Cara Memunculkan Icon "This PC" di Desktop Linux Mint

"This PC" adalah sebuah icon yang biasa terlihat pada layar komputer dengan sistem operasi Windows. Icon ini merupakan pintu gerbang utama untuk mengakses file dan folder. Sebuah fungsi yang serupa dengan Windows Explorer atau File Manager jika meminjam istilah di OS GNU/Linux.

Sebelumnya, icon ini dikenal dengan sebutan "My Computer" tepatnya pada versi sebelum Windows 8.

Lalu bagaimana dengan icon serupa jika kita menggunakan sistem operasi Linux? Apakah namanya berbeda dan begitu juga fungsinya? Saya pikir sepertinya kita harus mengabaikan nama dan istilah. Karena yang terpenting adalah bagaimana pengguna bisa memahami icon tersebut.

Cara Memunculkan Icon "This PC" di Desktop Linux Mint

Sedangkan penamaan atas sebuah icon tentu ada beberapa orang yang merasa terkendala. Terutama bagi mereka yang tidak menguasai bahasa default ketika sistem operasi dipasang. Meskipun pada akhirnya ada penambahan instalasi bahasa yang didukung. Namun menurut hemat saya: "Memahami sesuatu melalui simbol, lambang dan gambar itu sesuatu yang penting dan universal".

Makanya tidak jarang kan terpasang di banyak aplikasi dengan beragam icon sesuai fungsinya masing-masing? Dan pemahaman terhadap simbol atau icon dalam software komputer ini tidak dibatasi oleh sebuah negara, bahasa, bangsa maupun agama. 

Jika ini sudah dimaklumi sekarang saatnya masuk ke pembahasan selanjutnya tentang cara memunculkan icon yang serupa dengan "This PC" atau "My Computer" di Linux Mint.


Cara Memunculkan Icon "This PC" di Desktop Linux Mint

Komputer dengan sistem operasi Linux memiliki icon serupa yang berfungsi untuk menampilkan informasi tentang hard drive, USB dan perangkat lain yang terhubung ke komputer disertai isi dari folder dan file di dalam perangkat lain tersebut.

Dan icon ini pada umumnya tidak jauh-jauh berupa gambar komputer dengan ukuran kecil serta dengan nama "Computer". Tapi tentu saja masing-masing distribusi Linux mempunyai desain tersendiri sesuai desktop environment yang diusung masing-masing.

Untuk lebih jelasnya yuks kita praktekan saja cara memunculkan icon yang serupa "This PC" atau "My Computer" di sistem operai Linux Mint. Dan sebagai informasi tambahan, desktop environment yang digunakan pada contoh di bawah ini menggunakan Cinnamon.

1. Klik kanan di desktop Linux Mint Anda, kemudian pilih "Customize". Pada distro Linux lain mungkin dengan istilah "Change Desktop Background".

2. Pilih "Desktop settings". Pada distro lain kemungkinan sudah muncul jendela "Desktop Settings", setelah itu silahkan pilih tab "Icons".

3. Aktifkan opsi "Computer" untuk menampilkan ikon "Computer".

4. Sekali saja check-box untuk icon "Computer" aktif maka secara otomatis muncul icon yang serupa dengan "This PC" atau "My Computer" pada layar dekstop. 

5. Selanjutnya silahkan atur icon manalagi yang ingin ditampilkan di layar.

6. Jika sudah selesai silahkan klik tanda (x) yang berada pada pojok kanan atas untuk menutup jendela.

7. Pengaturan untuk menampilkan icon yang serupa dengan "This PC" sudah selesai.


Kesimpulan

Jika saya kita ingat lagi metode yang digunakan sistem operasi Windows pada pengaturan semisal. Contoh kasus opsi yang diaktifkan di atas yaitu "Computer" atau "This PC" jika menggunakan Windows. Maka, penerapan hasil pengaturan tersebut tidak akan berhasil kecuali setelah memilih opsi "Apply". Hal ini berbeda dengan pengaturan pada sistem operasi Linux yang otomatis aktif meskipun tidak ada tombol "Apply" di bawahnya.

Perbedaan lainnya yang mungkin bisa disebut yaitu dari sisi penamaan seperti misalnya "Home" untuk "My Document" dan "Trash" untuk "Recycle Bin" pada sistem operasi Windows. Selain itu apa lagi yah perbedaannya? 

Satu lagi, dengan mengaktifkan opsi "Mounted Volumes" di Linux maka kita akan melihat ikon perangkat yang terhubung ke komputer di desktop Linux Mint. Ikon ini akan muncul saat perangkat terhubung dan akan hilang saat perangkat terputus. Contohnya flash disk atau hardisk external, nah ini berbeda juga kah dengan apa yang terjadi pada Windows. 

Wah sepertinya saya sedikit lupa, tapi tidak mengapa deh semoga artikel ini bisa membantu bagi yang membutuhkan.

Salam penguWINDS.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar