Cara Membuat Properti Situs (Blogspot) di Google Search Console

Blog yang baru dibuat tidak serta otomatis terdeteksi oleh mesin pencari. Termasuk subdomain .blogspot yang sedang dalam pembicaraan kita. Meskipun secara kepemilikan sebagai penyedia layanan pembuatan situs gratis. Blogger yang dikembangkan Pyra Labs sudah dibeli oleh Google sejak tahun 2003.

Untuk itu, sebagai pemula yang terjun dalam dunia Blogger harus mengetahuinya. Karena jangan harap situs yang kita bangun akan menempati halaman pertama. Jika properti situs saja sampai saat ini belum terdaftar di Google Search Console.

Lalu apa itu yang dimaksud properti situs? Dan bagaimana cara membuatnya jika kita membuat blog gratisan dengan subdomain .blogspot? Berikut ini tutorial selengkapnya tentang cara membuat properti situs di Google Search Console yang sebelumnya dikenal dengan Google Webmaster Tools.


Cara Membuat Properti Situs (Blogspot) di Google Search Console

Properti adalah istilah yang digunakan Google Search Console untuk sesuatu yang berhubungan yang dapat diperiksa atau dikelola di Google Search Console. Properti ini penting dalam membangun kehadiran online dan menjalankan bisnis di dunia digital.

Melansir dari laman Google, properti ini merujuk semua halaman dengan domain atau awalan URL yang sama yang ditentukan. Kita dapat membuat, menambahkan dan atau mengelolanya hingga lebih dari 1 properti. Dan jika kita memiliki lebih dari satu, kita bisa memilih properti yang akan dilihat atau dikelola menggunakan pemilih properti di Search Console.

Berikut ini tutorial selengkapnya agar bisa membuat properti domain atau website melalui Search Console. Dan pada contoh kasus ini kita akan mempraktekan sebuah blog yang masih gratisan.

1. Login ke Google Search Console.

2. Klik "Tambahkan properti", jika sebelumnya sudah pernah membuat properti untuk domain lainnya silahkan klik icon "▼" terlebih dahulu.

3. Ketik nama situs blogspot kita dan tekan "Lanjutkan".

4. Karena kita menggunakan Blogger dan dengan Google Webmaster Tools terkini; yaitu Search Console, maka proses verifikasi secara otomatis sudah terhubung. Silahkan klik "Buka properti".

5. Selesai.


Penutup

Demikian pelajaran kita hari ini tentang cara membuat properti domain di Google Search Console.  Meskipun blog gratisan akan tetapi jika benar-benar dikelola tetap bisa menghasilkan. Selanjutnya, setelah berhasil membuat properti domain masing-masing. Langkah selanjutnya silahkan buka pesan masuk dari Google. Kemudian ikuti instruksi sesuai arahan dari Google Search Console. Seperti membuat peta situs atau menambahkan pengelola jika website dikerjakan bersama tim.

Pengelolaan properti langkah awal ini baru permulaan saja. Namun ke depannya kita tetap memonitor serta melibatkan perawatan dan pembaruan secara teratur. Hal ini untuk memastikan situs tetap relevan, berkinerja baik, dan menarik bagi pengunjung.

Sekian dan semoga bermanfaat.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar