Apa itu Browser? Inilah Macam-macam Browser yang Perlu Diketahui Pemula

Apa itu browser yang sering diterjemahkan menjadi peramban web? Browser merupakan aplikasi yang digunakan untuk menjelajah internet. Netscape Navigator dan Internet Explorer adalah dua contoh browser yang bisa berjalan di Windows. Netscape termasuk browser modern generasi pertama yang menjadi "cikal bakal" Mozilla Firefox pesaing Internet Explorer yang sekarang "menjadi" Edge.

Namun seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat. Browser tidak melulu hanya digunakan sebagai peramban web di internet. Misalnya bisa kita gunakan untuk melakukan pengaturan switch, router, access point, NAS server dan lain-lain. Perkembangan aplikasi pun mengarah ke sana; yaitu berbasis web. Misalnya Acumatica dan Odoo; dua aplikasi ERP yang menggunakan browser dari sisi komputer client.

Khusus untuk dunia pendidikan pun seperti itu. Browser bisa diterapkan sebagai aplikasi client untuk mengakses program-porgram sekolah yang berbasis intranet. Misalnya untuk mengakses server perpustakaan digital yang ada di sekolah. Ini pernah saya praktekan di salah satu sekolah negeri dengan menggunakan SLIMS.

Untuk itulah pengenalan seputar aplikasi browser ini perlu diketahui. Hal ini agar bisa menjadi solusi alternatif apabila device yang ada tidak support browser tertentu. Lucu kan kalau misalnya kita tidak bisa install Google Chrome seolah-olah dunia mau kiamat? Padahal Chrome sendiri berasal dari Chromium. Sedangkan Chromium tetap tersedia bebas dan digunakan apabila Chrome tidak bisa terpasang di komputer.

Berikut ini macam-macam browser yang semoga bisa menambah wawasan para pemula yang sedang belajar komputer secara otodidak dari nol.

Apa itu Browser? Inilah Macam-macam Browser yang Perlu Diketahui Pemula


Macam-macam Browser dan Penjelasan Ringkasnya

Tampilan layar dalam dunia komputer terdiri atas dua versi; yakni CLI (Command Line Interface) dan GUI (Graphical User Interface). Singkatnya, CLI adalah tampilan pada layar komputer versi paling sederhana. Sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan versi GUI yang banyak digunakan oleh pengguna komputer saat ini. Kemampuan browser pun demikian sehingga bisa kita katakan ada browser versi CLI dan GUI. Dan berikut ini macam macam browser versi GUI yang digunakan oleh pengguna komputer.

1. Chromium Browser

The Chromium Projects yang dimiliki oleh Google mencakup "Chromium" dan "Chromium OS". Proyek open source dibalik layar browser Google Chrome dan Google Chrome OS. Bagi yang belum mengenal istilah di atas mungkin sedikit membingungkan. Berikut ini tampilan screenshot browser Chromium dari Google.

2. Google Chrome

Google Chrome adalah browser multi-platform yang dikembangkan oleh Google yang sifatnya freeware namun dengan lisensi proprietary. Browser inilah komponen utama pada sistem operasi Google Chrome OS. Berikut ini contoh tampilan screenshot browser Google Chrome di Linux Mint.

3. Microsoft Edge

Microsoft Edge adalah browser pengganti Internet Explorer yang sama-sama dikeluarkan oleh Microsoft. Browser ini tersedia secara default pada sistem operasi Windows dan tersedia untuk OS lainnya. Namun sayangnya, untuk OS Linux masih dalam versi beta meskipun Edge sama-sama berbasis Chromium. Berikut ini contoh tampilan layar browser Edge di Linux Mint 20.2 Cinnamon.

4. Safari

Safari adalah browser buatan Apple, Inc yang tersedia secara default pada sistem operasi Mac OS dan bisa dipasang pada sistem operasi lain. Sayangnya, browser Safari untuk Windows dan Linux sudah tidak lagi tersedia versi terbaru. Seperti contoh screenshot di bawah ini yang masih menggunakan versi lama, yaitu 5.1.7.

5. Firefox

Mozilla Firefox adalah browser yang menjadi pesaing utama pada masa jayanya Internet Explorer kepunyaan Microsoft. Perkembangan selanjutnya, browser Firefox pun mempunyai sistem operasi yang berasal dari induk yang sama. Bukan kebetulan, sistem operasi tersebut pun diberi nama menjadi Firefox OS. Barangkali berkaca dari keberhasilan browser Internet Explorer yang menjadi aplikasi default sejak install OS Windows. Hal tersebut tentu saja menambah porsi banyaknya pengguna komputer yang menggunakan Internet Explorer.  

Hingga saat ini ada banyak browser lain yang juga menjadi pesaing Firefox. Salah satunya browser dari Google; yakni Chrome yang juga mempunyai sistem operasi Chrome OS. Namun sayang, perjalanan sistem operasi Firefox OS tidak semulus paha ayam. Bahkan kabar buruknya, Firefox OS sudah tidak lagi dilanjutkan alias dihentikan.

Seperti ini tampilan browser Firefox yang jika kita lihat tulisan di awal beranda situs resminya adalah:"The browser is just the beginning."

6. Vivaldi 

Vivaldi adalah browser yang penamaannya diambil dari nama belakang seorang komposer asal Italia, yakni: Antonio Vivaldi. Konon, penamaan seperti ini agar lebih mudah diingat dan dipahami. Pengembangnya sendiri yaitu Vivaldi Technologies; sebuah perusahaan yang didirikan oleh Jon Stephenson von Tetzchner dan Tatsuki Tomita. Salah satunya adalah seorang pendiri dan mantan CEO Opera Software sebagaimana dilansir dari laman Wikipedia akses tanggal 15 Desember 2021. Berikut ini tampilan layar browser Opera yang terpasang di OS Linux Mint.

7. Brave

Brave adalah browser yang dikembangkan oleh Brave Software; sebuah perusahaan yang didirikan oleh Brendan Eich (mantan direktur utama Mozilla Corporation dan pembuat JavaScript). Melihat sosok pendirinya tentu tidak bisa dipisahkan dari sejarah browser Netscape Navigator dan Mozilla Firefox. Browser ini diberi nama dengan "Brave" mengingatkan juga sosok Brendan Eich yang teguh memegang prinsip meskipun harus mundur dari jabatan di Mozilla Corporation. Browser ini termasuk multi-platform yang bisa diinstal di Linux, Mac OS dan Windows. Seperti ini contoh tampilan browser Brave yang terpasang di Linux Mint 20.2 Cinnamon.

Jika kita perhatikan browser yang telah disebutkan di atas. Kebanyakan tertulis di laman about browser:" ............. is made possible by the Chromium open source project and other open source software." Silahkan klik satu per satu gambar screenshot di atas dan perhatikan yang ada kata "Chromium"nya.

Ini menunjukan bahwa browser tersebut berbasis engine dari browser Chromium. Contoh aplikasi peramban web tersebut adalah Chrome, Edge, Vivaldi dan Brave. Namun tidak demikian halnya dengan browser Firefox. Bahkan saat ini ada browser Waterfox yang berdasarkan browser Mozilla Firefox. Apakah ini yang dimaksud dengan:"The browser is just the beginning?"

Selain browser-browser yang telah disebutkan di atas. Sebetulnya masih banyak macam macam browser yang digunakan oleh pengguna komputer saat ini. Sebagai contoh untuk menambah wawasan adalah Avas Secure BrowserKonqueror, GNOME Web Browser, Midori, K-Meleon, Falkon, Pale Moon, NetSurf, SlimBrowser, GNU IceCat, Maxthon, UC Browser, dan lain-lain.

Sekian tutorial hari ini tentang macam-macam browser yang perlu diketahui terutama para pemula yang belajar komputer secara otodidak dari nol.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar