Cara Edit Berkas PDF dengan Microsoft Word

File PDF umum digunakan untuk pertukaran dokumen digital. Format ini mudah dibuat namun termasuk susah diedit. Memang pada awal kemunculannya hanya Adobe Acrobat yang digunakan untuk membuat dokumen PDF. Tapi hari ini semua aplikasi pengolah kata bisa membuat dokumen PDF. 

Salah satu aplikasi yang digunakan untuk membuat dokumen PDF yaitu Microsoft Word. Aplikasi ini bisa dengan mudah membuat dokumen PDF. Tapi bagaimana jika ingin memperbaiki dokumen PDF? Apakah bisa diedit menggunakan Microsoft Word? 

Kemampuan edit PDF tidak diragukan lagi dimiliki oleh Adobe Acrobat. Software ini merupakan keluaran dari Adobe System. Sebuah perusahaan yang juga menemukan format PDF. Tentu tidak heran jika aplikasi tersebut paling terdepan. 

Sayang harga Adobe Acrobat tidak ramah bagi sebagian orang. Sehingga, jika kebutuhan edit dokumen pdf tidak sesering menggunakan office-suite. Mengapa tidak kita manfaatkan saja penggunaan aplikasi yang sudah ada? Salah satunya adalah aplikasi Microsoft Word yang akan kita bahas.


Cara Edit Berkas PDF dengan Microsoft Word

Pada dasarnya Microsoft Word hanya membuat salinan dari file PDF. Salinan ini kemudian ditampilkan sesuai dengan format yang bisa dibaca program. Setelah itu dokumen bisa diedit dan simpan ulang dengan format PDF. Bisa dibilang, cara edit pdf seperti ini sebetulnya jalan pintas alias akal-akalan. 

Sama halnya dengan cara membuka file pdf dengan Adobe Reader. Dari sana dokumen PDF dikonversi dengan cara klik "File" lalu pilih "Convert to Word, Excel or PowerPoint". Langkah selanjutnya tentu bisa ditebak. Karena file hasil konversi sudah dalam format yang bisa dibaca oleh Ms. Word. Sedangkan aplikasi ini dimaklumi termasuk software yang mempunyai kemampuan untuk membuat dokumen dengan format pdf.

Dan fitur "edit pdf" seperti ini sebetulnya tersedia sejak Office 2013. Sehingga tidak perlu khawatir bagi pengguna Office 2016, 2019 dan 2021. Apalagi pengguna langganan berbayar dari Office 365. Hal ini sebagaimana dilansir dari laman Microsoft ketika menjelaskan tentang edit pdf.

Nah, bagi Anda yang tertarik ingin mencobanya? Berikut ini cara edit berkas PDF yang dipraktekan pada Office 2019 dengan sistem operasi Windows 10.

1. Buka aplikasi Microsoft Word.

2. Klik "Open".

3. Klik "Browse".

4. Pilih file PDF yang diinginkan kemudian klik "Open".

5. Klik "Ok" jika muncul notifikasi:"Word will now convert your PDF to an editable Word document." 

6. Klik "Enable editing" kemudian klik "Ok".

7. Dokumen sudah bisa diedit. Silahkan lakukan perubahan seperlunya.

8. Jika perubahan telah selesai silahkan klik."Save" kemudian pilih "PDF (*.pdf)" pada bagian "Save as type".


Kesimpulan

Contoh di atas termasuk edit pdf yang berhasil dengan sukses. Namun demikian, untuk penggunaan edit PDF yang sesungguhnya disarankan menggunakan aplikasi khusus. Adobe Acrobat Pro adalah salah satu yang bisa disebut. Beda kasus jika pekerjaan edit pdf hanya sesekali saja. Mengapa demikian? Karena aplikasi yang dikembangkan secara khusus untuk tujuan tertentu hasilnya lebih baik. Salah satu bukti yang menunjukan hal tersebut adalah kasus yang ada di bawah ini. 

Sebagaimana terlihat pada screenshot di atas ada keterangan:"This PDF contains interactive features that are not supported by PDF Reflow. Word will not display this content."

Meskipun akhirnya dokumen tersebut bisa dibuka di aplikasi Word. Namun hasil akhir tidak menjamin bagus ketika dilakukan perubahan kemudian disimpan ulang menjadi berkas pdf. Dalam hal ini saya sendiri belum pernah melakukannya. Barangkali ada yang mempunyai pengalaman yang berbeda? Silahkan tautkan pengalaman Anda.

Selamat mencoba.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar