Cara Mengambil Audio dari Video dengan Audacity

Menjadi creator content harus memiliki banyak keahlian meski terlihat sepele bagi orang lain. Salah satunya adalah kemampuan memisah audio dari sebuah file video. Audio ini bisa kita jadikan sebuah file sendiri dengan ekstensi .mp3 misalnya, .ogg atau yang lainnya.

Untuk mendukung kemampuan tersebut perlu "audio extractor software" baik secara online maupun offline. Dalam hal ini tentu kita dihadapkan dengan banyak pilihan software yang tersedia. Baik yang berbayar dengan segudang kemampuan. Maupun software atau web apps gratis yang hemat di kantong.

Adapun pilihan terakhir, meskipun sifatnya gratis ini tidak berarti kualitasnya dipandang sebelah mata. Sehingga, Anda yang menjadi penggunanya tidak perlu berkecil hati jika memanfaatkan software gratis. Salah satu software yang menjadi rekomendasi dalam hal ini adalah Audacity.


Cara Memisahkan Audio dari Video dengan Audacity

Audacity merupakan software handal untuk menangani masalah audio namun sifatnya gratis. Untuk membuktikan hal tersebut mari kita coba menjawabnya. Namun sebelumnya siapkan terlebih dahulu sebuah file video yang akan kita pisahkan suaranya.

Selain itu, Kami asumsikan bahwa Anda sudah memasang program Audacity serta FFmpeg di dalamnya. Dan untuk tutorial install Audacity for Windows sendiri silahkan klik link di atas. Selanjutnya, berikut ini cara memisahkan audio dari video selengkapnya.

1. Buka program Audacity yang ada pada komputer Anda. Meskipun pada contoh ini saya menggunakan Audacity yang berjalan di Linux. Namun hasilnya sama saja dengan pengguna Windows.

2. Klik "File" > "Open".

3. Pilih video yang ingin kita ambil audionya, kemudian klik "Open".

4. File audio sudah terbuka.

5. Silahkan edit jika diperlukan, misalnya ada yang perlu dihapus? Blok pada bagian yang ingin dihapus kemudian pilih "Edit" lalu klik "Delete".

6. Untuk menyimpan ke dalam file mp3 silahkan klik "File" > "Export" > "Export as MP3".

7. Berikan sebuah nama untuk file mp3 yang akan dibuat kemudian klik "Save".

8. Isi pada kolom yang tersedia jika diperlukan. Ini opsional saja ya, jika tidak di isi juga tidak mengapa. Setelah itu klik "Oke" untuk menyelesaikan pembuatan file dengan format mp3.

9. File mp3 yang baru sudah dipisahkan dari video. Untuk membuktikannya silahkan buka dengan software pemutar mp3 koleksi Anda.

10. Selesai.


Kesimpulan

Kemampuan untuk mengambil audio dari video dengan mudah dan efisien menjadi suatu keharusan bagi kreator konten. Terlebih lagi hidup di era digital yang serba canggih ini yang sebagiannya bahkan membuat konten digital serta mencari penghasilan dari sana.

Sedangkan Audacity merupakan software untuk edit audio yang bisa diandalkan. Untuk tugas mengambil audio dari video seperti di atas terbukti kualitasnya bagus. Lebih penting dari hal itu, pekerjaan ini diselesaikan oleh Audacity dengan cepat dan tanpa kesulitan. 

Dan dalam artikel ini, Kami telah menjelaskan cara mengambil audio dari video dengan Audacity dengan langkah-langkah yang jelas serta disertai dengan gambar screenshot. Mudah-mudahan dengan program ini Anda dapat mengolah audio dari video sesuai kebutuhan Anda. 

Akhir kata saya ucapkan "Selamat mencoba dan perkaya konten multimedia Anda".

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar