Inilah Tool dari Google yang Wajib Diketahui Blogger

Cara membuat blog pribadi yang paling mudah salah satunya yaitu dengan Blogger. Cukup beberapa menit membuat akun gmail kemudian masuk ke blogger untuk membuat alamat blog. Setelah itu kita bisa langsung menulis dan memposting artikel. 

Namun alamat blog kita masih ada embel-embel blogspot karena memang gratisan. Kita tidak keluar  uang sepeser pun untuk membeli nama domain maupun sewa hosting. Jadi cuma modal kuota internet untuk tetap terhubung pada saat ngeblog.

Agar nampak lebih profesional bisa juga kita hilangkan embel-embel blogspotnya. Caranya kita beli nama domain dan setting dengan cara yang sudah diterangkan pada artikel sebelumnya. Selain itu jangan lupa gunakan theme blogspot yang bagus.

Setelah siap menulis blog jangan ragu untuk menambah wawasan tentang tool dari Google yang wajib diketahui oleh pemula yang ingin buat blog sendiri berikut ini.

Inilah Tool dari Google yang Wajib Diketahui Blogger

Sumber gambar: Hebi B. dari Pixabay 


Inilah Tool dari Google yang Wajib Diketahui Blogger

Membuat blog pribadi dibutuhkan pengetahuan tambahan seputar dunia blogger. Meskipun profesi sekarang mungkin tidak ada hubungannya dengan itu. Pengetahuan tersebut mutlak diperlukan jika ingin blog pribadi kita berkembang ke arah yang lebih baik. 

Lain lagi ceritanya jika kita memang tidak peduli blog ini mau jadi apa..... prok.... prok.... prok.

Nah itu dia sekelas permainan sulap Pak Tarno saja mempunyai trik tersendiri. Apalagi blog pribadi yang pesaingnya bisa kita lihat dengan banyaknya media. Dari mulai situs web mainstream yang isinya campur aduk diambil semua. Hingga blog pribadi yang sudah lama mendominasi dunia maya.

Lalu, trik untuk blogger pemula itu seperti apa sih? 

Kita mulai dari pengenalan tool yang wajib diketahui oleh blogger pemula. Tool yang akan disebutkan di bawah ini semuanya dari Google dan sifatnya gratis. Jika ini sudah dimaklumi nanti kita coba lanjut dengan tool lain yang disediakan untuk blogger tapi bukan dari Google.

1. Gmail

Gmail adalah layanan email gratis dari Google yang diluncurkan sejak tahun 2004. Penggunaan email ini akan menjadi wajib bagi Anda yang memilih blogspot sebagai tempat untuk membuat blog. Selain bisa dibuka dengan browser apapun yang menjadi favorit Anda. Layanan gmail juga tersedia pada aplikasi versi mobile; misalnya di handphone Android.

Oh yess, pada awalnya saya tidak ingin memasukan poin pertama dan kedua ini dalam daftar. Kemudian saya berfikir:"Bagaimana dengan pemula yang sedang belajar komputer secara otodidak?" Ini untuk menjawab pertanyaan teman-teman:"Untuk membuat blog maka urutan pertama yaitu? 

Inilah gmail; layanan email gratis dari Google yang pertama wajib dimiliki setiap blogger di blogspot. Bagi yang masih tempe (baca=belum tahu) tentang masalah ini silahkan lihat cara buat akun gmail. Setelah itu silahkan tindaklanjuti dengan mendaftarkan diri di Blogger agar bisa menulis dan mempublikasikan artikel Anda.

2. Blogger 

Blogger adalah Content Manajemen System (CMS) online yang ditulis dengan bahasa Python. Awalnya, blogger dikembangkan oleh Pyra Labs hingga diakuisisi Google pada tahun 2003. 

Ini salah satu perbedaan Blogger dengan CMS lain yang banyak ditulis dengan PHP (atau salah satu framework PHP). 

Seperti CMS yang sudah dikenal luas berikut ini:"Wordpress, Drupal, Magento dan lain-lain". 

Meskipun ditenagai oleh perusahaan besar mesin pencari Google. Menggunakan blogger dijamin gratis sama halnya dengan layanan Google lainnya secara umum. Kecuali jika kita menginginkan nama domain tanpa menyertakan subdomain blogspot yang disediakan oleh Blogger.

Ini yang biasa disebut dengan istilah "blogger custom domain". Tentang ini sudah lewat episode ceritanya di artikel lalu. Tapi intinya sih sangat mudah; Kunjungi Blogger lalu ikuti langkah-langkah cara buat blogspot serta custom domainnya di tautan tersebut.

3. Google Search Console

Setelah membuat blog pribadi di blogspot dengan akun gmail. Seorang blogger wajib memanfaatkan tool gratis yang satu ini; Google Search Console.

Sebelumnya, tool ini bernama Google Webmaster Tool karena memang didedikasikan untuk para webmaster. Kemudian entah mengapa berganti nama menjadi Google Search Console. 

Yang jelas, tool ini salah satu fungsinya membantu blog agar dikenal oleh mesin pencari Google. Sedangkan mesin pencari itu ibaratnya kayak profesi mak comblang. Yups, mesin inilah yang mempertemukan pengunjung dengan artikel blog yang dicarinya.

Dengan demikian, kita juga perlu mendaftarkan blog kita serta mengirimkan sitemap XML pada tool webmaster mesin pencari lain, yaitu; Bing dan Yandex

4. Google AdsKeyword Planner

Sambil menunggu blog terindex oleh semua mesin pencari. Langkah selanjutnya yang bisa kita lakukan adalah belajar menulis apa pun temanya. Tapi saran dari para senior sih agar mengambil tema yang memang disukai dan menjadi kegemarannya.

Sedangkan tema tulisan kita ada baiknya dikaitkan juga dengan keyword yang banyak dicari. Salah satu tool yang disediakan Google untuk urusan ini yaitu Keyword Planner. Namun saya sendiri baru mengetahui tool dari Google ini entah setelah artikel ke berapa. 

Untuk itulah saya masukan tool untuk riset keyword ini dalam daftar. Minimalnya menjadi pengingat untuk pribadi dan teman-teman yang belajar blog benar-benar mulai dari nol. Sehingga, setiap artikel yang kita tulis nanti ada sasaran yang tepat atau setidaknya mendekati target.

Untuk bahasan lebih jauh mungkin bisa merujuk blogger senior yang Anda kenal. Sepertinya mereka lebih tepat jika mengupas ilmu Search Engine Optimation (SEO). Apalagi jika ditunjukan dengan bukti peringkat blog pribadi mereka di mesin pencari.

Sebagai tambahan informasi jika ingin menggunakan tool selain yang disediakan oleh Google; baik gratis maupun berbayar juga tersedia. Namun saya pribadi yang masih pemula dalam dunia blogger sepertinya masih merasa cukup dengan Google Keyword Planner.

Jika teman-teman tertarik untuk mencoba silahkan kunjungi Google Keyword Planner dan lakukan riset kata kunci yang menjadi target Anda.

5. Google Mobile Friendly Test Tool

Tool gratis selanjutnya yang disediakan oleh Google adalah alat untuk memeriksa ramah tidaknya sebuah blog jika dijalankan melalui perangkat mobile. Tool ini sangat penting karena mayoritas pengguna internet saat ini lebih banyak menggunakan perangkat mobile daripada desktop.

Makanya tidak heran jika perangkat mobile menjadi standar default pemeriksaan pada tool "Test My Site" dan "PageSpeed Insight".

Tool mobile friendly serta dua tool lainnya sebagaimana disebutkan di atas sepertinya terkait dengan kinerja sebuah theme di blogger. Sehingga, sebuah theme blogger yang baik harus responsive agar memanjakan pengunjung yang datang melalui perangkat yang beragam.

Jadi sedikit berbeda dengan tool yang sebelumnya; yaitu Google Keyword Planner yang lebih menekankan pada konten itu sendiri yang berupa artikel. Untuk eksplorasi lebih jauh silahkan kunjungi Google Mobile Friendly Test dan lihat hasilnya di sana.

6. Google Test MySite

Mirip dengan tool dari Google pada nomor 5 di atas. Tool yang satu ini juga menaruh perhatian pada perangkat mobile. Tool ini dikenal dengan "Google Test MySite" yang juga sifatnya gratis. Tool ini berguna untuk memeriksa kecepatan loading sebuah blog dari perangkat mobile pengunjung.

Lagi-lagi ini juga masih terkait dengan kinerja sebuah theme yang digunakan. Adapun artikel mungkin yang perlu dicermati itu masalah gambar. Karena besaran kapasitas setiap gambar bisa berbeda tergantung penggunaan format gambar. Sehingga hal ini berpengaruh pada kecepatan loading sebuah blog yang diakses melalui perangkat seluler.

Adapun salah satu format gambar yang disarankan agar blog loading lebih cepat yaitu webp. Format gambar ini termasuk baru karena dikembangkan Google beberapa tahun lalu. 

Oh yess, kemarin saya tulis pengalaman bagaimana caranya konversi ke webp. Jika ada yang tertarik silahkan klik tautan tersebut. Sayangnya baru pake aplikasi Gimp dan belum dengan cara yang lainnya yang mungkin disukai kebanyakan orang. 

Adapun teman-teman yang mau mengetahui berapa detik kecepatan loading blognya. Silahkan kunjungi tautan Google TestMySite dan siap-siap kecewa jika hasilnya merah. Seperti blog saya ini yang ternyata nilainya: "poor" (miskin) dengan keterangan:"Your mobile page speed is 4.6 second on a 4G connection."

7. Google PageSpeed Insights

Tool selanjutnya ada Google PageSpeed Insights yang berguna untuk membantu memaksimalkan optimasi tampilan blog. Ini juga masih lebih banyak terkait dengan kinerja theme yang digunakan. 

Mungkin saya pribadi yang masih pemula sangat susah menerapkan solusi yang ditawarkan. Meskipun secara gamblang dijelaskan oleh tool disertai saran-sarannya namun apa daya basic bukan programmer. 

Tapi setidaknya tool ini bisa kita terapkan untuk memilih theme gratisan atau berbayar yang lebih baik. Caranya bisa kita copas link demo theme tersebut kemudian kita tes dengan tool ini. 

Jika Anda mau mencobanya sekarang silahkan kunjungi Google PageSpeed Insight

8. Google Rich Result Test

Struktur data yang "rich" sangat penting karena blog diakses oleh beragam browser. Untuk itulah Google menghadirkan sebuah tool yang bernama "Rich result test". Sama seperti layanan Google yang sudah disebutkan di atas. Tool ini pun tersedia dengan gratis agar bisa dimanfaatkan oleh para blogger.

Adapun pemula yang belajar membuat theme sendiri mungkin tidak bisa berbuat banyak. Meskipun  setelah test diketahui theme yang dipakai tidak mendukung struktur data yang rich. Tapi mudah-mudahan pengalaman ini menjadi motivasi untuk senantiasa terus belajar sama halnya dengan admin.

Begitu pun jika kita berniat membeli template berbayar atau sekedar download theme gratisan. Jangan lupa periksa terlebih dahulu:"Apakah theme yang akan kita beli mendukung struktur data yang rich?". Setelah itu bandingkan fitur lain yang menjadi kelebihan dan kekurangan masing-masing template blogger tersebut.

Anda tertarik untuk mencobanya? Silahkan kunjungi Google Rich Results Test.

9. Google Programmable Search Engine

Tool selanjutnya yang sifatnya opsional tergantung masing-masing yaitu Google Programmable Search Engine. Bagi teman-teman yang terbiasa belajar membuat theme blogger pasti kenal tool yang dulu dikenal dengan istilah Google Custom Search ini.

Jika tertarik untuk memodifikasi kolom pencarian di theme blog pribadi Anda silahkan kunjungi Google Programmable Search Engine

10. Google Analytics

Prinsip hari ini harus lebih baik dari kemarin bisa diterapkan jika evaluasi menjadi bagian dari agenda hidup. Karena evaluasi terhadap sebuah tindakan yang sudah dilakukan menjadi syarat agar perubahan kedepan berkembang menjadi lebih baik.

Lalu bagaimana menerapkan evaluasi dalam dunia blogger? 

Google sudah menyediakan sebuah tool gratis yang dikenal dengan istilah Google Analytics. Tool ini menampilkan statistik pengunjung secara rinci hingga keyword apa saja yang paling menjadi daya tarik. Sehingga, dengan data-data penting ini saya pikir ini bisa menjadi bahan evaluasi. 

Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi link Google Analytics

11. Google AdSense

Tool yang wajib diketahui Blogger lainnya adalah Google Adsense. Tapi sepertinya tool yang satu ini sudah tidak perlu dijelaskan lagi. Saya yakin hampir semua blogger sudah pernah mendengar adsense. Terlebih lagi demam youtube saat ini ada dimana-mana. Hingga kampung halaman saya saja banyak yang berlomba-lomba membuat channel Youtube. Salah satu tujuannya agar mereka bisa mendapatkan penghasilan dari internet; yaitu Google Adsense.

Nah, bagi para blogger pun punya kesempatan yang sama dalam hal ini. Blog pribadi Anda bisa juga didaftarkan pada program Google Adsense. Apalagi jika merangkap jadi youtuber plus programmer. Selain bisa mendatangkan pengunjung dari youtube ke blog dan sebaliknya. Pundi-pundi penghasilan datang dari keduanya atau bahkan ketiganya; Blogger, Youtube dan Google AdMob. 

Coba bayangkan bagaimana jika blog berisi tutorial belajar pemograman? Anda secara tidak langsung juga belajar bahasa pemograman kan? Siapa sangka setelah 6 tahun kemudian bisa membuat program. 

Anda tertarik untuk mendaftarkan blog pribadi Anda? Silahkan kunjungi laman Google Adsense.


Akhir kata, bagi pemula yang belajar menulis blog ada baiknya menguasai teknik mengetik 10 jari. Dengan cara ini kita tidak merasa lelah payah dalam menulis. Karena tugas mata bukan untuk memelototi keyboard. Melainkan bisa sedikit rilex sembari memeriksa kesalahan yang mungkin sesekali tertulis pada layar. 

Sekian belajar komputer kita hari ini tentang pengenalan tool dari Google yang wajib diketahui oleh Blogger pemula. Pada kesempatan lain nanti mudah-mudahan bisa ditambahkan dengan rangkuman seputar tool gratis yang wajib diketahui Blogger namun bukan berasal dari Google.

Semoga bermanfaat.

Gratis! Silahkan klik subscribe untuk menerima email pembaruan

ModeMalam