Cara Menggunakan Google Search Console untuk Blogspot

Blog gratisan melalui blogspot terkadang dianggap sebelah mata. Padahal di luar sana ada yang bisa menghasilkan uang dari blog tersebut. Tentunya mereka membuat blog bukan ala kadarnya. Ba'dallah, ada ilmu yang menunjang kesuksesan dibaliknya.

Untuk itulah pemula yang belajar komputer secara otodidak tidak perlu berkecil hati. Meskipun dengan blog gratisan dan dengan tool gratisan pula semua bisa diusahakan. Dan ini salah satu yang ingin dibuktikan oleh saya sendiri. 

Iya, hari ini saya membuat blog gratisan di blogspot dan entah kapan bisa menghasilkan uang. Apakah benar bisa menghasilkan uang dari blog gratisan? Kita tunggu realitanya saja. Setidaknya saya berlatih meningkatkan skill saja. Toh kalau sudah mumpuni bisa saja kan dijual ke marketplace produk digital? Atau jika kita mempunyai skill desain grafis bisa koq menjadi kontributor shutterstock

Dengan pertimbangan tersebut akhirnya saya melanjutkan langkah perjuangan ini. Saya mencoba setting peta situs agar blog gratisan itu bisa terindeks oleh Google pencarian. Terkait hal ini kita gunakan tool search console dari Google. Inilah salah satu tool yang wajib diketahui oleh Blogger yang pernah kita bahas dahulu. Jangan khawatir, layanan ini bersifat gratis yang hanya butuh kuota data untuk menggunakannya.


Apa itu Google Search Console

Google search console adalah layanan gratis yang ditawarkan oleh Google untuk membantu memantau, mempertahankan dan memecahkan masalah kehadiran situs web atau blog kita di hasil Google penelusuran. 

Sebagaimana melansir dari laman Google, berikut ini keuntungan yang didapat dengan menggunakan layanan yang dulu dikenal dengan webmaster google tools ini.

- Memastikan bahwa Google dapat menemukan dan meng-crawl situs web atau blog kita.

- Memperbaiki masalah pengindeksan dan meminta pengindeksan ulang untuk konten baru atau yang diperbarui.

- Melihat data traffic Google penelusuran untuk situs kita; seberapa sering situs kita muncul di Google penelusuran, kueri penelusuran mana yang memunculkan situs kita, seberapa sering penelusur mengklik untuk kueri tersebut dan masih banyak lagi.

- Menerima pemberitahuan saat Google menemukan masalah pengindeksan, spam atau masalah lainnya di situs kita.

- Menampilkan situs mana saja yang menaut atau membuat link ke situs kita.

- Memecahkan masalah terkait AMP (Accelerated Mobile Page) kegunaan seluler dan fitur penelusuran lainnya. Sebagaimana dimaklumi, AMP adalah program open-source dari Google agar blog atau situs web lebih cepat menampilkan konten di perangkat mobile sekaligus memberikan pengalaman mobile internet yang lebih baik.


Cara Menggunakan Google Search Console untuk Blogspot

Untuk dapat menggunakan layanan google search console diperlukan alamat email dengan akun gmail. Tenang saja semua ini bisa dilakukan dengan gratis. Setelah itu tentunya kita harus mempunyai situs web atau blog pribadi yang berbayar atau pun gratisan. Sebagai contoh praktek kali ini kita akan menggunakan blog gratisan dari Blogger

1. Masuk ke Google Webmaster Tools. Jika belum login silahkan masukan alamat email beserta passwordnya.

Cara Menggunakan Google Search Console untuk Blogspot

2. Klik Search Console

3. Pilih "Domain", masukan alamat situs web atau blog kita kemudian klik "Terus".

4. Karena menggunakan hosting gratis melalui blogger. Maka proses verifikasi akan secara otomatis berhasil. Selanjutnya silahkan klik buka properti untuk melihat fitur di search console google.

5. Klik "Mulai".

5. Seperti inilah tampilan Google Search Console yang baru saja didaftarkan.


Cara Membuat Peta Situs di Google Search Console untuk Blogspot

Langkah selanjutnya setelah mendafatarkan situs web di Google Search Console adalah membuat peta situs. Dalam hal ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan dan didukung oleh Google. Namun karena contoh kita menggunakan blogspot. Maka proses pendaftaran peta situs lebih mudah lagi sebagaimana dijelaskan di bawah ini.

1. Masih di laman Google Search Console silahkan klik Peta Situs.

2. Ketikan sitemap.xml dan klik "Kirim".

7. Peta situs berhasil dikirimkan.

8. Proses pendaftaran peta situs sudah berhasil.


Kesimpulan

Dengan mengirimkan peta situs ke Google Search Console. Ini akan mempercepat proses pengindeksan situs web kita. Coba bandingkan dengan proses indexs tanpa search console google. Iya, meskipun pengaturan blogspot secara default mendefinisikan diri "dapat diakses mesin telusur " (lihat gambar di bawah ini). 


Sekian belajar komputer kita hari ini tentang cara menggunakan google search console. Meskipun pada contoh di atas lebih diarahkan untuk mesin Blogspot. Namun secara umum bisa digunakan untuk selainnya dengan sedikit penyesuaian. 

Selamat mencoba.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar