Cara Mengetahui Data CNAME Record Blogspot yang Sudah Custom Domain

Blog saya awalnya hanya gratisan dengan subdomain .blogspot seperti pada umumnya. Setelah ada kesempatan akhirnya menggunakan custom domain. Namun pengalihan tersebut menggunakan DNS milik Idcloudhost. Karena memang beli nama domain di sana yang saat itu dengan harga murah.

Seiring waktu ingin menghapus penggunaan DNS default. Karena tertarik ingin mencoba DNS Cloudflare. Dan tentu saja data-data yang dibutuhkan harus disiapkan semuanya. Termasuk data CNAME Blogspot yang akan ditautkan. Ini diketahui saat custom domain sebelumnya melalui Idcloudhost. Sayangnya data itu tidak tersimpan pada komputer karena merasa sudah tidak diperlukan.

Sehingga ketika kita ingin menggunakannya lagi pada saat custom yang kedua dengan Cloudflare. Sempat terpikir untuk melepas terlebih dahulu dari custom domain sebelumnya melalui pengaturan di Blogger. Rencana setelah itu baru custom domain lagi tapi ke Cloudflare langsung dari setelan Blogger. 

Namun niat ini urung karena ternyata kita bisa mengetahui kode CNAME tersebut. Meskipun tidak dengan melepas kembali pengalihan domain dari Blogspot. Karena inventaris Google sudah menyediakan tool untuk kebutuhan tersebut, yaitu Google Search Console.

Nah, mungkin Anda mengalami hal yang sama dengan yang pernah saya alami? Berikut ini cara mendapatkan CNAME Blogspot tanpa harus mencopot ulang custom domain sebelumnya melalui setelan Blogger seperti halnya memasang custom domain pertama kali pada umumnya.. 


Cara Mengetahui Data CNAME Record Blogspot yang Sudah Custom Domain 

Sebelum masuk tahapan inti tentang cara mengetahui data CNAME Blogspot yang sudah custom domain. Mungkin ada yang bertanya-tanya:"Untuk apa menautkan kembali blog yang sudah berjalan namun dengan DNS Cloudflare?" Dan jawaban untuk pertanyaan tersebut mungkin akan dibeberkan secara panjang lebar oleh Blogger kawakan yang sudah lalu lalang melintas dunia perbloggeran.

Adapun jawaban singkat yang bisa saya berikan dari sudut pandang pemula adalah:"Ezoic". Betul, sebagai pemula saya ingin mencoba menjadi publisher Ezoic. Dan salah satu syaratnya adalah penggunaan DNS Cloudflare selain sudah tercatat sebagai publisher Google Adsense.

Oleh karena itulah kemarin saya setting Blogger Custom Domain dengan DNS Cloudflare. Dan di tengah-tengah pengaturan tersebut dibutuhkan data CNAME Blogspot yang akan dialihkan. Nah, kalau blogspot sendiri sudah menjadi .com atau .net atau .id. Bagaimana cara mendapatkan data CNAME Blogspot yang akan diintegrasikan dengan DNS Cloudflare?


Cara Mengetahui CNAME Blogspot Melalui Webmaster Central

Cara petama untuk mengetahui kode CNAME Blogspot yang sudah diganti dengan domain TLD yaitu melalui Webmaster Central. Ini merupakan salah satu tool dari Google yang sebentar lagi pensiun. meskipun sampai detik ini ditulis masih berfungsi. Lihat saja bukti yang saya tampilkan di bawah ketika melihat data CNAME Record Blogspot. (RALAT: Tanggal 18 Agustus 2023 saya akses sudah tidak bisa dan diarahkan ke Google Search Console).

Lebih jelasnya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mendapatkan kode CNAME Blogspot yang sudah berubah menjadi domain TLD atau ccTLD. 

1. Kunjungi laman Webmaster Central.

2. Pilih nama domain yang sudah custom domain yang ingin diketahui CNAME Blogspot-nya. Ingat! yang dipilih bukan situs yang merupakan subdomain dengan embel-embel .blogspot. Melainkan nama domain yang sudah dibeli melalui Idcloudhost atau yang lainnya.

3. Klik Details.

4. Copas data tersebut yang terbagi menjadi 2 bagian, yaitu kata pertama untuk "name" pada pengaturan Cloudflare nomor 10 di tutorial integrasi blogger custom domain dengan Cloudflare. Sedangkan kata berikutnya dimasukan untuk kolom "content" atau "target" pada tutorial yang telah disebutkan tadi.


Cara Mengetahui CNAME Blogspot Melalui Google Search Console

Cara kedua untuk mengetahui CNAME Blogspot yang sudah hilang embel-embel subdomain gratisannya tersebut. Adalah melalui Google Search Console yang sebelumnya dikenal dengan nama Google Webmaster Tools. Dan saat menggunakan cara pertama di atas juga sudah ada pemberitahuan akan berakhirnya layanan yang kemudian akan digantikan dengan Google Search Console.

Berikut ini penjelasan selengkapnya yang disertai dengan gambar tentang cara mengetahui CNAME Blogspot yang sudah custom domain dengan nama domain TLD atau ccTLD.

1. Kunjungi website Google Search

2. Masukan email serta password jika sebelumnya belum login. 

3. Klik tanda panah kecil untuk memilih properti.

4. Pilih nama domain TLD atau ccTLD yang sudah ditambahkan menjadi properti. Bagi teman-teman Blogger yang belum menambahkannya silahkan pilih "Add property" terlebih dahulu.

5. Klik "Setelan" atau "Settings".

6. Klik "Pengguna dan Izin" atau "Users And Permissions". Peringatan! Bukan klik "Verfifikasi kepemilikan" ya.

7. Klik icon titik tiga seperti terlihat pada gambar.

8. Klik "Ownership verification details" atau "Detail Verfifikasi Kepemilikan".

9. Data CNAME Record Blogspot terlihat di sana. Silahkan copas untuk digunakan pada pengaturan lainnya. Kemudian klik "Done" atau "Selesai".


Penutup

Setelah menulis panjang lebar tentang CNAME di atas mungkin ada yang bertanya. Lalu apakah itu CNAME yang sedari tadi dibicarakan? Apakah itu sejenis makhluk dari bangsa Jurig dan Memedi? Jawabannya tentu saja tidak dan saya memohon maaf karena bahasannya langsung ke praktek.

Secara ringkasnya CNAME itu tidak lain adalah Canonical Name. Dan rangkaian yang terdiri dari dua kata ini pasti tahu lah maknanya. Karena kata "canonical" sering kita dengar ketika template Blogger diuji melalui Google Search Console. Sedangkan "name" tentu saja ini artinya adalah "nama" jika diterjemahkan ke dalam bahasa kita.

Sehingga penjelasan ringkas yang paling mudah dipahami adalah sebagaimana dikatakan Google:

CNAME adalah jenis data DNS yang memetakan nama alias ke nama domain kanonis atau nama yang sebenarnya. Data CNAME biasanya digunakan untuk memetakan subdomain seperti www atau mail ke domain yang menghosting konten subdomain tersebut. Misalnya, data CNAME dapat memetakan alamat web www.example.com ke situs sebenarnya untuk domain example.com.

Sekian artikel kali ini tentang cara mendapatkan data CNAME Blogspot yang sudah custom domain.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca Juga

8 komentar:

  1. Saya sudah cek di google search console saya tapi yang oogle-site-verification=3MAYnjKGl_AD.................dst.Bagaimana saya bisa melihat CNAME nya pak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah masuk Google Search Console pilih "Settings" atau "Setelan" > "Users and permisions" atau "Pengguna dan Izin". Nanti muncul daftar pengguna dan izin sesuai email yang didaftarkan. "Kemudian klik "icon titik tiga" agar muncul menu dan klik "Detail verifikasi kepemilikan" atau "Ownership verification details". Setelah itu nanti keliatan data CNAME

      Hapus
    2. Cara di atas buat domain yang sudah custom menjadi .com, .net, .id dan lain-lain. Kalau masih subdomain blogspot langsung aja seting pas mau pasang domain TLD atau ccTLD dari setelan. Masuk ke dashboard blogger > Setelan > Domain Custom.

      Hapus
    3. Oh ya, website lowongankerja biz id nya udah gabung Ezoic ya? Klo pnya blog lainnya yg bahas pengalaman pribadi menggunakan Ezoic kasih tau ya.

      Hapus
  2. Ini tidak ada, untuk cname di Ownership verification details, yg ada kode meta google site verification, itu gimana kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba klik bagian "Pengguna dan Izin" atau "Users And Permissions". Bukan di bagian "Ownership verification details" atau "Verifikasi Kepemilikan". Maaf jika artikelnya kurang jelas. Di atas sudah saya perbaiki urutannya

      Hapus
  3. Ini tidak ada, untuk cname di Ownership verification details, yg ada kode meta google site verification, itu gimana kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba klik bagian "Pengguna dan Izin" atau "Users And Permissions". Bukan di bagian "Ownership verification details" atau "Verifikasi Kepemilikan". Maaf jika artikelnya kurang jelas. Di atas sudah saya perbaiki urutannya

      Hapus