Setelah Upload Video YouTube Shorts di PC Mengapa Hasilnya Terlihat Hitam? Ini Solusinya

Akhir-akhir ini saya mencoba membuat video pendek dengan ClipChamp. Dan untuk manipulasi suara saya coba menggunakan Audacity. Selebihnya menggunakan teknologi AI untuk mengkonversi tulisan menjadi suara. Serta penggunaan aplikasi GCompris yang sebelumnya saya kenalkan pada anak-anak.

Dan ini adalah video perdana saya ketika mencoba membuat konten untuk YouTube Shorts. Dan tentu saja namanya seorang pemula sudah dimaklumi akan mengalami kendala yang tidak terduga. Karena demikianlah, segala sesuatu itu ada ilmunya meskipun sekedar mengupload video di YouTube Shorts.

Kira-kira kendala apa yang Anda alami ketika menggunakan YouTube Shorts pertama kali? Jika masalah yang ditemui adalah layar hitam pada layar video setelah upload berarti kita sama. Saya sendiri saat itu merasa heran karena gambar video tidak terlihat padahal suara kedengaran lho.

Apalagi di dashboard Studio Youtube, konten yang kita upload itu bisa dijalankan. Begitu juga ketika mengedit video dengan software terkait sebelum upload menggunakan format yang didukung. Tapi mengapa layar yang terlihat pada YouTube Shorts terlihat hitam? Yuks kita sama-sama cari tahu....bulat.

Cara Mengatasi Layar Hitam Hasil Upload Video di YouTube Shorts


Cara Mengatasi Layar Hitam Hasil Upload Video di YouTube Shorts

Saya bergegas mencari tahu setelah mengalami kendala layar hitam pada hasil upload di YouTube Shorts. Pertama yang dituju tentu saja mesin pencari, laman dukungan komunitas, blog tutorial serta youtube yang menjelaskan masalah layar hitam setelah upload.

Sayangnya, solusi yang ditawarkan banyak yang tidak cocok dan tidak mengalami perubahan. Sampai pun ada video tutorial yang menceritakan pengalamannya sendiri dengan cara upload tanpa memberikan judul, deskripsi dan lain-lainnya. Sayangnya, solusi seperti itu pun tidak cocok diterapkan di sini.

Hingga akhirnya, kendala layar video hitam setelah upload di YouTube Shorts bisa diselesaikan dengan cara sederhana. Berikut ini cara yang saya lakukan agar video YouTube Shorts yang diupload dari komputer desktop bisa terlihat gambarnya atau tidak terjadi layar hitam seperti pada screenshot di atas.

1. Login ke YouTube > Studio Youtube

2. Klik "Buat" > "Upload Video". 

3. Klik "Pilih File".

4. Temukan dan klik file video hasil karya Anda yang ingin diunggah ke YouTube Shorts, klik "Open". 

5. Tulis judul, deskripsi serta tag yang diinginkan. Dan yang paling penting, jangan lupa tambahkan tag khusus untuk YouTube Shorts; yaitu #shorts. Tag ini letakan pada judul selain tag yang menjadi target sasaran video yang Anda buat.

6. Setlah itu skroll ke bawah kemudian ceklis salah satu opsi yang disediakan. "Ya, video ini dibuat untuk Anak-anak" jika Anda ingin menyasar anak-anak saja. Atau "Tidak, video ini tidak dibuat untuk Anak-anak" jika ingin mencakup lebih luas lagi.

7. Setelah itu klik "Berikutnya", "Berikutnya", "Berikutnya".

8. Pada menu selanjutnya pilih "Publik" dan klik "Publikasikan".

8. Klik "Tutup". 

9. Sekarang video yang diunggah ke YouTube Shorts tidak lagi terlihat warna hitam hanya dengan menyertakan tag #shorts.

10. Jika tidak berhasil coba tambahkan tag #short dan #shortvideo pada judul dan deskripsi selain tag menjadi sasaran sesuai keyword dan pemahaman Search Engine Optimation Anda.

11. Ini contoh video pertama saya di YouTube Shortt yang berhasil tanpa layar hitam menggunakan tag #short, #shorts, #shortsvideo dan #shortvideo. Namun setelah berhasil diunggah yang terlihat hanya tag #short dan #shortvideo.

12. Untuk video selanjutnya ada kemungkinan tag #shorts akan otomatis diberikan oleh YouTube. Mungkin sistem YouTube secara otomatis bisa mendeteksi ketika mengunggah video pendek yang durasinya kurang dari 60 detik.


Kesimpulan

Sebelumnya saya mencoba menggunakan SnackVideo dan Helo beberapa kali namun tidak ada masalah. Video yang kita unggah langsung juga bisa dimainkan tanpa ada sedikit pun kendala. Begitu pun pengujung yang melihat video yang baru saja dibagikan terlihat lumayan banyak.

Hal ini berbeda dengan platform YouTube Shorts yang baru kali ini saya coba. Padahal software yang saya gunakan sama-sama menggunakan ClipChamp dan dengan format video MP4. Meskipun demikian, nama besar YouTube tetap menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang.

Dan alhamdulillah postingan video pertama kali saya di YouTube Shorts sudah berhasil dijalankan. Tidak seperti sebelumnya yang hanya terlihat layar hitam namun dengan suara normal. Akhir kata, mudah-mudahan teman-teman yang mengalami kendala yang sama bisa diselesaikan dengan mudah.

Selamat mencoba.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar