Cara (1) Membuat CV Online/Resume dengan Bootstrap dan Blogspot

Curiculum Vitae (CV) biasa dilampirkan pada saat melamar pekerjaan. Lembaran ini berisi daftar riwayat hidup calon pekerja. Sebagian orang bahkan mengatakan jika cv merupakan istilah lain dari daftar riwayat hidup. Meskipun sebagian lainnya membedakan diantara dua istilah tersebut di atas.

Namun pada prakteknya hal ini kembali kepada masing-masing individu. Karena secara pengalaman sejak cv ditulis tangan secara langsung. Ada juga teman yang membuat lampiran surat lamaran pekerjaan menggunakan formulir daftar hidup yang tinggal diisi. 

Dan seiring perkembangan zaman mulailah cv diketik manual. Ada yang menggunakan aplikasi pengolah kata Ms. Word. Ada juga yang menggunakan template dari aplikasi tertentu. Lebih dari itu, saat ini cv bisa diakses melalui alamat situs web yang kita buat sendiri.

Cara terakhir ini akan kita contohkan dengan theme bootstrap yang dipasang di Blogspot. Sehingga bagi yang ingin cv online dengan alamat url subdomain pribadi sangat mudah. Iya, setelah melakukan praktek ini lanjutkan dengan membeli nama domain. Setelah itu custom agar embel-embel blogspot-nya tidak terlihat dan berubah menjadi nama domain yang telah kita beli.

Cara (1) Membuat CV Online/Resume dengan Bootstrap dan Blogspot


Cara (1) Membuat CV Online/Resume dengan Bootstrap

Sebelum menerapkan tutorial ini pastikan sudah bisa membuat blog dengan blogspot. Bagi yang belum pernah sama sekali bisa klik tautan di atas. Pada tautan tersebut juga dijelaskan bagaimana membuat situs web pribadi dengan blogspot dari awal hingga akhir.

Setelah itu kita bisa langsung membuat cv sekaligus belajar bootstrap sedikit demi sedikit. Adapun script yang digunakan semuanya diambil dari startbootstrap.com kemudian diadaptasi ke lingkungan blogger yang hanya terdiri atas satu file xml.

Lebih jelasnya, silahkan simak cara membuat cv online dengan Bootstrap dan Blogspot berikut ini.

1. Hapus semua kode theme di Blogspot dan ganti dengan script dasar berikut ini.

2. Tempatkan kode berikut setelah <head> dan sebelum <b:skin><![CDATA[.

3. Tempatkan kode css di bawah ini setelah <b:skin><![CDATA[.

4. Tempatkan kode di bawah ini setelah <body>. Kode bisa ditempatkan sebelum atau sesudah kode <b:section class='main' id='main' showaddelement='yes'/>

5. Tempatkan kode berikut ini sebelum tag penutup </html>:

6. Untuk mengedit kata-kata yang tampil pada blog silahkan cari dengan Ctrl+F dan rubah sekehendak hati Anda. Begitu juga dengan tampilan foto, silahkan ganti url berikut: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgQksXdISBj53Sp2FzWsvwlmyPXR9aCRE7dGQyPiz1paUh8Pmm5ClDWBXOBvn1RhOnOqK0b-mUbeoZAfCFytS7nNDY2A19eMuIx2v9dbuwdW6ZJVBYFlq1KJEdYLmoE-ZTWUslJVzX7xqs/s0/yusuf-sebardi.webp' dengan alamat gambar atau foto Anda.

8. Hasil akhir akan terlihat seperti laman blogspot ini


Penutup

Untuk kode <b:section class='header' id='header' maxwidgets='1' showaddelement='yes'/> biasanya akan berubah menjadi panjang karena kode ditambahkan oleh Blogger secara otomatis. Efeknya akan terlihat pada layar berupa tanda subscribe layanan Atom di bagian footer. Jika hal ini terjadi silahkan kembalikan kode tersebut sebagaimana asal; yakni: script <b:section class='header' id='header' maxwidgets='1' showaddelement='yes'/> saja. 

Adapun bagi Anda yang ingin download theme bootstrap resume atau cv online ini bisa kunjungi google drive ini. Format file menggunakan ekstensi xml sehingga bisa langsung diterapkan di Blogspot dengan cara mengganti template. Silahkan unduh dan perbaiki theme tersebut agar jauh lebih menarik lagi.

Selamat mencoba.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar