Cara Mengubah Setelan Bahasa GCompris Menjadi Indonesia

Bahasa memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan sebagai sarana komunikasi. Dengan kemampuan inilah manusia pada akhirnya bisa menyampaikan informasi antara satu sama lain. Begitu juga dalam dunia pendidikan apapun ilmunya yang diselenggarakan secara offline maupun online.

Karena dengan kemampuan bahasa yang baik dan benar maka pembelajaran yang tercipta memungkinkan tujuan pembelajaran akan tersampaikan dengan lebih baik.

Termasuk didalamnya ketika kita berinteraksi dengan program komputer yang merupakan software edukasi. Dan salah satu software tersebut yang akan kita ulas yaitu GCompris. Sebuah software edukasi yang bisa dijalankan pada komputer Windows, MacOS maupun GNU/Linux.


Apa itu GCompris?

GCompris merupakan salah satu software edukasi yang kemarin kita bahas. Software ini menyediakan berbagai macam aktivitas pendidikan untuk anak-anak prasekolah dan sekolah dasar. Didalamnya, GCompris menyediakan lebih dari 100 aktivitas pendidikan, termasuk permainan, puzzle, latihan matematika, aktivitas pemrograman,

Cara Mengubah Setelan Bahasa GCompris Menjadi Indonesia

Namun sayangnya software ini masih kurang terkenal jika dibandingkan game populer seperti Mobile Legends, Free Fire, Among Us dan lain-lain. Padahal software ini sangat bagus walaupun didalamnya ada juga permainannya. Karena game yang ada pada program ini memang benar-benar mengedukasi.

Salah satu contoh aktivitas yang ada pada program GCompris adalah seperti screenshot di bawah ini. Pada bagian "Keyboard anak" misalnya bisa kita lihat program ini merupakan pengenalan huruf. Cara kerjanya sangat mudah yaitu ketika anak menekan sembarang tombol. Maka akan tampak pada layar disertai suara huruf yang terdengar dibacakan oleh virtual assisten.

Pada contoh di atas misalnya tekan tombol di bawah huruf "Q" dan di atas 'Z" di sebelah "S" dan tombol Caps Lock. Maka terlihat pada layar komputer berupa huruf "A" disertai suara seseorang yang membacakan huruf tersebut.

Itulah salah satu contoh sarana edukasi yang diajarkan oleh GCompris. Hanya saja, pada saat install pertama kali GCompris ditampilkan dengan bahasa Inggris. Sehingga hal ini mungkin sedikit menjadi hambatan bagi sebagian orang yang membutuhkannya.

Berangkat dari apa yang dilihat itulah kemudian menginspirasi saya untuk membuat tutorial cara mengubah setelan bahasa GCompris dari Inggris menjadi Bahasa Indonesia.


Cara Mengubah Setelan Bahasa GCompris Menjadi Indonesia

Bahasa Inggris merupakan setelan standar ketika GCompris berhasil dipasang. Tidak hanya menampilkan teks dengan bahasa standar. Beberapa permainan yang ada pada GCompris juga menampilkan format audio sesuai bahasa yang menjadi setelan standar.

Untuk itulah pengubahan setelan bahasa ini harus dilakukan terutama bagi yang tidak menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Dan kita yang berada Indonesia termasuk salah satu diantaranya.

Nah, teman-teman sedang mencari software edukasi pilihan untuk keluarga? Berikut ini software GCompris yang akan kita rubah setelan bahasanya menjadi bahasa kita. 

1. Install GCompris terlebih dahulu bagi yang belum memilikinya. Adapun bagi pengguna Linux Mint saya sudah buatkan tutorial install GComprisnya di situ.

2. Klik Menu > Edukasi > GCompris atau bisa juga melalui Menu > Games > GCompris.

3. Klik icon pengaturan/setting.

4. Klik tombol "Your system default" di bawah tulisan "Language selector".

5. Pilih "Indonesia".

6. Klik "Ceklis".

7. Pilih "Yes" untuk mengunduh audio pendukung sesuai bahasa Indonesia.

8. Klik icon "X".

9. Buka ulang program GCompris, jika berhasil program akan terbuka disertai ucapan "Selamat Datang" dan dengan tampilan yang sudah berbahasa Indonesia (lihat gambar paling atas).


Kesimpulan

Bahasa terkadang disebut juga sebagai pintu gerbang ilmu pengetahuan dan memiliki peran penting dalam dunia pendidikan. Karena melalui bahasa yang bisa dipahami itulah terjadi transfer ilmu pengetahuan dari generasi ke generasi.

Sehingga tidak salah jika dikatakan bahwa bahasa termasuk memiliki kontribusi dalam pembangunan sebuah negeri. Karena hal ini dibutuhkan untuk memudahkan transfer ilmu pengetahuan seperti contoh yang diterapkan kali ini terkait GCompris.

Yakni sebuah software edukasi yang sebelumnya dalam bentuk bahasa asing. Namun kemudian dengan sedikit sentuhan akhirnya bisa ditampilkan dalam bahasa Indonesia. Mudah-mudahan dengan langkah kecil ini mendorong banyak anak-anak untuk menggunakan GCompris. 

Terakhir, jika masih belum cukup menarik sepertinya perlu coba software edukasi lainnya seperti Tux Type, Tux Math dan lainnya.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga

2 komentar: