Cara Mengetahui Merk RAM Tanpa Bongkar Komputer

Pada artikel sebelumnya sudah dibahas cara mengetahui memory ram ddr berapa. Tutorial tersebut untuk mengetahui kapasitas dan speed memory komputer. Dengan trik itu kita bisa menyimpulkan memory komputer yang digunakan termasuk DDR berapa. Namun sayangnya kurang detail karena tidak menjelaskan pembagian DDR1, DDR2, DDR3 atau DDR4 itu dimulai dari speed berapa. Pada artikel tersebut hanya mencontohkan beberapa kasus RAM sehingga disebut DDR3 atau DDR4. 

Setelah membaca ulang artikel tersebut pun sepertinya ada yang terlupa lagi. Yups, di sana tidak dijelaskan cara untuk mengetahui merk RAM yang ada di laptop atau komputer. Kira-kira pengen tahu gak sih merk RAM laptop atau PC tanpa harus buka casing?  

Pengetahuan sederhana seperti ini penting lho buat otodidakers semuanya. Misalnya pas mau beli komputer bekas atau mau upgrade komputer perusahaan atau sekedar ingin tahu:"Apakah komputer menggunakan merk ram terbaik?" atau untuk mengumpulkan data spesifikasi komputer perusahaan. 

Untuk itulah, tulisan ini dibuat dengan harapan semoga semakin melengkapi kebergunaan blog ini. Yang belum melihat bahasan sebelumnya tentang spesifikasi komputer, silahkan klik: cara mengetahui apakah komputer menggunakan hardisk atau ssdcara mengetahui merk hardisk dan ssd dan lain-lain.

Cara Mengetahui Merk RAM Tanpa Bongkar Komputer


Cara Mengetahui Merk RAM Komputer Tanpa Bongkar PC/Laptop

Mengetahui merk RAM komputer dengan melihat secara langsung merupakan hal biasa. Kita tinggal memeriksa kepingan RAM dan melihat nama merk yang tertulis di sana. Sekarang, bagaimana kiranya jika kita sedang memeriksa laptop dengan kondisi menyala? Apakah untuk mengetahui merk RAM laptop harus mematikan komputer terlebih dahulu lalu membongkarnya? Tidak harus seperti itu Asep. Karena untuk melihat merk kartu memory komputer bisa dilakukan dengan mengetikan baris perintah. Berikut ini tips yang bisa digunakan untuk mengetahui merk ram komputer pada komputer Windows.

1. Tekan logo Windows + R pada keyboard.

2. Ketikan cmd dan tekan enter.

3. Ketik perintah wmic memorychip get devicelocator, manufacturer dan tekan enter.

4. Dengan baris perintah tersebut terlihat kan merk ramnya? Pada contoh di bawah ini terlihat merk RAM yang digunakan adalah Kingston.

Sangat mudah kan tips untuk mengetahui merk RAM tanpa bongkar komputer. Kita cukup mengetikan sebaris perintah saja di CMD. Cara ini lebih simple daripada harus bongkar laptop atau PC. 

Semoga bermanfaat.

Baca Juga

4 komentar:

  1. kalo namanya 0000 artinya apa? Ga ada merek nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sy blm nemuin tuh, coba kalau nanti dibongkar merknya apaan tuh, bisa dapet pengalaman baru

      Hapus