Cara Install Wordpress di Localhost Xampp Windows

Setelah laptop Windows berfungsi sebagai web server dengan cara install Xampp. Sekarang kita akan coba praktek salah satu CMS (Content Management System). Kita pilih cms wordpress terlebih dulu karena bisa melakukan banyak hal. Sehingga kita bisa belajar blog, membuat theme, e-commerce dengan plugin woocommerce dan lain-lain. 

Sebelumnya kita juga sudah belajar install wordpress di Linux. Secara inti sebetulnya sama saja karena berbasis web. Yang menjadi perbedaan hanya pada masalah hak akses sebuah file dan folder. Sebagaimana dimaklumi, sistem operasi Linux mempunyai tingkat keamanan yang tinggi. Salah satunya karena hirearki file dan hak akses setiap user yang berbeda dengan lingkungan Windows.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa praktek di Windows ini lebih sederhana lagi. Bahkan untuk masuk ke phpMyAdmin di Windows tidak disertai login masuk. Anda tinggal mengakses alamat phpMyAdmin di browser melalui localhost sudah langsung bisa membuat database. Ini yang saya alami dengan versi Xampp saat ini barusan. 

Selengkapnya, berikut adalah tema belajar web server kita kali ini. Semoga kemudahan cara instal wordpress di Xampp Windows ini menumbuhkan semangat belajar lebih giat lagi. 

Cara Install Wordpress di Localhost Xampp Windows


Cara Install Wordpress via Xampp di Windows

Untuk memulai praktek install wordpress diperlukan komputer Windows yang sudah terpasang Xampp. Saya asumsikan pembaca budiman semuanya sudah install Xampp di komputer Windows masing-masing. Alternatif lainnya bisa juga dengan install Wamp Server yang berfungsi sama. Selanjutnya, berikut ini cara instal wordpress di xampp yang ada di Windows. 

1. Kunjungi laman web wordpress.org

2. Klik download yang kali ini dengan versi WordPress 5.91.

3. Pindahkan hasil download ke folder htdocs.

4. Klik kanan > extract here.

5. Terlihat di sana hasilnya berupa folder baru dengan nama wordpress.

6. Buka Xampp Control Panel melalui menu atau kotak pencarian.

7. Klik start layanan Apache dan MySQL.

8. Akses alamat localhost/wordpress dengan browser favorit.

9. Pilih bahasa instalasi yang digunakan dan klik Continue.

10. Klik Lets go.

11. Persiapkan info yang dibutuhkan.

12. Buka tab baru dan akses alamat localhost/phpmyadmin dan klik Databases.

13. Buat sebuah database; masukan nama database dan klik Create.

14. Database sudah berhasil dibuat.

15. Masukan info yang dibutuhkan seperti nama database yang baru saja dibuat. Adapun nama username untuk login ke database secara default yaitu root dengan tanpa password. Setelah itu klik Submit untuk melanjutkan cara instal wordpress di xampp.

16. Klik Run the installation.

17. Masukan nama situs, username dan password untuk login ke dalam dashboard Wordpress.

18. Klik install wordpress.

19. Wordpress berhasil terpasang. Untuk login ke dalam dashboard silahkan klik Login. Alamat dashboard Wordpress bisa juga diakses melalui alamat localhost/wordpress/wp-admin atau localhost/wordpress/wp-login.php.

20. Masukan username dan password dan klik Log in.

21. Selamat, kita berhasil masuk dashboard wordpress. Adapun tampilan blog bisa diakses memalui localhost/wordpress (lihat gambar paling awal).


Kesimpulan

Demikian cara instal wordpress di xampp yang berjalan di Windows, sangat mudah bukan? Ya, dengan laptop kita di rumah bisa jadi tempat belajar. Terutama bagi Anda yang mempunyai ketertarikan tentang blog, e-commerce atau membuat theme. Selamat mencoba. 

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar