(Review) Cara Membuat Template Blogger dengan Halfmoon

Menjelajah di dunia maya dan mencoba praktek secara langsung tanpa terasa menghabiskan waktu seharian. Padahal awalnya ingin mencari info lebih jauh tentang fitur dark mode dalam pembuatan template.

Sebuah fitur kekinian yang seperti wajib dimiliki oleh website. Pemicunya mungkin pertanyaan yang sama yang terlintas dalam benak teman-teman juga. 

Karena saya sendiri pernah bertanya dalam benak sendiri. Adakah cara yang lebih cepat membuat template dengan fitur dark mode?

Kemudian, saya mendapatkan jawabannya yang saat ini mungkin terasa benar. Namun entah untuk perkembangan teknologi selanjutnya mungkin tidak relevan.

Intinya dari sana terselip informasi yang penting bagi siapapun yang belajar desain web. Yaitu sebuah framework CSS yang disebut dengan Halfmoon

Diketahui, sintaks framework CSS ini mirip Bootstrap namun menyertakan kemampuan fitur dark mode didalamnya.


(Review) Cara Membuat Template Blogger dengan Halfmoon

Seharian belajar membuat template blogger otodidak dengan Halfmoon ada rasa bangga. Karena secara belajar yang otodidak namun ada perkembangan lebih cepat dibandingkan cara biasa. Untuk itu saya ingin membagikan kerangka template blogger ini.

Saya yakin jika berada ditangan yang tepat dan ditekuni nanti menjadi template yang luar biasa. Apalagi jika teman-teman memang fokus dengan cara membuat template blogger sendiri. Berbeda dengan saya yang suka loncat sana sini. 

Seperti ibarat yang saya ciptakan sendiri tentang keahlian yang dianalogikan dengan lumut. Menurut hemat saya jika seorang yang belajar diibaratkan dengan batu. Tentu sangat mungkin jika batu yang tidak pernah bergerak terbawa arus akan lebih banyak kesempatan bercampur dengan lumut. 

Bahkan bisa jadi lumut tersebut tumbuh subur dan menyatu dengannya. Begitu juga dengan keahlian seseorang meskipun belajar otodidak dari nol. Saran saya silahkan pilih salah satu yang sesuai dengan minat dari framework yang ada.

Salah satunya adalah Halfmoon; framework CSS bagi pembelajar front-end untuk antarmuka desain website. Teknologi yang tepat untuk membangun sebuah tool, website maupun dashboard. Selain disertai dengan fitur dark mode secara built-in, framework ini menyediakan full kustomisasi menggunakan variabel CSS.

Link Demo dan URL Download 

Untuk melihat tampilan web bisa dilihat seperti pada link demo di bawah ini.

Demo


Jika tertarik silahkan unduh dengan cara klik icon download di bawah ini:

Download


Cara Upload Template Sendiri di Blogger 

Setelah berhasil mengunduh kerangka template blogger dengan halfmoon di atas. Langkah selanjutnya silahkan upload template melalui dashboard blogger.

1. Login ke dashboard Blogger.

2. Klik "Tema", klik icon ▼ di sebelah tulisan SESUAIKAN kemudian klik "Pulihkan".

3. Pilih "Upload".

4. Cari file xml template yang baru saja diunduh.

5. Klik "Open".

4. Selesai.


Kesimpulan

Untuk mendesain tampilan website dengan Halfmoon terlihat lebih mudah. Dengan menggunakan Halfmoon terasa lebih cepat mendesain website. Hanya saja kekurangan dari sebuah produk adalah keniscayaan. Termasuk didalamnya adalah framework css yang satu ini. Dan kekurangan yang saya rasakan diantaranya adalah minimnya dokumentasi yang dibuat oleh blogger. 

Semoga menginspirasi.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar