Cara Upload File ke Google Drive

Google Drive adalah layanan google untuk menyimpan file secara online. File yang dimaksud bisa berupa foto, video atau dokumen. Kemudian, file yang tersimpan tersebut bisa kita akses darimana saja. Yang penting bisa terhubung ke internet dengan akun gmail yang valid. 

Selain itu, file yang tersimpan di Google Drive bisa kita bagikan ke orang lain. Caranya cukup mudah karena hanya dengan beberapa klik saja. Manfaat menggunakan layanan ini meskipun secara personal yang gratis. Nanti punya pengalaman pribadi yang mungkin dibutuhkan pada saat bekerja di perusahaan. Apalagi jika PT menggunakan layanan cloud-storage enterprise dari Google yang berbayar. 

Oh iya, meskipun istilahnya "cloud-storage" bukan berarti mendung di langit jadi hardisk atau ssd. File yang tersimpan tetap berada di bumi kita yang tidak lagi hijau. Dalam hal ini, file tersimpan di media penyimpanan yang berada di komputer server milik Google. 

Nah, bagi teman-teman yang sedang belajar komputer secara otodidak. Belajar kita kali ini tentang cara menyimpan file di google drive. Yuks, kita simak bahasannya! Jangan lupa koreksi jika ada yang salah. Maklum, di sini kita belajar komputer otodidak bersama-sama.


Cara Upload File ke Google Drive Melalui Komputer

Layanan Google Drive mulai diluncurkan sejak tanggal 24 April 2012. Pada awal kemunculannya hanya menyediakan 5 GB per akun pengguna. Namun kini total kapasitas yang disediakan untuk pengguna sampai 15 GB. Media penyimpanan ini semua disediakan Google secara gratis. Anda tertarik mencobanya? Berikut ini cara upload file ke google drive. Pastikan sebelumnya sudah memiliki akun email di google. Jika belum punya silahkan buat alamat email di Gmail terlebih dahulu.

1. Kunjungi Google Drive lalu klik Go to Drive.

Cara Upload File ke Google Drive

2. Masukan alamat email.

3. Masukan password.

4. Sekarang kita sudah masuk Google Drive.

5. Untuk menggunakannya bisa klik New yang ditandai icon + yang ada di sebelah kiri. Atau pada contoh di bawah ini dengan cara klik kanan pada area tengah. Setelah itu pilih "Upload files".

6. Cari file yang dimaksud kemudian klik Open.

7. File Anda kini sudah tersimpan di Google Drive.

Untuk membiasakan penggunaan Google Drive silahkan gunakan dalam keseharian. Jika 15 GB tersebut dirasa kurang kareng bisa coba dengan akun gmail yang lain. Alternatif lainnya dengan layanan serupa dari kompetitornya Google. Sebut saja icloudboxdropbox atau mega. Tidak ketinggalan dengan Microsoft yang juga punya layanan yang sama di onedrive

Demikian tutorial kali ini seputar cara menggunakan google drive.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar