Belajar Desain Grafis Otodidak Membuat Icon Pengaturan

Logo icon pengaturan di bawah ini sering kita temui. Terlihat pada pengaturan software aplikasi komputer dan handphone. Tentu bentuk dan warnanya tidak sama persis dengan gambar di bawah ini. Karena setiap icon dan logo mengikuti gaya masing-masing software aplikasi. 

Adapun icon pengaturan di bawah ini hanya gambaran umum saja. Saya pikir icon ini bisa dijadikan materi belajar desain logo untuk pemula. Terutama bagi mereka yang menggunakan program Inkscape yang gratis. 

Iya, dengan tutorial ini semoga semakin menambah literatur. Apalagi dibandingkan dengan  tutorial CorelDraw yang semisal. Sepertinya, belajar membuat logo dengan Inkscape masih jauh lebih sedikit. Untuk itulah, pada kesempatan ini kita sama-sama belajar membuat icon pengaturan dengan Inkscape.


Belajar Desain Grafis Otodidak Membuat Icon Pengaturan 

Saya sendiri sebagai pemula yang belajar desain grafis secara otodidak. Maka metode belajar yang diterapkan juga berawal dengan materi dasar. Tujuannya agar memahami konsep dasar membuat obyek dengan mudah. Dan untuk mencapai sasaran tersebut bisa dengan contoh belajar membuat logo ini.

1. Buka program Inkscape.

2. Buat lingkaran dengan diameter misalnya 142 mm. Tempatkan agar berada di tengah halaman dengan perintah Object > Align and Distribute. Kemudian pilih "Page" pada bagian relative to: dan klik icon "center on vertical axis" dan icon "center on horizontal axis".  

3. Buat obyek baru berupa persegi panjang. Misalnya dengan ukuran 172,614 x 27,964 mm. Baik obyek lingkaran dan persegi panjang semuanya tanpa disertai "stroke". Lihat pada klik kanan obyek > Fill and Stroke > Stroke Paint > No paint.

4. Gandakan obyek persegi panjang tersebut dengan perintah Ctrl + D.

5. Ubah posisi obyek hasil gandaan agar melintang 90 derajat. Perintah yang digunakan ada pada menu Object > Transform > Rotate. Sehingga satu obyek persegi panjang 90 derajat ke arah kiri dan satunya lagi ke arah kanan. 

6. Ulangi langkah yang sama namun dengan sudut kemiringan 45 derajat ke arah kiri. Satunya lagi 45 derajat ke arah kanan, seperti inilah tampak hasilnya.

7. Satukan semua obyek dengan seleksi semua obyek terlebih dahulu kemudian klik Path > Union.

8. Buat obyek lingkaran baru misalnya dengan diameter 50 mm.

9. Tempatkan di tengah-tengah halaman dengan menu object > align and distribute, klik center on vertical axis dan center on horizontal axis.

10. Seleksi semua obyek kemudian klik Path > Difference.

11. Gambar vektor akan tampak seperti berikut.

12. Icon pengaturan sudah selesai dibuat. Klik menu File > Export PNG Image untuk membuat file tersendiri dengan ekstensi png.


Kesimpulan

Dengan menggunakan program Inkscape kita bisa membuat icon pengaturan dengan mudah. Semoga tutorial ini bisa membantu teman-teman yang sedang belajar desain logo untuk pemula. Untuk melengkapi tutorial ini bisa unduh file penyerta dengan ekstensi svg di google drive.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar