Cara Mengatasi Kode OTP Prakerja Tidak Masuk ke Email

Pada saat daftar prakerja kemarin ada banyak kendala yang ditemui. Diantaranya dialami oleh saya sendiri secara langsung. Sedangkan yang lainnya terjadi pada teman dan beberapa orang terdekat saya. 

Namun masalah prakerja yang terjadi pada orang lain tidak ada tangkapan layarnya. Sehingga dalam hal ini saya tidak bisa bercerita banyak. 

Berbeda halnya dengan apa yang saya alami secara pribadi. Salah satunya adalah kode otp prakerja tidak masuk ke email. Padahal email saya masih aktif dan nomor ponsel pun masih digunakan. Hanya saja pada saat mendaftar menggunakan ponsel yang berbeda.

Barangkali hal itulah yang menjadikan masalah sehingga kode otp prakerja tidak masuk email. 

Sebagaimana dikutip dari prakerja bahwasanya kita tidak akan menerima kode OTP apabila nomor telepon atau email yang tercantum pada akun sudah tidak digunakan atau sudah tidak aktif. Untuk itu, harus dipastikan jika nomor telepon maupun email yang terdaftar pada akun prakerja sudah sesuai dengan yang digunakan saat ini.

Dan seperti inilah tangkapan layar pendaftaran prakerja saya ketika menunggu kode OTP yang tidak kunjung datang. 

Cara Mengatasi Kode OTP Prakerja Tidak Masuk ke Email


Cara Mengatasi Kode OTP Prakerja Tidak Masuk ke Email

Kode Verifikasi atau OTP (One-Time Password) adalah password dinamis yang terdiri dari 4 maupun 6 digit angka unik dan rahasia yang biasanya dikirimkan melalui SMS atau email yang tercantum pada akun Kartu Prakerja. 

Kode ini berfungsi sebagai alat validasi untuk mencegah adanya tindakan penyalahgunaan akun. Dan kode yang dikirimkan ini hanya berlaku selama beberapa menit saja.

Namun apa yang harus dilakukan jika kode otp tidak masuk padahal nomor ponsel masih aktif? Berikut ini solusi yang bisa dilakukan jika kode otp prakerja tidak masuk ke email maupun SMS.

1. Kunjungi link Form Pengaduan.

2. Isi nama lengkap, email dan nomor ponsel serta info yang dibutuhkan lainnya.

3. Pada bagian Tipe silahkan pilih: "Kendala" dan bagian Kategori pilih: "Tidak terima OTP Pendaftaran Kartu Prakerja".

4. Pada bagian Judul Pertanyaan atau Kendala Sobat? (wajib diisi) silahkan tulis misalnya: Email tidak menerima kode OTP. Sedangkan pada bagian Deskripsikan Pertanyaan atau Kendala Sobat (wajib diisi) silahkan ceritakan detail kendala yang dialami.

5. Kemudian upload tangkapan layar bukti kendala pendaftaran prakerja Anda pada bagian lampiran.

6. Jangan lupa ceklis pada kotak yang ada tulisan:"Dengan mengirimkan pesan melalui form ini berarti Anda menyetujui Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku".

7. Ceklis juga opsi "I'm not robot" setelah itu pilih "Kirim pesan".

8. Apa yang saya alami keesokan harinya pada saat login ke akun prakerja langsung diminta verifikasi KTP dan KK.

9. Ini artinya kendala kode otp prakerja tidak masuk ke email sudah tidak menjadi masalah lagi.


Kesimpulan

Kartu prakerja merupakan salah satu cara menghasilkan uang dari internet yang gampang tapi susah bagi sebagian orang. Meskipun mendapatkan insentif sebesar Rp. 600.000 selama 4 bulan serta sedikit tambahan bagi yang mengisi survey. 

Setidaknya uang online tersebut sangat berguna sebagai biaya untuk mencari lowongan pekerjaan. Dan bagi pencari cuan di dunia maya bisa juga untuk modal usaha membuat sebuah website, bisnis afiliasi atau periklanan kecil-kecilan. Belum lagi dengan manfaat bantuan pelatihan senilai Rp1.000.000 yang bisa dibelikan untuk pelatihan.

Dalam hal ini saya juga berusaha daftar kartu prakerja untuk membuktikan hal tersebut. Apakah kartu prakerja benar-benar gampang tapi susah? Yang jelas di sana ada banyak kendala dan kita sudah menyelesaikan salah satunya; kode otp prakerja tidak masuk ke email.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga

7 komentar:

  1. Berarti msh bs dperbaiki klo otp tdk ad msuk k email itu y? Soal ny sy sdh bbrpa hri ini isi pengaduan pd tim prakerja

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan besar bisa, setlah isi di form pengaduan tinggal tunggu waktu aja. saya sendiri nunggu berapa hari gitu, lupa

      Hapus
  2. Sudah 2 bulan lebih dan sudah berkali² kirim pengaduan tapi masih zonk juga...padahal tinggal ulasan dan insentif cair..gara² kode otp tidak masuk sampai saat ini tidak bisa login ke akun prakerja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang sistemnya seperti dibikin "sulit" sehingga banyak kendala yg juga pernah saya alami tahun kemarin. Contoh kecil saat memasukan tempat tanggal lahir yang harusnya diberi kemudahan input data. Dalam hal ini semua programmer tahu lah gimana caranya. Tapi apa yang terjadi memang sangat mengesalkan. Karena untuk input data itu saja harus tap berkali-kali. Belum lagi masalah lainnya seperti apa yang Anda katakan tersebut. Padahal nomor telepon dan email yang Anda gunakan masih aktif kan? Sedangkan solusi yang diberikan hanya melalui Form Pengaduan saja.

      Hapus
    2. Untuk prakerja tahun sekarang sistemnya saya tidak tahu banyak. Karena pengalaman saya berhasil ikut prakerja yang saya tulis itu tahun kemarin. Yg saya ingat, kunjungi situs prakerja dengan ponsel setelah sebelumnya nyalakn akses lokasi di setingan hp. Nanti ada notifikasi dari website prakerja yang meminta izin lokasi, klik "Izinkan"

      Hapus
    3. Dan tutorial di atas itu buat yg pertama kali bikin akun prakerja. Sedangkan komentar Anda "......padahal tinggal ulasan dan insentif cair." Ini maksudnya ulasan setelah mengikuti kursus? Seingat saya, prakerja tahun kemarin itu mendapat insentif tidak cuma sekali. Kemudian ada saatnya insentif gak cair-cair. Akhirnya saya login ke akun prakerja, eh ternyata di sana ada semacam "konfirmasi" atau apa pun namanya saya lupa. Intinya setelah login dan menekan tombol tersebut akhirnya insentif yang kesekian berhasil diproses. Beberapa hari kemudian nanti cair

      Hapus
    4. Tapi jika masalahnya adalah saat pendaftaran prakerja dan "tidak bisa login ke akun prakerja", padahal sudah kirim form pengaduan ke sana. Dalam hal ini saya tidak bisa membantu banyak. Mungkin harus telepon langsung melalui customer servicenya layanan prakerja

      Hapus