Cara Mengubah Laptop Menjadi Web Server Untuk Anak-anak

Sebagian orang rela menyerahkan sepenuhnya kepada media internet kekinian untuk menemani keseharian anak-anaknya meskipun tanpa pengawasan. Kesimpulan Saya ini terbentuk karena tidak jarang melihat anak-anak yang bermain Youtube atau TikTok tanpa ditemani orang tuanya.

Padahal, tontonan yang tersedia pada media tersebut tidak semuanya cocok untuk konsumsi anak-anak. Makanya, youtube for kids pun hadir sebagai jawaban dari Google untuk masalah tersebut. Meskipun pada faktanya tetap saja kita sebagai orang tua masih harus mengontrol konten yang ada di sana.

Kemudian saya teringat kembali ide yang sebelumnya namun belum sempat terwujud. Yakni, ingin menjadikan laptop ini sebagai media yang mudah-mudahan bisa menemani anak-anak namun dengan konten yang sudah dipilih. Adapun tampilannya, kalau bisa tentu dimirip-miripin dengan youtube.

Nah, untuk mewujudkan hal tersebut bagaimana? Untuk menjawab ini tentu tidak mudah. Namun langkah awal yang harus dilakukan adalah mengubah fungsi komputer kita agar menjadi web server. Baru setelah itu kita pikirkan langkah selanjutnya, insya Allah next pada artikel selanjutnya.


Cara Install Apache HTTP Server Via Terminal di Linux

Apache HTTP Server merupakan salah satu software web server yang sudah familiar. Software ini diperlukan untuk mengaktifkan fungsi web server pada komputer lokal seperti laptop maupun desktop. Tidak hanya berjalan pada platform Linux, software ini pun bisa berjalan pada sistem operasi lainnya.

Untuk sistem operasi Windows kita sudah pernah membahasnya baik dengan menggunakan XAMPP maupun WAMP. Sebagaimana dimaklumi, software paket yang berjalan di Windows yang disebutkan pertama di atas disediakan oleh apachefriends.org dan yang kedua oleh wampserver.com.

Dan bagi pengguna Windows yang ingin mencoba layanan serupa seperti yang disebutkan di atas bisa juga mencoba Apache Web Server alternatif dari bitnami maupun dari apachelounge.com. Karena website resmi laman www.apache.org tidak menyediakan installer berbasis Windows.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini akan dijelaskan cara install Apache HTTP Server khusus untuk Linux. Secara khusus, tutorial kali ini pun hanya menggunakan metode baris perintah yang diinput melalui Terminal yang terhubung dengan internet.

Bagi teman-teman yang membutuhkan referensi metode instalasi Apache Web Server tanpa menggunakan baris perintah di Linux silahkan buka kembali tulisan lama kami tentang cara install apache mariadb php phpmyadmin tanpa mengetikan baris perintah.


Fedora/CentOS/Red Hat Enterprise Linux

Untuk mengubah laptop Linux dengan distro Fedora, CentOS maupun Red Hat Enterprise Linux agar bisa berfungsi sebagai web server adalah dengan mengetikan baris perintah berikut:

 

Setelah itu silahkan periksa akses "localhost" dengan menggunakan browser yang terdapat pada laptop.


Ubuntu/Debian/Linux Mint

Sedangkan untuk distro Debian, Ubuntu serta turunannya seperti Linux Mint dan lain-lainnya. Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan agar laptop Linux Anda berubah menjadi web server.

1. Klik Menu, ketik "Terminal" tekan Enter kemudian ketik perintah berikut. 

2. Masukan passowrd root Anda dan tekan enter.

3. Tekan Y atau y setelah muncul pertanyaan: "Do you want to continue? [Y/n]" kemudian tekan enter.

4. Buka browser, ketikan localhost dan tekan enter. Jika hasilnya tampak seperti tangkapan layar di bawah ini berarti, apache web server sudah berfungsi.

Langkah Awal Mengubah Laptop Menjadi Web Server

5. Jika dibandingkan ketika belum terpasang, maka tampilannya seperti berikut ini.

5. Praktek di atas saya contohkan langsung pada laptop Linux Mint 21. 

6. Barangkali pada mesin Linux lainnya tidak langsung berjalan dengan baik, mungkin bisa dengan menambahkan perintah berikut ini.

7. Silahkan periksa kembali akses "localhost" dengan browser kesayangan Anda.


Install via Source

Cara pemasangan software melalui baris perintah dalam dunia Linux juga dikenal melalui source. Cara ini hanya membutuhkan sebuah software text editor yang terhubung ke internet apa pun distro Linux yang saat ini sedang Anda gunakan, berikut ini baris kode perintahnya.

1. Download versi teranyar dari Apache HTTP Server dari laman resminya.

2. Ekstrak dengan perintah :

$ gzip -d httpd-NN.tar.gz

$ tar xvf httpd-NN.tar

$ cd httpd-NN

Dengan NN yang harus diganti sesuai dengan versi Apache HTTP Server yang ingin dipasang.

3. Configure dengan perintah:

$ ./configure --prefix=PREFIX

Perhatian! Tulisan PREFIX di atas maksudnya ini disesuaikan dengan susunan direktori file yang ingin digunakan sebagai direktori file server. Jika tidak diubahsesuaikan maka susunan direktori untuk software tersebut akan merukuk kepada /usr/local/apache2.

4. Compile dengan perintah:

make

5. Install dengan perintah:

make install

6. Kustomisasi dengan perintah:

vi PREFIX/conf/httpd.conf

Catatan: Jika program vi tidak terpasang pada komputer Anda silahkan gunakan software text editor lainnya yang cocok dan mudah digunakan.

7. Test dengan perintah sebagai berikut.

PREFIX/bin/apachectl -k start

8. Selesai.


Kesimpulan

Laptop Linux kita sudah berfungsi sebagai web server namun isinya masih kosong. Sebagaimana yang terlihat pada contoh di atas. Ketika kita mencoba mengakses URL Address dengan alamat "localhost" maka komputer local akan menampilkan konten yang ada di dalamnya.

Pada tahap ini kita sudah berhasil terkoneksi dengan server yang bisa kita andaikan sebagai sebuah website; contohnya adalah youtube namun versi lokal yang sepenuhnya berada dalam kontrol penuh. Hanya saja, "youtube lokal" kita baru dibangun namun belum memiliki konten video satu pun.

Oleh karena itu, pada artikel selanjutnya kita akan mencoba membuat website lokal dengan tampilan seperti youtube yang memiliki konten video yang seluruhnya sudah melalui seleksi karena hanya kita sendiri yang mengunggahnya tanpa ada campur tangan orang lain.

Dan untuk membuat tampilan youtube lokal tersebut dalam bayangan saya bisa beragam. Ada cara sederhana dengan tampilan web "youtube lokal" apa adanya. Atau berupa tampilan web "youtube lokal" yang tampilannya serupa dengan youtube beneran, misalnya dengan bantuan "Bootstrap". 

Nah, kita tunggu saja hasilnya nanti sambil oprek sana sini. Mudah-mudahan juga semuanya bisa dibahas agar bisa memberikan pilihan terbaik maupun opsi termudah. 

Selamat mencoba.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar