Hati-hati dengan Template Blogger Premium Tapi Download Gratis!!!

Suatu hari seperti biasa jalan-jalan di internet melihat perkembangan dunia blogger. Tidak sengaja saya dapati sebuah template premium yang bisa diunduh. Padahal ini template blogger premium yang dibanderol dengan harga sekian oleh pembuatnya.

Namun kenapa di situs web ini malah disediakan gratis untuk diunduh? Motif apakah yang ada di sebalik kata "gratis" itu? Apakah benar-benar gratis tanpa ada konsekuensi yang harus diberikan? Untuk menjawab pertanyaan ini saya harus melakukan sesuatu.

Pertama menuju situs web official pengembang template blogger tersebut. Hal ini untuk meyakinkan pengatahuan selama ini tentang template blogger yang dimaksud. Maksudnya, apakah template blogger itu sudah digratiskan oleh pengembangnya? Jika tidak maka waspadalah karena pasti itu tidak gratis. 

Hal tersebut seperti apa yang saya ujicobakan di blog reang.my.id yang sebelumnya menggunakan template blogger bajakan sebagai bahan pembuktian. Dan ternyata, ketika login ke Google Search Control ada notifikasi yang dikategorikan berbahaya sebagai berikut:

Hati-hati dengan Template Blogger Premium Tapi Download Gratis!!!


Cara Mengatasi Error "Konten Berbahaya" yang Ditemukan di Google Search Control

Dalam kondisi artikel yang belum satu pun terpublish saya coba membuat property di Google Search Console. Setelah itu menambahkan peta situs meskipun dengan keterangan: "Tidak dapat mengambil peta situs". Setelah beberapa hari baru kemudian ada notifikasi sebagai berikut:

"Google telah mendeteksi konten berbahaya di beberapa halaman situs Anda. Sebaiknya hapus konten tersebut sesegera mungkin. Hingga Anda melakukannya, browser seperti Google Chrome akan menampilkan peringatan ketika pengguna membuka atau mendownload file tertentu dari situs Anda".

Padahal artikel belum ada, begitu juga halaman statis terkait about, privaci policy dan lainnya. Oleh karena itu, kesimpulan akhirnya:"Template blogger inilah yang bermasalah". Karena sebagai tersangka utama dalam kasus kali ini kemudian saya coba perbaiki dengan cara sebagai berikut:

1. Ganti template blogger bajakan tersebut.

2. Buka Google Search Console kemudian pilih "Validasi".

3. Masukan keterangan yang menjelaskan tindakan apa yang sudah dilakukan.

4. Tunggu hasilnya hingga beberapa hari.

5. Jika mendapati pemberitahuan seperti ini berarti berhasil. Dan memang, template bajakan itulah masalahnya sehingga Google mendeteksi script yang berbahaya.

validasi penggantian template berbahaya sudah berhasil


Kesimpulan

Ketika mendapati template Blogger premium dengan tawaran download gratis, Anda harus curiga dan berhati-hati. Meskipun mengunduh template premium secara gratis sangat menggiurkan. Namun tindakan tersebut bisa berakibat serius bagi kesehatan blog Anda. 

Risiko utamanya adalah terpapar oleh malware, virus, atau kode berbahaya lainnya yang dapat merusak blog Anda dan juga membahayakan pengunjung. Bukankah Anda tidak mengetahui maksud setiap baris kode yang tertulis? Selain itu, menggunakan template ilegal juga melanggar hak cipta dan menyebabkan masalah hukum yang kalau di negara lain bisa berabe

Jadi, sangat disarankan untuk selalu membeli template dari sumber yang terpercaya dan menghindari unduhan ilegal. Dengan cara ini, kita dapat memastikan keamanan dan integritas blog Anda serta memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung. 

Lalu bagaimana jika belum mampu membeli template legal? Ya, Anda bisa gunakan template gratis dari kami atau belajarlah bersama kami membuat template sendiri dari nol. 

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar