Cara Submit Peta Situs Blogger dengan Atom Syndication Format

Akhir-akhir ini ditambah sibuk dengan blog baru gratisan. Meskipun tanpa beli nama domain tapi ada semangat lain untuk tetap mencoba. Ini tidak lain didorong keinginan pribadi untuk mencoba sesuatu yang baru. Sebuah proyek pembuktian:"Apakah kita bisa menghasilkan uang dari blogspot?"

Sebagaimana halnya blog baru yang perlu optimasi sana sini. Begitu juga blog gratisan saya yang kemarin sudah mencoba menggunakan google search console. Makanya tidak heran jika kata kunci cara membuat sitemap di google webmaster masih dicari. Karena dengan tool itulah kita bisa mengirimkan peta situs ke mesin pencari Google.

Adapun keuntungannya tentu saja ini salah satu langkah agar blog cepat terindeks oleh Google. Karena dengan peta situs itulah yang memungkinkan mesin telusur menemukan semua halaman di situs. Termasuk di dalamnya ketika terjadi perubahan pada konten yang ada di situs.

 

Cara Submit Peta Situs Blogger dengan Atom Syndication Format

Peta situs atau dalam bahasa aslinya adalah sitemap bisa berupa sitemap xml, RSS atau format Atom. Dan kemarin kita sudah pernah mengirimkan peta situs. Namun cara yang digunakan yaitu dengan menambahkan "/sitemap.xml" setelah nama domain.

Setelah itu hari berlalu selalu diisi dengan menambahkan postingan artikel. Tapi ketika memeriksa properti koq hanya sebagian saja artikel yang terdeteksi. Adapun artikel yang terbaru belum terdeteksi. 

Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya kita tambahkan peta situs. Peta situs yang dimaksud bukan dengan format yang kemarin dikirimkan. Melainkan dengan format RSS/Atom sebagaimana langkah-langkah berikut ini.

1. Kunjungi laman web Google Search Console.

2. Klik Search Console.

3. Pilih property jika memiliki lebih dari satu kemudian klik Peta Situs.

4. Ketikan peta situs dengan menambahkan:"atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500 setelah nama domain seperti pada contoh di bawah ini.

5. Seperti inilah hasil yang bisa Anda pertimbangkan.

Cara Submit Peta Situs Blogger dengan Atom Syndication Format

6. Sebagaimana terlihat pada dua peta situs pada gambar di atas. Perbandingan antara sitemap xml dengan atom bisa terlihat kan? Iya, peta situs pertama dibuat tanggal 19 Maret 2022 dengan 6 artikel yang terdeteksi. Sedangkan atom dibuat 30 Maret 2022 sudah terdeteksi 11 artikel. Padahal artikel ke 11 baru dibuat hari itu bersamaan dengan mengirimkan sitemap atom tadi.

7. Tapi bukan berarti sitemap xml dihilangkan saja karena melihat fakta blog utama saya ini berbeda. Sebagaimana terlihat pada gambar di bawah justru peta situs dengan format atom tidak terdeteksi banyak jika dibandingkan sitemap xml. 

 

 

Penutup

Mengirimkan peta situs menjadi bagian penting untuk kehidupan sebuah situs web. Untuk perayapan optimal sebaiknya gunakan peta situs XML dan feed RSS/Atom. Karena peta situs XML akan memberikan informasi kepada Google tentang semua halaman situs. Sedangkan umpan RSS/Atom memberikan semua pembaruan di situs. Dengan demikian konten tetap terbaru dalam indeks pencarian mesin pencari. Hal ini sebagaimana dilansir dari laman resmi Google Developers.

Selamat mencoba.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar