Download Template Simple Sidebar untuk Blogger

Mempelajari desain web yang dibuat secara profesional bisa dilakukan melalui template lain. Untuk itu kita harus mempunyai kemampuan membaca source code sebuah theme yang kita inginkan. 

Misalnya dalam hal ini ingin mempelajari template yang dibangun dengan Bootstrap. Maka, theme yang diterapkan tentu saja berdasarkan Bootstrap. Salah satunya adalah "Simple Sidebar" yang dikembangkan oleh Startbootstrap.


Simple Sidebar

Kali ini saya pilihkan theme ini karena tidak terlalu kompleks. Karena theme yang masih sederhana  akan lebih mudah dipelajari. Terutama bagi pemula yang belajar web desain secara otodidak.

Theme ini dinamakan simple sidebar dengan harapan bisa memahami baris kode di dalamnya. Terutama menu sidebar yang berada di bilah sisi kiri. Menu sidebar ini mempunyai sifat toggleable, yaitu: sidebar bisa ditampilkan atau tidak disertai tombol dengan fungsi tersebut.

Mungkin kalau di dunia nyata ini ibaratnya seperti saklar yang bisa menghidupkan atau mematikan.


Deskripsi

Simple Sidebar adalah tata letak dasar sebuah laman dengan menu sidebar untuk situs web yang dibangun berdasarkan Bootstrap dengan Offcanvas. Sebuah komponen sidebar yang dapat dialihkan melalui JavaScript agar bisa terlihat di sisi kiri, kanan, atau bawah viewport. 

Tombol atau jangkar digunakan sebagai pemicu yang dilampirkan ke elemen tertentu yang Anda alihkan, dan atribut data digunakan untuk memanggil JavaScript pustaka dari Bootstrap.

Dengan demikian, ini adalah titik awal yang bagus untuk aplikasi web dasbor minimal, atau situs web umum dengan bilah sisi yang dapat dialihkan. Hanya saja, theme di atas tidak disertai contoh penarapan pada platform Blogger.


Fitur

  • Menu navigasi sidebar sudah responsif
  • Disertai menu navigasi atas dengan toggle button.
  • Menu navigasi off-canvas yang akan beralih ketika diakses dari perangkat dengan layar kecil.
  • Area konten juga sudah responsif
  • Tersedia source code di github.
  • Info lebih lanjut bisa kunjungi startbootstrap.

Link Download Template Simple Sidebar untuk Blogger

Simple Sidebar termasuk template yang berhasil diterapkan pada platform Blogger. Meskipun pada laman resminya tidak disertakan dokumentasi secara rinci. Bagi web developer mungkin ini bukan berita baru. Tapi mungkin tidak bagi pemula yang belajar web desain secara otodidak.

Seperti apa yang saya alami saat belajar desain web secara mandiri. 

Untuk itulah saya ingin membagikan pengalaman ini. Silahkan perthatikan perbedaannya antara theme blogger yang sudah dalam bentuk file xml. Dengan file sebelumnya yang terdiri atas file index.html disertai file penunjang lainnya.

Langsung saja, berikut ini link download file xml theme Simple Sidebar yang sudah diadaptasi sesuai dengan platform Blogger.

Sebagai bukti bisa diterapkan pada platform Blogger bisa lihat screenshot berikut ini.

simple sidebar for blogger

Dan untuk mengetahui tampilan versi mobile bisa menggunakan layanan gratis dari mobiletest.me. Silahkan unduh dan terapkan template Simple Sidebar di atas. Setelah itu akses melalui mobiletest untuk mengetahui tampilan dari perangkat mobile.

Adapun link demo sementara pada platform blogger bisa klik di sini. Namun jika preview tidak sesuai dengan nama theme berarti link demo sudah diganti dengan theme baru. Sebagai gantinya, link demo theme Simple Sidebar bisa dilihat melalui sumber asalnya di startbootstrap di bawah ini.

Sekian bahasan tentang free template hari ini dari startbootstrap. Sebuah theme yang dibangun dengan Bootstrap dengan nama Simple Sidebar. Dan saya hanya membuat salinannya agar bisa terpasang pada platform Blogger. 

Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar