Mengatasi phpMyAdmin:"Login Without A Password Is Forbidden By Configuration (See AllowNoPassword)"

Kemarin ceritanya install Apache, MariaDB, PHP dan phpMyAdmin di Linux Mint 20.2 Cinnamon. Setelah itu mau mencoba buat database baru melalui phpMyAdmin. Sebelumnya saya sempat mencari info seputar username dan password default untuk masuk MariaDB. Pokoknya, saat ini saya lagi semangat belajar web server meskipun secara otodidak.

Berdasarkan info dari laman mariadb terdapat keterangan bahwa ada dua akun yang dibuat otomatis. Yaitu user root dan OS user yang dibuat otomatis oleh sistem secara aman. Lebih lanjut disebutkan disana sebagai berikut:"Using unix_socket means that if you are the system root user, you can login as root@localhost without a password".

Namun pada saat login akses MariaDB melalui phpMyAdmin ada error sebagai berikut:"Login Without A Password Is Forbidden By Configuration (See AllowNoPassword)". Dalam hal ini saya mencoba  memasukan username root dengan tanpa password (kosong). Kira-kira bagaimana cara mengatasinya?

Mengatasi phpMyAdmin:"Login Without A Password Is Forbidden By Configuration (See AllowNoPassword)"


Memeriksa Login User Root di MariaDB Melalui Terminal

Sebelum memeriksa konfigurasi yang ada di phpMyAdmin saya coba login langsung melalui phpMyAdmin. Ya, karena phpMyAdmin merupakan perpanjangan tangan secara grafis yang berbasis web. Maka saya ingin mencoba login dari gerbang utamanya melalui MariaDB yang bisa diakses dari Terminal seperti berikut:

1. Buka terminal, ketik perintah sudo mysql -u root -p dan tekan enter. 

2. Masukan password superuser komputer Linux yang Anda gunakan.

3. Masukan password MariaDB dan tekan enter. Catatan: Karena baru install MariaDB kemarin, password user root MariaDB Server belum disetting. Jadi silahkan kosongkan password atau tekan enter langsung.

4. Lihat! login ke MariaDB bisa dilakukan dengan user "root" dan dengan "tanpa password". Pembuktian tentang hal ini saya kira sudah cukup. Untuk keluar dari MariaDB silahkan ketik exit dan tekan enter.

5. Oh ya, dengan perintah "sudo mysql -u root" juga bisa masuk ke MariaDB. Karena yang menentukan di sini password user root komputer Linux atau user Linux yang termasuk grup super user (dalam contoh di bawah ini adalah user yusuf). Makanya ketika menggunakan perintah mysql -u root -p seperti contoh nomor 1 di atas. Sebetulnya, password user MariaDB yang digunakan secara sembarang, acak, kosong atau tanpa password pun sah-sah saja.

7. Karena yang menentukan masuk tidaknya adalah password user root komputer Linux, maka perintah: sudo mysql dan tekan enter juga salah satu cara agar bisa login ke MariaDB melalui Terminal.

8. Inget, jangan sampai ketinggalan sintaks perintah "sudo" jika login masih menggunakan user dan bukan super user (root). Jika tidak, nanti ada peringatan ERROR 1698 (28000): Acess denied for user 'root"@'localhost' (lihat gambar).

9. Perintah "mysql -u root" tanpa "sudo" yang dilakukan user biasa atau user yang termasuk grup super user juga demikian. Akan terjadi ERROR 1698 (28000): Access denied for user 'root'@'localhost' (lihat gambar).


Cara Mengatasi Login Without A Password Is Forbidden By Configuration (See AllowNoPassword) di phpMyAdmin

Setelah berhasil login tanpa password di server MariaDB melalui Terminal. Sekarang saatnya memeriksa konfigurasi yang ada di phpMyAdmin. Hal ini sebagaimana arahan dari notifikasi error tadi: 'Login without a password is forbidden by configuration (See AllowNoPassword).

Nah, berbicara tentang konfigurasi di Linux ada hal dasar yang harus dipahami. Terutama bagi pemula yang belajar komputer secara otodidak seperti saya. Perlu diingat, semua file konfigurasi sistem Linux semuanya ada di direktori /etc. Ternasuk diantaranya adalah konfigurasi dan pengaturan phpMyAdmin.

1. Buka folder File System, klik kanan folder Etc dan pilih Open As Root.

2. Masukan password.

3. Cari folder phpmyadmin.

4. Buka file config.inc.php dengan software editor.

5. Cari sintaks berikut: // $cfg['Servers'][$i]['AllowNoPassword'] = TRUE;

6. Hilangkan tanda dua back slash sehingga sintaks menjadi $cfg['Servers'][$i]['AllowNoPassword'] = TRUE; kemudian klik "save the current file" dan tutup editor.

7. Klik tanda silang jendela Files (Nemo) yang masih terbuka.

Sekarang saya mencoba akses phpMyAdmin lagi melalui url address pada browser. Dan benar saja, notifikasi error:"Login Without A Password Is Forbidden By Configuration (See AllowNoPassword)" sudah tidak lagi terlihat. Karena dengan menghilangkan dua slash sama artinya dengan mengaktifkan sintaks AllowNoPassword=TRUE pada konfigurasi phpMyAdmin di atas.

Dengan demikian masalah error di atas sudah terpecahkan. Meskipun pada kasus yang saya alami mengalami error lain. Notifikasi yang tertulis yaitu: "Cannot log in to the MySQL server" dan :"mysqli_real_connect(): (HY000/1696): Acess denied for user 'root"@'localhost'. Jika ada yang mengalami masalah yang sama coba tengok tulisan di depan.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar