Cara Install Browser Microsoft Edge di Linux Mint

Menerka-nerka perkembangan teknologi browser di masa depan sepertinya akan semakin marak. Fungsi yang digunakan oleh user nanti bukan hanya untuk browsing. Meskipun nama aplikasi sudah melekat sebagai peramban web di dunia maya. Apalagi dengan hadirnya ekstensi tambahan yang bisa memperkaya fungsi sebuah browser.

Contoh nyata yang bisa kita lihat hari ini adalah teknologi Chromium yang diadopsi oleh banyak browser. Dengan mesin yang sifatnya open source tersebut jadi seolah-olah punya aplikasi terjemah. Karena apapun bahasa yang digunakan oleh situs web tidak menjadi masalah.

Apalagi dengan perkembangan tool serta aplikasi yang berbasis web. Contoh yang bisa disebutkan saat ini adalah aplikasi ERP seperti Odoo yang free atau Acumatica yang berbayar. Ini keuntungan bagi aplikasi yang menggunakan prinsip kerja server-client. Karena aplikasi untuk client sudah tersedia berupa browser yang multi-platform serta multi-device.

Tidak heran jika pengembang software menaruh perhatian terhadap perkembangan browser mereka. Tidak terkecuali dengan perusahaan yang dikenal dengan sosok seorang Bill Gates. 

Adalah Microsoft Edge yang sejauh ini baru tersedia untuk Windows, macOS, iOS dan Android. Oleh karena itu, browser versi stable ini tidak tersedia di halaman download Microsoft Edge. Namun hal tersebut bukan berarti menutup pintu kemungkinan agar bisa dijalankan di sistem operasi GNU/Linux. Fakta yang menunjukan hal tersebut adalah adanya project Microsoft Edge Insider.

Cara Install Browser Microsoft Edge di Linux Mint


Cara Install Browser Microsoft Edge di Linux Mint

Sebelum memulai cara install browser Microsoft Edge di Linux Mint. Perlu diketahui bersama bahwa versi yang belum stable tidak disarankan untuk user secara umum. Tapi jika Anda ikut terlibat untuk mencoba versi alpha maupun beta juga tidak terlarang. Pilihan penggunaan peramban web yang ingin digunakan tergantung masing-masing user. Adapun jika anda ingin mencoba versi non-stable ini; berikut cara install Microsoft Edge di Linux Mint.

1. Kunjungi link download Microsoft Edge Insider

2. Microsoft Edge untuk Linux tersedia versi Beta dan Dev untuk kalangan pengembang. Kita coba download yang versi Beta. Kita pilih paket .deb Debian / Ubuntu karena Linux Mint merupakan turunan keduanya.

3. Klik Accept and download.

4. Download selesai silahkan klik Close.

5. Klik file hasil downlod yang terletak di bagian bawah atau klik icon opsi kemudian pilih open.

6. Klik Install Package.

7. Masukan password.

8. Proses instalasi sedang berjalan.

9. Install Microsoft Edge selesai.

10. Browser Edge kini sudah bisa digunakan di sistem operasi Linux. Untuk membukanya silahkan klik Menu > Internet > Microsoft Edge (Beta). Begini penamapakannya di Linux Mint 20.2 Cinnamon.

Sekilas jadi terasa menggunakan sistem operasi Windows yah. Lebih bagus lagi kalau bisa install Office dengan emulator di Linux. Pasti akan terasa lebih Windows lagi meskipun menggunakan Linux. Sayangnya versi Office terbaru tidak ada satu pun yang berhasil diinstall. Sehingga,saat ini hanya bisa akses office versi online. Tentunya dengan browser kesukaan masing-masing pengguna. Salah satunya adalah Microsoft Edge yang ternyata bisa juga berlari di sistem Linuc. Sekian belajar komputer otodidak kita hari ini tentang cara install browser Edge dari Microsoft yang dipasang di sistem operasi Linux Mint 20.2 Cinnamon.

Selamat mencoba.

Gratis! Silahkan klik subscribe untuk menerima email pembaruan

ModeMalam