Cara Menghilangkan Tulisan "Langganan: Entri Atom" di Blogspot

Teknologi RSS menyediakan umpan (feed) agar pengunjung bisa berlangganan konten situs web. Singkatan RSS versi 0.91, 0.9, 1.0 mengarah ke Rich Site Summary dan versi 2.0 Really Simple Syndication. Fitur ini biasa dimanfaatkan oleh pemilik blog yang isinya diperbarui secara reguler. 

Tidak seperti halnya berlangganan majalah di dunia nyata. Berlangganan feed RSS di internet tidak perlu mengeluarkan biaya sedikit pun alias gratis. Dan salah satu satu bahasa XML yang melanjutkan perkembangan RSS ini Atom Syndication Format. Format Atom ini masih digunakan template blogspot standar. Padahal untuk warga di sini pengguna RSS dan Atom sangat jarang. 

Nah, pada saat membuat template bootstrap dari nol yang kemarin kita coba. Ada kemungkinan teman-teman menemui masalah yang sama. Dimana tulisan layanan ini terlihat pada blog dan sedikit menganggu pemandangan. Lalu bagaimana cara menghilangkan tulisan langganan entri atom ini?


Cara Menghilangkan Tulisan "Langganan: Entri Atom" di Blogspot

Untuk menghilangkan tulisan langganan entri atom sangat mudah. Tutorial ini tidak hanya berlaku untuk teman-teman yang sedang belajar membuat template bootstrap. Tapi juga berlaku untuk merubah template blogspot bawaan. 

1. Login ke Dashboar Blogger > Tema .

2. Klik tanda panah ke bawah setelah tulisan "Sesuaikan".

3. Klik "Edit HTML".

4. Cari baris kode seperti dibawah ini. Untuk mempercepat pencarian tekan tombol Ctrl + F secara bersamaan, lalu masukan sebaris kode, misalnya <div class='feed-links'>, lalu tekan Enter.

Cara Menghilangkan Tulisan "Langganan: Entri Atom" di Blogspot

5. Sorot dari tag <div> pembuka hingga tag </div> penutup.

6. Tekan tombol delete untuk menghapus baris kode tersebut.

8. Tulisan langganan entri atom kini sudah hilang.


Penutup

Feed RSS/Atom tidak banyak digunakan oleh netizen kita. Sehingga tidak masalah jika layanan itu dihapus. Namun jika keberatan untuk menghapus layanan tersebut. Bisa juga dengan cara menyembunyikannya. Caranya cukup dengan menambahkan kode CSS agar statusnya berubah menjadi hidden. Sebagai gantinya ada blogger yang memilih FeedBurner dari Google. Tapi sepertinya penggunaan fans page sosial media dan channel Telegram lebih perlu dipertimbangkan. 

Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar