Cara Menambahkan Tempat Usaha di Google Maps

Setelah mengundurkan diri dari pekerjaan karena banyak alasan. Saat ini mencoba merintis jualan dengan modal alakadarnya. Sebelumnya terpikir untuk membuka jasa service komputer. Atau bisa juga dibarengi dengan jual beli komputer. Tapi resikonya mau tidak mau harus kembali ke dunia lama. Iya, kebiasaan menggunakan software bajakan yang kurang menghargai lisensi hasil karya orang lain. 

Mungkin pemikiran di atas dianggap terlalu idealis bagi sebagian orang. Tapi secara pribadi, hal tersebut bentuk penghargaan khususnya untuk para programmer. Karena memang tidak mudah untuk membuat sebuah aplikasi yang berguna bagi orang lain. 

Oleh karena itu, saya memilih untuk mencoba jualan herbal saja. Karena modal untuk usaha ini saya pikir tidak lebih besar jika dibandingkan dengan usaha yang terkait dengan dunia komputer. Oh ya, ini hanya pemikiran pribadi lho. Jika berbeda kesimpulan saya harap silahkan abaikan saja opini di atas.

Yang menjadi poin penting dari tulisan ini adalah usaha kecil rintisan ini. Meskipun bukan usaha kelas kakap namun berusaha bangkit termasuk diantaranya dengan memanfaatkan teknologi. Dan salah satu sarana teknologi yang ingin kita manfaatkan yaitu membuat profil bisnis di Google. Cara ini salah satu tujuannya agar tempat usaha kita bisa terlihat di Google Maps seperti contoh screenshot berikut ini:

Cara Menambahkan Tempat Usaha di Google Maps


Cara Menambahkan Tempat Usaha di Google Maps

Pada saat mencari literatur dari Google tentang cara menambahkan tempat usaha di Google Maps. Hasil pencarian yang ditampilkan diantaranya adalah laman bantuan Google Profil Bisnis. Dan sebetulnya, melalui laman tersebut sudah dijelaskan secara rinci tapi tanpa screenshot. Bagi yang mau silahkan akses langsung laman di atas untuk merujuk pada sumber awal. Namun bagi yang berkeinginan ada contoh gambarnya agar lebih jelas. Berikut ini praktik dari tutorial cara menambahkan tempat usaha ke Google Maps ini. 

1. Jika saat membuka alamat Google ada notifikasi:"Claim your business on Google Search for free", silahkan klik Yes untuk membuat profil bisnis di Google secara gratis.

2. Jika tidak ada notifikasi silahkan kunjungi laman Google Business lalu klik Login.

3. Masukan alamat email dan silahkan klik "Berikutnya". Jika belum ada silahkan buat alamat email terlebih dulu.

4. Masukan password lalu klik "Berikutnya".

5. Silahkan klik tulisan "Tambahkan bisnis Anda ke Google".

6. Ketik nama bisnis Anda serta kategorinya.

7. Untuk kategori bisa mengetikan terlebih dahulu kemudian lihat daftar yang sudah ada.

8. Pilih "Ya" untuk menambahkan lokasi/tempat usaha kemudian klik tombol "Berikutnya".

9. Masukan alamat tempat usaha kita, jika sudah selesai silahkan klik "Berikutnya".

10. Tentukan lokasi tempat usaha kita. Screenshot di bawah ini secara otomatis diberikan oleh komputer.

11. Jika tidak tepat bisa kita geser ke tempat yang lebih akurat. Kemudian klik tombol "Berikutnya" untuk melanjutkan praktek dari tutorial "Cara menambahkan tempat usaha ke Google Maps" ini.

12. Pilih jawaban sesuai pertanyaan lalu klik "Berikutnya".

13. Tambahkan nomor telepon dan alamat website jika ada. Jika belum mempunyai situs web bisa ceklis tulisan di bawah:"Saya tidak memiliki situs" lalu klik tombol "Berikutnya".

14. Pertanyaan di bawah ini opsional, silahkan pilih sesuai kehendak Anda kemudian klik "Berikutnya".

15. Klik tombol "Berikutnya".

16. Tentukan hari, jam buka dan jam tutup toko lalu klik tombol "Berikutnya".

17. Berikut ini contohnya.

18. Silahkan pilih opsi untuk menerima pesan atau tidak kemudian klik tombol "Berikutnya".

19. Tambahkan deskripsi usaha Anda dan kemudian silahkan klik "Berikutnya".

20. Masukan foto tempat usaha Anda.

21. Jika ingin langsung pasang iklan silahkan klik "Mulailah sekarang". Kalau saya pribadi masih pemula cuma bisa klik "Lewati" saja.

22. Profil bisnis sudah hampir selesai, silahkan klik "Lanjutkan".

23. Sekarang kita sudah masuk ke akun profil bisnis di Google. Layanan ini termasuk gratis kecuali jika kita menambahkan layanan lain, iklan ads misalnya.

Demikian praktek kita kali ini tentang Cara Menambahkan Tempat Usaha ke Google Maps. Tempat usaha baru kita bisa langsung tampil dengan mengikuti langkah-langkah di atas. Setelah ini silahkan langsung cek nama usaha Anda di Google Maps. Dan bagi Anda yang juga sedang memulai usaha baru semoga artikel ini bermanfaat yah. Mudah-mudahan usaha Anda dikenal dan mendapatkan pengunjung yang semakin meningkat. 

Salam perdjoeangan.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar