Cara Mengatasi Tombol Read More Tidak Muncul di Search/Label

Script blogger yang tersebar di internet tidak selamanya oke. Salah satu contohnya script read more yang beberapa kali saya ulas. Padahal sebelumnya saya merasa tidak menemukan masalah lagi. Ini karena keterbatasan saya memahami tag conditional di Blogger. 

Sebagaimana pernah saya ceritakan beberapa waktu yang lalu. Tombol read more awalnya berfungsi dengan baik-baik saja. Namun setelah postingan artikel sudah banyak koq ada yang tidak berfungsi. Iya, banyak postingan lama yang terlihat di beranda ada tombol read more. Tapi artikel yang baru dipublikasikan koq terlihat dari awal sampai akhir.

Singkat cerita saya mengganti script auto read more tersebut dengan yang baru. Pikir saya mungkin karena theme ini menggunakan Bootstrap yang memiliki link CDN CSS dan JavaScript tersendiri. Akibatnya, script auto read more sebelumnya bermasalah seperti itu ketika artikel sudah banyak.

Lalu terpasanglah dengan script auto read more tanpa javascript

Nah, untuk script auto read more yang kedua juga ini ada ceritanya. Saya merasa ada kesalahan ketika membuat blog baru dengan theme yang merupakan hasil karya kedua namun menggunakan Halfmoon. Kesalahan tersebut bukan terkait theme baru yang saya beri nama Terisi Info ini.

Melainkan saya dapati tombol read more pada halaman statis seperti about, disclaimer, privacy policy dan terms of conditions. Padahal seharusnya ini tidak boleh terjadi karena pada akhirnya halaman tersebut tidak bisa dibaca meskipun kita klik tombol read more tersebut.

Seiring waktu saya temukan cara mengatasi tombol read more yang muncul di halaman statis. Saya pikir script auto read more ini sudah tidak lagi memiliki kendala seperti sebelumnya. Namun sayangnya baru hari ini saya tahu kalau ternyata masih ada kekurangan. Lalu apa yang saya lakukan hari ini?


Cara Mengatasi Tombol Read More Tidak Muncul di Search/Label

Masalah yang terjadi kali ini adalah tombol read more tidak muncul ketika saya klik pencarian berdasarkan label. Sedangkan semua artikel yang tampil di homepage atau beranda sudah ada tombol read morenya. Begitu juga dengan halaman statis yang sudah tidak memunculkan tombol read more. 

Sehingga dibutuhkan operator "AND" pada tag conditional blogger agar auto read more berfungsi pada dua keadaan. Yaitu; pertama tombol auto read more muncul pada postingan artikel di halaman beranda. Dan yang kedua muncul di pencarian berdasarkan label namun tidak boleh berfungsi pada halaman statis (seperti halaman about, contact us, privacy policy dan lain-lain).

Untuk itulah dibawah ini ada langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk memperbaiki kode. Dan berikut ini cara memperbaiki script auto read more agar muncul di pencarian berdasarkan label.

1. Login ke dashboard Blogger.

2. Klik "Tema", klik icon "▼" di sebelah tulisan SESUAIKAN kemudian klik "Edit HTML".

3. Cari kode script auto read more yang sudah diperbaiki kemarin tapi tetap bermasalah. Kemudian ganti dengan script auto read more seperti di bawah ini:

4. Simpan theme.

5. Selesai. 


Kesimpulan

Sekian artikel kali ini tentang cara mengatasi tombol auto read more yang tidak muncul pada pencarian berdasarkan label. Jika solusi di atas masih ada kekurangan silahkan komentar untuk memperbaiki kode di atas. 

Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar