Belajar Desain Grafis Otodidak Membuat Logo Google Adsense

Sampai detik ini kita sudah belajar membuat logo yang tingkatannya masih terlihat mudah. Tapi bagi pemula yang baru mengenal dunia desain grafis mungkin tidak demikian. Dan di antara logo yang sudah dibahas tersebut yaitu google drive dan google ads. Tapi ini tidak berarti logo yang dimiliki perusahaan di balik Google murahan. 

Lebih tepatnya, mungkin bisa kita katakan logo tersebut memang seperti sengaja dibuat agar terlihat sederhana. Sama halnya dengan tampilan situs web mesin pencari nomor wahid yang banyak digunakan ini.

Nah, untuk menambah materi belajar desain logo untuk pemula ini. Tutorial berikut juga akan mengupas metode belajar melalui contoh logo yang sangat sederhana. Seperti biasa, logo yang akan kita buat kali ini juga masih dari Alphabet Inc. Sebuah perusahaan teknologi di Amerika yang terkenal dengan search engine Google-nya.

Yups, artikel kali ini akan mengajak untuk sama-sama belajar membuat logo google adsense dengan Inkscape.

Belajar Desain Grafis Otodidak Membuat Logo Google Adsense



Belajar Membuat Logo Google Adsense dengan Inkscape

Sebagaimana telah dikatakan secara ringkas pada pertemuan yang lalu. Google Adsense adalah layanan dari Google yang banyak diminati oleh netizen sebagai pejuang dollar dan rupiah. Dari sinilah kita mengenal adanya istilah publisher serta lawannya yaitu advertiser yang diwakili layanan Google Ads.

Sebagaimana perbedaan istilah layanan tersebut namun terlihat mirip. Begitu juga dengan logo dari dua layanan tersebut yang mirip antara satu dengan yang lain. Berikut ini kita buktikan dengan cara membuat logo google adsense dengan Inkscape. Kemudian bandingkan dengan logo google ads yang sudah kita kerjakan pada pertemuan lalu.

1. Silahkan buka program Inkscape, tekan tombol R dan buat sebuah obyek dengan lebar 9,648 mm dan tinggi 27,759 mm.

2. Jika ujung-ujung obyek tersebut masih berbentuk persegi panjang. Silahkan tekan tombol N dan tarik ke bawah ujung node yang berada di pojok kanan atas.

3. Klik kanan pada obyek yang baru saja dibuat, pilih "Fill and Stroke", pilih tab "Fill" dan isi kode warna pada bagian "RGBA" dengan fbbc04ff dan tekan enter. Dengan nilai opacity sebesar 100% dan blur 0 %. Adapun untuk tab "Stroke Paint" silahkan isi dengan "No Paint". Gambar obyek akan terlihat sebagaimana tampak pada gambar di bawah ini.

4. Tekan tombol Shift + Ctrl + M secara bersamaan, klik tab Rotate, klik icon tanda panah miring ke kanan dan isi sudut kemiringan pada bagian angle menjadi 30 derajat dan kemudian tekan enter. Hasil yang akan didapatkan pada obyek akan terlihat seperti berikut.

5. Tekan tombol R kemudian buat obyek baru dengan ukuran lebar 9,085 mm dan tinggi 16,743 mm atau disesuaikan agar terlihat mirip dengan logo aslinya.

6. Klik kanan pada obyek yang baru dibuat, pilih "Fill and Stroke", pilih tab "Fill" dan isi kode warna pada bagian "RGBA" dengan 4081ecff dan tekan enter. Pastikan nilai persentase opacity sebesar 100 dan blur 0 %. Adapun untuk tab "Stroke Paint" silahkan atur dengan "No Paint".

7. Tekan tombol Ctrl + Shift + M, pilih bagian "Rotate", klik icon panah ke kanan, isi angle sebesar 30 dan tekan enter.

8. Tekan tombol E dan buat sebuah obyek baru dengan diameter sebesar 9,533 mm. Klik kanan obyek baru tersebut dan pilih "Fill and Stroke", pilih tab "Fill > RGBA" dan isi dengan kode warna "32a350ff". Adapun untuk tab "Stroke paint" silahkan pilih "No paint".

9. Atur posisi obyek berwarna hijau agar terlihat paling atas dengan cara tekan tombol S kemudian pilih obyek tadi dan tekan tombol Home pada keyboard. 

10. Selanjutnya rapihkan posisi ketiga obyek tadi agar menyerupai logo google adsense. Jangan lupa seleksi semuanya, klik kanan dan pilih group untuk menyatukan semua obyek.

Sekarang logo Google Adsense sudah berhasil kita buat dengan program Inkscape. Langkah selanjutnya bisa kita ekspor dalam bentuk file png, jpeg atau webp. Adapun file mentah dalam bentuk ekstensi .SVG belajar bikin logo kali ini bisa download di sini

Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar