Belajar Desain Grafis Otodidak Membuat Logo Chang Jui Fang

Salah satu pabrik yang beroperasi di bumi Wiralodra adalah PT. CJFI. Meskipun terletak agak jauh dari pemukiman kampung tercinta namun masih satu kecamatan. Perusahaan yang terkenal dengan produk keramik ini berdiri sejak 1996. Adapun merk keramik yang diusung yaitu Atena, Picasso, Kita, Harmony dan Mustika. Hal ini sebagaimana dilansir dari laman PT. Chang Jui Fang Indonesia.

Lalu ada apa gerangan dengan Chang Jui Fang? Tenang saja, kita tidak akan membicarakan tema keramik lantai, keramik dinding atau granit lantai.

Asbab musabab ditulisnya artikel karena kemarin sempat melihat logo perusahaan ini. Logo tersebut tertera pada lembaran kalender yang terpampang di dinding samping warung. Iya, pemilik warung yang masih tetangga dekat ini salah satu karyawan yang masih bekerja di sana. 

Melihat logo perusahaan ini terbersit keinginan untuk menjadikan materi belajar desain logo untuk pemula. Karena sepintas pandangan mata yang belum tanpa kaca ini sepertinya mudah dipelajari. Sssttt... sejak tahun terakhir bekerja di PT. Gaya Motor penglihatan ini divonis minus setengah oleh dokter spesialis mata. Padahal habis kontrak dari perusahaan yang letak kantornya ada di Sunter ini pada tahun 2006 bulan Oktober atau November. 

Seperti biasa, belajar membuat logo kita kali ini tetap menggunakan Inkscape. Sebuah program pengolah gambar vektor gratis yang bisa diinstall di Windows, Mac maupun Linux.


Belajar Membuat Logo Chang Jui Fang dengan Inkscape

Sebelum masuk tahapan praktek belajar membuat logo perusahaan ini. Hal yang harus disiapkan adalah program Inkscape yang sudah terinstall. Selain itu, siapkan juga jenis huruf yang sesuai atau minimalnya mirip dengan logo sebenarnya.

Selanjutnya, bagi yang tertarik belajar membuat logo dengan program Inkscape. Berikut ini langkah-langkah belajar desain grafis otodidak membuat logo PT. Chang Jui Fang.

1. Buka program Inkscape, tekan tombol R dan buat sebuah obyek persegi empat. Misalnya dengan lebar 59,503 mm dan tinggi 61,011 mm. Setelah itu klik kanan obyek baru tersebut dan pilih "Fill and Stroke". Lalu pada bagian tab "Fill > RGBA" isi dengan kode warna "08572dff" dengan opacity 100%. Adapun untuk tab "Stroke paint" silahkan pilih "No paint"

2. Buat obyek baru misalnya dengan lebar 24,978 mm dan tinggi 25,670 mm.

3. Seleksi kedua obyek lalu klik menu Object > Align and Distribute. Pada bagian "Relative to" pilih "Selection Area" lalu klik icon "center on vertical axis".

4. Obyek kedua sudah hampir berada ditengah-tengah. Untuk menyempurnakan itu, seleksi kembali dua obyek tersebut kemudian klik icon "center on horizontal axis".

5. Obyek kedua kini sudah berada di tengah-tengah obyek pertama. Oh ya, bukan hanya di tengah-tengah. Bahkan berada di paling tengah-tengah banget.

6. Kemudian beri fill dengan warna putih, jika perlu stroke-nya juga. Caranya, silahkan klik warna yang ada di bagian bawah untuk mewarnai fill. Sedangkan mewarnai stroke bisa dengan cara klik kanan pada warna terlebih dahulu kemudian pilih stroke. Dengan catatan, pada saat meng-klik warna yang diinginkan baik "fill" maupun "stroke", maka obyek yang ingin diwarnai itu harus dalam keadaan terseleksi sebagaimana terlihat pada contoh gambar di atas dan bawah ini.

7. Buat sebuah obyek baru berupa persegi panjang. Misalnya dengan lebar 24,216 mm dan tinggi 23,241 mm. Kemudian beri warna lain agar terlihat berbeda dengan obyek yang lainnya.

8. Tempatkan pada bagian atas sebelah kanan obyek pertama sebagaimana terlihat pada gambar.

9. Klik obyek pertama lalu tekan tombol Shift kemudian klik obyek ketiga yang baru saja kita buat.

10. Klik menu Path > Difference.

11. Hasilnya akan terlihat seperti gambar berikut.

12.  Buat obyek baru berupa lingkaran yang toolnya bisa dipanggil dengan menekan tombol E pada keyboard. Misalnya buat obyek bulat dengan diameter 20,644 mm (lihat gambar). Setelah itu beri warna dengan kode a91d21ff dan tempatkan pada bagian kanan atas (lihat gambar).

13. Klik tool yang menyerupai icon huruf A yang terletak pada toolbox di samping. Kemudian ketikan kata "CJFI" dengan jenis huruf menyerupai logo aslinya. Pada praktek kali ini admin menggunakan jenis huruf "Padauk Book" yang sudah ada di Linux. Setelah itu tekan Ctrl + Shift + + untuk merubah obyek tadi. Fungsinya agar tetap dan tidak berubah-ubah ketika dibaca di komputer yang tidak menyediakan huruf Padauk Book.

14. Beri warna yang sama dengan obyek pertama; yaitu 08572dff. Kemudian klik menu Path > Linked Offset agar obyek tulisan tadi bisa dirubah menjadi agak gendut.

15.Tekan tombol N pada keyboard kemudian geser ke kanan atau ke kiri dari node yang ada. Silahkan perhatikan perubahan tebal atau tidaknya obyek berupa tulisan CJFI ini.

16. Jika dirasa sudah cukup "tembem" silahkan perhatikan pendek dan tingginya obyek yang berupa tulisan CJFI ini. Silahkan tarik ke bawah atau ke atas untuk mengatur tinggi atau pendeknya obyek.

Logo perusahaan Chang Jui Fang sekarang berhasil kita buat. Untuk lisensi asli dari logo tersebut tentu saja tetap sepenuhnya milik PT. CJFI sebagai pemilik merk dagang. Adapun tutorial belajar membuat logo di atas ini hanya semata-mata untuk pembelajaran.

Akhir kata, barangkali ada yang ingin sama-sama otodidak belajar membuat logo. Berikut ini kami sertakan link download file penunjang berupa File SVG. Mohon dikoreksi jika ada kesalahan dalam menuliskan tutorial di atas.

Catatan tambahan: Link file SVG di atas jika melihat preview dari Google Drive akan nampak tulisan CJFI yang masih berwarna hitam. Padahal aslinya tidak demikian, tulisan pada file yang ada di Google Drive sudah berwarna hijau. Untuk memastikannya silahkan download dan buka dengan program pengolah gambar vektor kesayangan Anda.

Demikian semoga bermanfaat. 

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar