Cara "Memindahkan" Tanggal Posting di Theme Blogger (2)

Beberapa waktu yang lalu saya menulis tentang cara memindahkan tanggal posting. Caranya dengan memindahkan baris kode bawaan blogger secara langsung. Sehingga baris kode bawaan blogger mengalami perubahan letak yang cukup signifikan.

Padahal kode yang menghasilkan tanggal posting tidak hanya satu. Sehingga tutorial yang pernah ditulis itu sepertinya tidak tepat. Meskipun hasil akhir yang terlihat memang benar-benar pindah tempat. Mengapa dikatakan tidak tepat? Jawabannya: "Karena ada cara lain yang lebih sederhana"

Bagaimana cara yang sederhana tersebut? Singkatnya, cara ini tidak perlu bersentuhan dengan baris kode secara langsung. Melainkan hanya butuh sedikit sentuhan pada bagian layout. Adapun kode yang merupakan bawaan blogger ini biarkan saja. 

Betul, baris kode ini termasuk sintaks otomatis  yang disertakan oleh Blogger. Jadi kita tidak pernah menulis sendiri walaupun sebaris. Coba perhatikan setelah menulis elemen section dan widget blog-posts lalu menyimpannya.

Makanya, sengaja judul diatas dengan tanda kutip pada kata memindahkan. Karena cara baru ini tidak pernah memindahkan satu baris kode pun. Namun demikian, hasil akhir nanti terlihat sama; yakni tanggal posting yang kita inginkan bearada di bawah judul postingan.

cara memindahkan tanggal posting theme blogger


Cara "Memindahkan" Tanggal Posting di Theme Blogger (2)

Setelah melakukan beberapa percobaan akhirnya saya mengetahui hal ini. Sebuah cara sederhana untuk menempatkan tanggal posting agar terletak di bawah judul posting. Untuk itu saya tuliskan episode kedua yang masih berkicau tentang letak tanggal posting.

Dan bagi teman-teman yang terlanjur membaca artikel sebelumnya mohon maaf. Maklum, apa yang saya lakukan karena semangat untuk membagikan pengalaman. Padahal pekerjaan itu termasuk baru meski pernah belajar FrontPage Express. Dan itu dulu, jauh sebelum mamang Corona menyerang.

Oke, berikut ini penebus kesalahan di atas agar teman-teman tidak tersesat jauh. Silahkan ikuti langkah-langkahnya dan jangan lupa backup theme terlebih dahulu.

1. Login ke dashboard Blogger.

2. Klik "Tata Letak" atau "Layout".

3. Klik "Edit" pada bagian "main", "article", "content-wrapper" atau yang semisal (tergantung penamaan masing-masing, pada contoh theme warasfood yang saya share yaitu "main").

4. Non aktifkan tombol pada bagian "Tampilkan header tanggal"dan aktifkan tombol pada bagian "Tampilkan waktu publikasi" serta isi "Awalan waktu publikasi" dan pengaturan penulisannya.

5. Klik icon "Simpan" yang terletak pada bagian paling pojok kanan bawah.

6. Hasil bisa dilihat seperti pada link demo di bawah ini.

Demo


Kesimpulan

Cara memindahkan tanggal posting di theme blogger sudah kita pelajari bersama. Sebelumnya dengan memindahkan baris kode dan sekarang melalui layout. Dan sebetulnya, waktu itu benar-benar berhasil pindah dari atas ke bawah judul postingan. 

Namun demikian serasa ada yang janggal meskipun sudah berhasil pindah. Kejanggalan ini bukan tentang error dari kode atau apapun yang ditimbulkannya. Melain rasa janggal melihat tampilannya setelah pemasangan breadcrumbs.

Oleh karenanya, bahasan artikel kali ini kembali mengangkat cara memindahkan tanggal posting.  Semoga saja, artikel ini menjadi tambahan referensi yang bermanfaat. Terutama bagi yang sedang belajar web desain secara otodidak.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar