Cara Daftar Kartu Prakerja, Ini Pengalamanku!

Kartu Prakerja adalah program dari pemerintah yang sudah ada sejak saya masih menjadi karyawan. Namun saat itu masih belum terlintas untuk mencoba mendaftar. Apalagi mendengar langsung cerita seseorang yang mengikuti program tersebut. Diketahui, tujuannya mengikuti program tersebut hanya ingin mendapatkan uang online sebagai tambahan saja. Sedangkan manfaat upgrade skill dari pelatihan yang tersedia diabaikan begitu saja.

Mungkin seseorang yang saya temui itu hanya oknum saja. Meskipun tidak menutup kemungkinan jika ada oknum serupa di tempat yang sama atau wilayah lainnya. Tapi tidak salah sepenuhnya juga ya jika kartu prakerja dijadikan sebagai salah satu cara menghasilkan uang dari internet

Terlepas dari hal tersebut suatu hari saya ditawari untuk belajar desain web. Kejadian ini tepatnya setelah beberapa bulan sudah tidak lagi bekerja di sana. Tidak tanggung-tanggung, teman saya ini bersedia untuk menanggung biaya pelatihannya. Meskipun dia tahu minat saya pada saat masih bekerja lebih banyak ke dunia Linux dan jaringan. 

Sejurus kemudian tawaran baik teman saya tersebut tidak saya ambil. Sama halnya dengan beberapa tawaran baik dari teman-teman saya lainnya. Alasannya waktu itu masih kekeuh dengan metode belajar versi klasik. Menurutku lebih baik belajar langsung dari buku manual yang diterbitkan secara resmi ketimbang melihat video tutorial bukan dari pengembangnya.

Namun setelah keluar dari pekerjaan hampir genap satu tahun ini saya berubah haluan. Termasuk pandangan saya tentang program Prakerja. Ditambah lagi dengan kenaikan BBM yang memicu kebutuhan pokok lain ikut meningkat. Sedangkan penghasilan dari internet masih belum stabil. 

Dipikir-pikir salah satu penyebab keluar dari pekerjaan memang terkait hal ini juga. Iya, meskipun faktor lain banyak namun kebijakan pemerintah tentang vaksin dan aplikasi peduli lindungi adalah pemicu terbesar. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya adu argumentasi dengan atasan sebelum saya memutuskan untuk keluar.

Untuk itulah, beberapa hari yang lalu saya mencoba daftar prakerja dan saya tuliskan pengalamannya di sini. Saya yakin pengalaman ini sangat berharga dan bisa bermanfaat untuk orang lain. Karena ternyata secara proses dari awal saja banyak kendala. Seolah-olah website tersebut sengaja dibuat demikian atau diarahkan memang seperti itu alias tidak ramah dengan mereka yang gaptek. Sehingga tidak heran jika banyak orang yang merasa kesulitan meskipun hanya sebatas melakukan pendaftaran.


Syarat Pendaftaran Akun Kartu Prakerja

Sebagaimana layaknya mendaftarkan diri untuk mendapatkan pekerjaan atau bantuan lainnya dari pemerintah. Pendaftaran akun di laman prakerja.go.id mempunyai ketentuan yang harus dipenuhi. Syarat-syarat untuk mengikuti prakerja tersebut adalah sebagai berikut; 

- WNI umur minimal 18 tahun maksimal 64 tahun.

- Tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

- Belum terdaftar sebagai penerima bantuan sosial lain dari pemerintah.

- Pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

- Bukan merupakan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Aparatur Sipil Negara, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, Kepala Desa dan perangkat desa, Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas pada badan usaha milik negara atau badan usaha milik daerah.

- Dalam 1 (satu) Kartu Keluarga hanya diperbolehkan maksimal 2 (dua) NIK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.


Cara Daftar Kartu Prakerja Berdasarkan Pengalaman Pribadi

Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi. Berikut ini cara daftar kartu prakerja berdasarkan pengalaman pribadi dengan beragam kendala serta solusinya yang akan saya tulis bersambung, insya Allah.

1. Kunjungi laman web prakerja dengan browser yang terdapat pada ponsel Anda. Kemudian pilih tab menu seperti terlihat pada screenshot di bawah ini.

Cara Daftar Kartu Prakerja, Ini Pengalamanku!

2. Pilih "Daftar Sekarang".

3. Masukan email yang ingin didaftarkan serta password unik untuk login ke dashboard prakerja. Perhatikan kata sandi yang dibuat sesuai dengan ketentuan. Minimal 8 karakter serta disertai dengan huruf kapital, kecil, angka dan karakter khusus; tanda ! misalnya. Setelah itu klik "Daftar" untuk melanjutkan proses pendaftaran akun prakerja.

4. Link verifikasi dikirimkan melalui email. 

5. Silahkan buka email yang baru saja didaftarkan. Buka pesan masuk dari prakerja kemudian pilih "VERIFIKASI DI SINI".

6. Setelah verifikasi email berhasil silahkan masuk ke akun prakerja dengan cara klik "Masuk ke Akun Kamu".

7. Masukan alamat email, password serta nomor acak di bawahnya kemudian pilih "Masuk".

8. Masukan kode OTP yang dikirim masuk melalui email kemudian pilih "Verifikasi". Jika teman-teman mengalami kendala kode otp tidak masuk. Silahkan baca artikel selanjutnya karena saya juga pernah mengalami hal tersebut. Klik tautan berikut tentang kode otp prakerja tidak masuk ke email

kode otp prakerja tidak masuk ke email

9. Klik "Izinkan" jika ada notifikasi  izinkan prakerja menggunakan lokasi anda.

izinkan prakerja menggunakan lokasi anda

10. Jika notifikasi izin lokasi prakerja tidak muncul otomatis atau sengaja terlewat atau memilih selain "izinkan" maka proses pendaftaran akun prakerja akan berhenti pada tahap tersebut. 

cara izin lokasi prakerja di hp

11. Silahkan buka pengaturan telepon Anda kemudian setting agar opsi penggunaan lokasi menjadi aktif.

12. Kembali ke halaman pendaftaran prakerja kemudian silahkan muat ulang.

13. Masukan nomor NIK, KK dan tanggal lahir lalu tekan "Lanjut". 

14. Isi data diri sesuai KTP; Nama lengkap, Jenis kelamin, Nama ibu kandung, Status perkawinan, Status bekerja, Pendidikan terakhir, Jumlah tanggungan keluarga serta alamat "sesuai KTP anda" dan tempat tinggal sekarang. Untuk alamat sesuai KTP sengaja saya berikan tanda petik karena ini pengecohan dari sistem yang entah sengaja didesain seperti itu ataukah tidak. Jangan lupa centang pada bagian:"Dengan melanjutkan, saya menjamin telah mengisi semua data dengan jujur dan benar". Kemudian pilih opsi "Lanjut" untuk menyelesaikan pendaftaran prakerja.

15. Jika teman-teman mempunyai masalah seperti terlihat pada screenshot di bawah ini silahkan baca pengalaman saya seputar alamat ktp tidak sesuai dengan dukcapil.

alamat ktp tidak sama dengan dukcapil

16. Setelah berhasil mengisi formulir data diri silahkan pilih "Unggah Foto e-KTP".

17. Ambil foto e-KTP dan atur agar tepat didalam kotak lalu pilih "Lanjut".

18. Jika sudah sesuai silahkan pilih "Gunakan foto".

19. Pilih "Kirim foto".

20. Pilih "Scan wajah".

21. Pilih "Izinkan".

22. Arahkan kamera ke wajah Anda dan ikuti instruksi yang diberikan. Misalnya jika terdapat notifikasi posisi wajah terlalu jauh maka dekatkan. Begitu juga jika ada arahan agar mengedipkan mata atau menggelengkan kepala.

23. Masukan nomor HP yang terdaftar pada e-wallet BNI, BCA, GoPay, OVO, DANA atau LinkAja kemudian tekan "Kirim OTP".

24. Masukan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS kemudian tekan "Verifikasi".

25. Selanjutnya ada pertanyaan:"Apakah kamu Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas pada BUMD?" Pilih:"Tidak" kemudian tekan "Lanjut".

26. Kemudian ada pertanyaan:"Apakah saat ini anda menganggur?" Silahkan pilih sesuai kondisi sekarang kemudian pilih "Lanjut".

27. Jika jawaban untuk pertanyaan di atas "Iya" maka ada pertanyaan berikutnya:"Apakah Anda pernah bekerja sebelumnya?" Dalam hal ini saya jawab iya karena memang sebelumnya pernah bekerja.

28. Kemudian ada pertanyaan:"Apakah Anda menganggur karena adanya COVID-19?" Silahkan jawab sesuai kondisi masing-masing kemudian pilih "Selesai".

29. Proses pendaftaran kartu Prakerja telah selesai namun bukan berarti sudah tercatat mengikuti gelombang yang sedang berjalan. Apalagi tercacat sebagai peserta kartu prakerja sehingga berhak mendapatkan saldo pelatihan. 


Kesimpulan

Program Kartu Prakerja bertujuan untuk mengembangkan kompetensi angkatan kerja, meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja, serta mengembangkan kewirausahaan. Prioritas program ini diperuntukan untuk para pencari kerja muda dan pekerja atau pelaku usaha mikro yang terdampak Covid-19. 

Sehingga bagi teman-teman yang sedang bekerja, buruh yang terkena PHK, pencari kerja, pekerja yang membutuhkan peningkatan skill atau berwirausaha juga bisa ikut mendaftar.

Namun perlu diingat bahwa proses pendaftaran yang kita lakukan di atas baru sekedar pendaftaran akun prakerja sebagai syarat awal. Proses pendaftaran akun prakerja diatas selesai ditandai dengan tulisan berikutnya:"Pernyataan Pendaftar Terkirim, Terima kasih sudah mengisi pernyataan pendaftar."

Untuk langkah selanjutnya silahkan join dengan gelombang yang sedang berjalan. Namun jika ternyata pembukaan gelombang masih belum terlihat silahkan tunggu. Lebih jelasnya ikuti tulisan saya selanjutnya tentang cara bergabung dengan gelombang prakerja yang sudah dibuka.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar