Cara Menambahkan Widget Artikel Populer di Sidebar Blogspot

Awalnya saya sedikit meremehkan blogspot yang gratisan itu tea. Namun entah kenapa seiring waktu malah semakin tertarik untuk mempelajarinya. Apalagi setelah mengetahui ternyata embel-embel blogspot di belakang nama domain bisa dihilangkan. 

Iya, meskipun harus merogoh kocek untuk membeli nama domain. Secara hitung-hitungan anak kos mah blogspot lebih murah. Apalagi kalau lagi masanya susah mencari penghasilan. Sepertinya, blogspot menjadi alternatif pertama dengan modal terbatas. Sehingga kita hanya perlu membeli nama domain tanpa mengeluarkan biaya sewa hosting.

Tapi kalau pun tidak bisa seperti itu; yakni memiliki nama domain berbayar. Katanya dengan keterbatasan itu tetap bisa menghasilkan uang dari blogspot. Yang penting blog gratisan itu berhasil lolos menjadi publisher. Dan ini yang ingin saya buktikan dengan membuat situs gratisan di blogspot.


Cara Menambahkan Widget Artikel Populer di Sidebar Blogspot

Secara blog baru lahir dan masih kecil dengan sedikit artikel. Maka pengaturan mutlak diperlukan agar blog semakin optimal. Salah satunya yaitu dengan menambahkan "widget popular post". Widget ini tersedia pada semua template. Hanya saja, tampilannya mungkin berbeda jika theme yang digunakan tidak sama. Mungkin jika ada waktu dan kesempatan nanti kita share beberapa contoh script popular post. Adapun kali ini kita mulai dengan materi dasar tersebih dahulu; yaitu tutorial menambahkan widget popular post di sidebar blogger.

1. Login ke dashboard Blogger > Tata Letak. Pada bagian Sidebar silahkan klik "Tambahkan Gadget".

2. Pilih "Postingan Populer".

3. Beri judul gadget tersebut, misalnya "Artikel Populer".

4. Klik dan seret untuk menempatkan gadget pada lokasi yang diinginkan.

5. Artikel populer sekarang sudah tampil di bagian sidebar.

Cara Menambahkan Widget Artikel Populer di Sidebar Blogspot


Penutup

Dengan menampilkan widget popular post di sidebar blogspot. Maka kita akan tahu artikel mana saja yang digemari oleh pengunjung. Sehingga tampilan tersebut menjadi daya tarik untuk pengunjung lainnya. Sekian belajar otodidak kita hari ini tentang cara menambahkan widget popular post. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar