Google Chrome Tidak Bisa Diupdate? Coba Cara Ini

Memperbarui aplikasi merupakan salah satu cara preventif agar komputer terhindar dari celah keamanan yang tidak diinginkan. Hal ini akan efektif jika dibarengi dengan tindakan pencegahan lainnya. Seperti melakukan pembaruan sistem operasi, update database antivirus yang digunakan, serta menghindari penggunaan crack dan keygen.

Apalagi jika komputer sering digunakan untuk berinteraksi dengan dunia maya. Maka penggunaan browser perlu mendapat perhatian. Salah satunya adalah versi browser yang harus kekinian alias updated. Untuk itu, jika ada notifikasi update browser sebaiknya segera melakukan pembaruan aplikasi. Caranya tinggal klik langsung notifikasi tersebut agar melakukan pembaruan otomatis.

Salah satu contoh browser yang digunakan misalnya Google Chrome. Browser ini termasuk multi-platform sehingga bisa dijalankan di berbagai macam sistem operasi; termasuk Linux. Seperti browser lain, update otomatis juga berlaku dan menjadi pengaturan bawaan aplikasi. 

Namun adakalanya proses update otomatis melalui aplikasi ini tidak berjalan. Seperti halnya yang saya alami di Linux Mint; chrome tidak bisa di update. Padahal ada notifikasi update di sana namun tidak berfungsi. Justru aplikasi tersebut menyarankan untuk install ulang browser Chrome (lihat gambar).

Google Chrome Tidak Bisa Diupdate? Coba Cara Ini


Cara Memperbarui Google Chrome di Linux Mint

Cara update google chrome sebetulnya mudah karena hanya tinggal klik pemberitahuan yang muncul di sana. Namun jika ternyata aplikasi tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Cara perbarui chrome bisa dilakukan melalui update manager bawaan sistem operasi. Berikut ini contoh kasus chrome tidak bisa update beserta solusinya di Linux Mint.

1. Buka Update Manager; bisa melalui kolom pencarian dari menu jika tidak terlihat di panel bawah. Kemudian ceklis "google-chrome-stable" untuk memperbarui browser ini. Atau ceklis semua jika ingin memperbarui semua aplikasi. Setelah itu klik "install updates" sebagaimana terlihat dalam gambar.

2. Masukan password.

3. Proses update melalui internet sedang berjalan.

4. Notifikasi "update" sudah tidak terlihat. Namun jika kita lihat ⠸ > Help > About Google Chrome akan terlihat seperti gambar di bawah ini. Silahkan klik "Relaunch" untuk menuntaskan proses update.

5. Proses update selesai.

Demikian cara mengupdate google chrome di Linux Mint yang tidak bisa dijalankan melalui aplikasi browser.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar