Cara Reset Router TP-Link TL-XDR3230 ke Setingan Pabrik

Kemarin TP-LInk TL-XDR3230 sudah bisa diketahui IP Addressnya. Tapi kendala yang dihadapi router dengan bahasa China ini belum selesai. Selain masih menebak arti dan dengan bolak balik ke google translate. Password yang saya coba untuk masuk ke menu pengaturan belum ada yang berhasil.

Sebetulnya masalah ini bisa diselesaikan dengan merujuk pada buku manual. Hanya saja model ini tidak banyak literatur yang tersedia kecuali dengan bahasa China. Termasuk manual book yang disediakan oleh situs resmi dari TP-Link. 

Berbeda halnya dengan tipe router lain yang dengan mudah kita dapatkan tutorialnya di TP-Link. Sebagai contoh terlihat di sana ada model TL-WR940N, TL-WR820N, TLWR842ND, TL-WR702N, Archer C2600 dan lain-lain. 

Sedangkan model TL-XDR3230 tidak tertera buku manualnya di sana. Hingga akhirnya ketemu di situs tp link dengan ccTLD negara China. Berikut ini tangkapan layar router TL-XDR3230 yang bersumber dari https://www.tp-link.com.cn/product_1751.html. Cara setup dan manual book dalam bahasa China mungkin bisa Anda rujuk langsung ke link tersebut.

Cara Reset Router TP-Link TL-XDR3230 ke Setingan Pabrik


Cara Reset Router TP-Link TL-XDR3230 ke Setingan Pabrik

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya terkait password yang menjadi masalah di router ini. Ada dua kemungkinan yang bisa kita lakukan namun satu hal yang paling mudah. Ya, ini cara singkat untuk mengatasi lupa password atau tidak tahu password router TL-XDR3230. Yaitu dengan cara reset agar pengaturan kembali ke setingan pabrik. Bagi yang belum tahu trik ini berikut adalah cara reset router TP-LInk TL-XDR3230.

1. Silahkan cari tombol reset yang ada di sebelah tombol power.

2. Tekan tombol reset selama 5-10 detik untuk mereset router. Pada saat reset ini pastikan router sudah dalam keadaan on. Alias colokan adaptor sudah tersambung sehingga ada daya listrik yang masuk. Proses reset berhasil ditandai dengan perubahan lampu indikator yang berkedip dari merah ke hijau.


Cara Membuat Password Admin Baru di Router TP-LInk TL-XDR3230

Langkah selanjutnya setelah proses reset berhasil adalah pengaturan kata kunci baru. Password yang dimaksud di sini bukanlah kata kunci yang diperlukan untuk masuk wifi. Melainkan password yang digunakan agar bisa masuk pengaturan router. Dari sanalah kita bisa membuat koneksi wifi baru dengan password sesuai keinginan kita. Langsung saja, berikut ini cara membuat password admin baru di router TP-Link TL-XDR3230.

1. Setelah proses reset berhasil akan otomatis tampil kotak dialog sebagai berikut. Wizard ini terdiri atas: 1. Pengaturan password admin 2. Internet setting, 3. Wireless setting. Jika wizard ini tidak tampil bisa juga akses melalui browser dengan mengetikan tplogin.cn dan tekan enter. Selanjutnya silahkan isi password yang ingin Anda gunakan dan ulangi lagi di kolom keduanya. Ingat! Minimal panjang karakter untuk kata kunci adalah 6 karakter. Jika kurang dari itu akan ada peringatan error seperti terlihat pada gambar di bawah ini. Peringatan error juga bisa berupa peringatan kata kunci yang lemah. Misalnya dengan menggunakan password standar. Setelah itu silahkan klik tombol konfirmasi yang berlatar belakang warna kuning.

2. Langkah selanjutnya adalah internet setting. Klik selanjutnya untuk melanjutkan proses pengaturan.

3. Di sini ada dua pilihan; yang terlihat pada gambar menggunakan ip address statis. Dalam bahasa Inggris ini dikenal dengan "Fixed IP Address". Jadi kita menentukan alamat IP WAN sendiri yang digunakan sebagai pintu gerbang antara router dan modem (atau antara router dengan firewall jaringan). Pada contoh kali ini tidak saya pilih dan menggunakan opsi selainnya; yaitu "obtain an ip address automatically". Silahkan klik menu drop down pada kolom pertama dan pilih kalimat yang lebih panjang. Setelah itu klik tombol next yang berlatar belakang warna kuning.

4. Poin ke 3 yaitu pengaturan wifi atau wireless setting. Pengaturan ini tinggal masukan nama SSID wifi dan password yang Anda inginkan. Ingat! Password wifi ini minimal 8 karakter, jika kurang dari itu akan terlihat notifikasi error. Jika sudah selesai bisa klik tombol exit yang terletak pada pojok kanan atas. 


Cara Merubah IP Address Default Router TP-LInk TL-XDR3230

Router di atas masih menggunakan ip address 192.168.1.1. Jika ingin digabung dengan jaringan yang sudah ada pastikan tidak bentrok. Pada kasus yang saya alami, ip tersebut sudah digunakan oleh modem di jaringan LAN yang sudah ada. Sehingga kita perlu merubah IP Address router TP-LInk TL-XDR3220 dengan alamat lain. Untuk itu, berikut ini cara merubah IP Address TP-LInk TL-XDR3230 sebelum mencabut dari PC stand alone dan memasangnya di jaringan.  

1. Sekarang, kita coba masuk ke pengaturan router dengan password yang baru kita buat. Akses ip address router TP-Link TL-XDR3230, masukan password dan tekan enter.

2. Klik icon gerigi yang berada di sebelah kanan bawah untuk masuk ke pengaturan LAN.

3. Klik LAN, masukan IP Address dan subnet mask kemudian klik tombol oke yang berwarna kuning.

4. Wifi yang tadi dibuat ternyata belum berfungsi bisa cek ulang pengaturannya di sini. Klik icon wifi dan ketikan nama SSID wifi yang ingin digunakan. Pada contoh saya semula yang masih menggunakan standard bawaan yaitu TP-LINK-FC_B0 dirubah menjadi TP-LINK_3230. Kemudian passwordnya yang terdiri atas 6 karakter silahkan tambahkan lagi sehingga menjadi 8 karakter.

Pengaturan router TP-Link TL-XDR3230 telah berhasil. Dengan pengaturan di atas silahkan copot router dan pasang di jaringan yang sudah ada. Jangan lupa tes koneksi dengan menghubungkan laptop melalui wifi yang tadi kita buat. Jika masih terkendala dengan jaringan yang ada coba seting router dengan alamat yang lain; misalnya 192.168.0.212; 192.168.0.1; 192.168.2.2 atau yang lainnya.

Sekian belajar komputer otodidak kita hari ini tentang cara reset router TP-Link TL-XDR3230. Selain belajar cara reset router kita juga sudah belajar bersama bagaimana membuat ssid dan password admin baru.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Gratis! Silahkan klik subscribe untuk menerima email pembaruan

ModeMalam