Cara Install Aplikasi Qur'an In Word di Microsoft Word

Aplikasi Al-Qur'an untuk word sudah ada sejak Microsoft Office 2003 dengan sistem operasi Windows XP. Pengalaman pribadi waktu itu karena kebutuhan kerja sebagai staff tata usaha di sekolah. Misalnya membuat soal ujian yang ada kutipan ayat-ayat Al-Qur'an pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab.

Sebelum mengenal plugin tersebut kita bisa membuat tulisan Arab dengan dua cara. Cara pertama dengan melakukan instalasi font tambahan yang support Arabic. Kemudian mengetik secara manual dengan merubah bahasa keyboard. Atau tanpa merubah metode input keyboard namun melalui insert symbol yang tersedia di Microsoft Word lalu klik satu per satu huruf yang ada di kolom Basic Arabic. 

Namun cara ini akan memakan waktu lama apalagi jika ditambahkan harokat. 

Cara kedua melalui aplikasi khusus untuk menulis bahasa Arab dan bahasa lainnya yang dimulai dari kanan ke kiri. Nama aplikasi tersebut yaitu ParsNegar yang tampilannya mirip dengan WordPad. Cara penggunaannya dengan mengetikan secara terpisah di aplikasi tersebut. Kemudian hasilnya kita copy dan tempelkan pada aplikasi Microsoft Word.

Namun cara di atas juga tidak sesederhana yang dibutuhkan oleh pengguna. Belum lagi lisensinya yang kadang bagi sebagian orang tidak dihiraukan. Hingga akhirnya kita mengenal aplikasi al quran untuk word yang dibuat oleh Muhammad Taufiq yang asli orang Indonesia ini. 

Dijamin, aplikasi quran word ini sangat cocok digunakan untuk para pengajar dan dunia pendidikan. Selain cara penggunaannya yang sederhana dan sangat mudah. Plugin aplikasi alquran di word ini bisa digunakan tanpa merogoh kocek sedikitpun alias gratis. 

Cara Install Aplikasi Qur'an In Word di Microsoft Word


Cara Install Aplikasi Al-Qur'an "Qur'an in Word" di Microsoft Word

Meskipun versi terbaru sudah diajak bekerjasama dengan Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an Kemenag RI. Dan konon, add-ins tersebut juga berubah nama menjadi:"Qur'an Kemenag in Word". Namun tutorial kali ini akan mencoba qur'an in word versi 1.3 yang mungkin teranggap jadul. Berikut ini tutorial selengkapnya memasang aplikasi quran in word di Windows 10.

1. Download Quran in Word.

2. Buka hasil download kemudian klik kanan > ekstrak.

3. Jalankan file exe tersebut kemudian klik Next (Sebelumnya klik Yes jika ada notifikasi dari UAC).

4. Klik Next.

5. Klik Next.

6. Klik Install.

7. Klik Next.

8. Klik Finish.

9. Berhasil, silahkan buka aplikasi Microsoft Word Anda. Jika sukses akan terlihat menu baru sebagaimana terlihat pada gambar di bawah ini.

Sekian pengalaman belajar komputer kita kali ini tentang cara install plugin alquran in word. Untuk pengguna office suite yang free mudah-mudahan bisa kita praktekan aplikasi alquran word yang semisal dan berjalan di Linux maupun selain Linux.

Adapun aplikasi alquran in word yang saya praktekan di atas menggunakan versi 1.3 dengan Microsoft Office 2010 yang terpasang di laptop Windows 10.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar