Cara Mengetahui Font yang Digunakan Sebuah Website

Ketika menjelajah terkadang saya suka dengan tampilan sebuah blog atau website. Apalagi ketika diperiksa ternyata menggunakan Blogger. Siapa tahu menjadi sumber inspirasi untuk belajar desain web. Disamping mengambil manfaat yang lain sebagai bahan referensi.

Meskipun pada dasarnya memang terasa susah jika meniru semuanya. Apalagi bagi pemula yang belajar desain web secara otodidak. Namun hal tersebut bukan menjadi penghalang untuk mencontoh beberapa elemen kecil lainnya. Seperti pada bagian layout, warna, font dan lain-lain.

Dan contoh praktikum yang akan kita coba hari ini terinspirasi dari linuxuprising. Saya lihat situs ini menampilkan huruf dengan karakter yang jelas. Sehingga saya yakin jika font ini bisa membantu pengunjung agar lebih mudah untuk membaca dan memahami konten.

Oleh karenanya, saya bertekad untuk mencari tahu apa jenis font yang digunakan pada website tersebut. Teman-teman ada yang tertarik untuk mengetahuinya juga? Simak bahasan kali ini tentang cara mengetahui jenis font yang digunakan pada sebuah blog atau website.


Cara Mengetahui Font yang Digunakan Sebuah Website

Sangat dimaklumi bersama bagi para blogger semuanya. Font merupakan komponen yang penting dalam sebuah desain web atau blog. Karena font yang mudah dibaca dan menarik dapat meningkatkan pengalaman pengguna pada website. 

Efek panjangnya akan membantu pengunjung untuk lebih lama tinggal di situs atau blog. Tapi tentu saja hal tersebut hanya salah satu faktor diantara faktor pendukung lainnya.

Oleh karena itu, penting bagi desainer web untuk memilih font yang tepat untuk website mereka. Begitu juga para blogger agar menjadikan font default pada theme mereka. Dan inilah langkah awal yang paling mudah sebelum menentukan jenis font manakah yang terpilih; yakni dengan menirunya.

1. Buka website atau blog yang sudah dikenal banyak pengunjung.

2. Klik kanan dan pilih "Inspect (Q)" jika menggunakan Firefox. "Inspect element" jika menggunakan Opera. dan "Inspect" jika menggunakan browser lainnya seperti Edge atau Chrome.

3. Klik tanda panah kecil sebagaimana ditunjukan pada gambar.

4. Klik area tulisan yang ingin diketahui menggunakan font jenis apa.

5. Lihat pengaturan CSS di sana.

6. Terlihat kan website tersebut untuk judul menggunakan font apa dan font-weight berapa?

7. Pada browser yang berbasis Chromium sudah terlihat pada tooltips yang keluar pada saat pointer kecil mengarah ke judul artikel sebagaimana bisa dilihat pada screenshot paling pertama di atas.

8. Selesai.


Penutup

Dengan cara tersebut di atas akhirnya saya tahu ternyata ada font yang namanya "ubuntu". Dan setelah saya cek melalui font.google.com juga memang benar ada di sana. Lalu bagaimana caranya agar theme blogger kita secara default menggunakan font tersebut?

Mungkin ini nanti dibahas pada kesempatan lain saja ya. Sekarang yang penting kita sudah tahu cara mengintip theme blogger lain. Pada kesempatan kali ini sudah membuktikan font yang dimaksud.

Dan penting untuk diingatkan kembali akan pentingnya pemilihan font. Hal ini sangat berguna agar meningkatkan kemudahan membaca, menciptakan kesan visual dan meningkatkan pengalaman pengunjung ke arah yang lebih baik lagi.

Sekian artikel kali ini tentang cara mengetahui font yang digunakan sebuah website.

Semoga membantu.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar