihan Anda? Browser ini menyediakan reward juga lho. Jika Anda tertarik untuk uji coba peramban web Brave. Simak artikel kali ini tentang cara install browser di Linux dan Windows. 

Cara Install Browser Brave di Linux Mint

Untuk bisa memasang aplikasi di Linux biasanya dilakukan dengan beragam cara. Sayangnya, cara install browser Brave baru tersedia melalui baris perintah. Caranya dengan perintah snap atau apt melalui Terminal. Namun pada contoh kali ini menggunakan perintah apt dengan OS Linux Mint 20.2 Cinnamon.

1. Ketik perintah: sudo apt install apt-transport-https curl lalu tekan enter, setelah itu masukan password dan tekan enter.

2. Setelah muncul pertanyaan: "Do you want to continue? [Y/n]" ketik Y atau y dan tekan enter.

3. Ketik perintah: sudo curl -fsSLo /usr/share/keyrings/brave-browser-archive-keyring.gpg https://brave-browser-apt-release.s3.brave.com/brave-browser-archive-keyring.gpg dan tekan enter.

4. Ketik perintah: echo "deb [signed-by=/usr/share/keyrings/brave-browser-archive-keyring.gpg arch=amd64] https://brave-browser-apt-release.s3.brave.com/ stable main"|sudo tee /etc/apt/sources.list.d/brave-browser-release.list dan tekan enter.

5. Ketik perintah: sudo apt update dan tekan enter.

6. Ketik perintah: sudo apt install brave-browser dan tekan enter. Setelah itu muncul pertanyaan:"Do you want to continue? [Y/n]" silahkan ketik Y atau y dan tekan enter.

7. Proses install browser Brave berlangsung. Pastkan kuota internet masih cukup ya.

8. Browser Brave berhasil dipasang, silahkan akses melalui Menu > Internet > Brave Web Browser.


Cara Install Browser Brave di Windows 10

Ternyata, cara install peramban web Brave di Windows lebih simpel dari aplikasi lainnya. Saya sendiri sedikit terperangah melihat kesederhanaan proses instalasi ini. Sehingga hampir tidak ditemui tombol next dan next hingga tombol finish. Meskipun sedikit terkejut namun ekspresi muka tidak harus mangap seperti kebanyakan artis sinetron yang ngeselin. Seperti inilah langkah-langkah install browser Brave bagi Anda yang tertarik untuk mencobanya. 

1. Kunjungi brave.com.

2. Klik Download Brave.

3. Jalankan file installer hasil download tersebut. Caranya silahkan klik jika terlihat di bagian bawah browser yang sedang Anda gunakan. Cara lainnya double klik jika file installer tersebut tersimpan di folder Downloads.

4. Setelah itu klik "Yes" jika ada notifikasi dari User Account Control (UAC):"Do you want to allow this app to make changes to your device?

5. Proses install browser Brave sedang berlangsung, pastikan koneksi internet tetap terhubung.

6. Browser Brave berhasil dipasang silahkan klik icon browser yang terlihat di area desktop. Jika tidak nampak silahkan ketik "brave" melalui menu pencarian.

7. Seperti inilah penampakan browser Brave di Windows 10.

Setelah saya mencobanya memang terasa ringan dan cepat. Browser ini benar-benar berani tampil beda yang mungkin tidak semuanya suka. Bagi Anda yang menyukai browser Brave ini silahkan lanjutkan. Namun sebaliknya, bagi Anda yang tidak cocok dengannya bisa move on dengan browser lain.

Sekian belajar komputer kita hari ini.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga

2 komentar:

  1. seandainya indonesia sudah mendukung Brave browser sebagai alat pembayaran, lumayankan dapet BAT token untuk di jual di indodax atau tokocrypto

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas sy jg berharap demikian, gak tau kapn tersedia di negara kita. Btw sy jg penggemar Ubuntu jg mas

      Hapus