Cara Cepat Agar Halaman Terindex Google Penelusuran

Dalam rangka pembuktian pertanyaan:"Apakah kita bisa menghasilkan uang dari blogspot?" Akhir-akhir ini saya semangat membuat sebuah blog baru. Dan blog ini masih dalam keadaan gratisan sama sekali. Alias masih ada embel-embel blogspot dalam nama situsnya.

Sehingga, blog tersebut tidak ada rencana untuk dikaitkan dengan nama domain berbayar. Baik dengan akhiran .com, .id, .net atau pun top level domain lainnya. Hanya saja, theme yang berjalan di sebaliknya merupakan teknologi baru.

Iya, theme yang saya buat sendiri dari nol tersebut menggunakan Halfmoon. Sebuah teknologi yang saya anggap baru meskipun mungkin bagi orang lain tidak. Mengapa demikian? Karena selama ini saya tahunya yang paling cepat untuk membuat theme blogspot yakni dengan menggunakan bootstrap.

Terlepas dari hal tersebut mudah-mudahan semua jejak menuju ke sana bisa terdokumentasikan secara lengkap. Harapannya, jika kemudian blog baru tersebut berhasil maka manfaat yang bisa didapat orang lain bisa lebih banyak.

Oke, kita mulai dokumentasi hari ini tentang apa yang saya lakukan sekarang. Yakni upaya saya agar halaman blog terindex Google Penelusuran secara cepat.


Cara Cepat Agar Halaman Terindex Google Penelusuran

Sebelum menuliskan tutorial cara cepat agar terindex Google ini. Sebetulnya ada tahapan lain yang sudah saya lakukan. Sayangnya hal itu terlewat dan baru terpikir sekarang. 

Namun jangan khawatir, artikel serupa ternyata sudah saya tuliskan jauh-jauh hari meskipun untuk blog lain. Dan tahapan ini terkait tentang bagaimana cara mendaftarkan blog di Google Search Console, dan cara submit peta situs di sana. Tidak lupa juga, harus oprek pengaturan robot.txt di setelan blogger.

Jika semua tahapan-tahapan di atas sudah dilakukan bahkan hingga waktu yang lama. Namun hasilnya Google Penelusuran belum juga mengindex blog kita. Maka, tutorial cara cepat agar halaman terindex Google di bawah ini bisa dilakukan.

1. Buka Google Search Console.

2. Klik "Mulai sekarang".

3. Login dengan akun gmail jika sebelumnya belum masuk.

3. Pilih "Inspeksi URL".

4. Copy salah satu URL artikel di blog baru kita. Caranya klik pada bagian permalink, sorot URL artikelnya, klik kanan, pilih Copy.

5. Paste di kolom inspeksi url.

6. Tekan enter.

7. Setelah meminta data dari Google maka akan terlihat hasilnya seperti di bawah ini. Jika belum terindeks oleh Google Penelusuran silahkan klik "MINTA PENGINDEKSAN".

8. Kemudian Google menguji apakah URL langsung dapat diindeks? Jika tidak berhasil, secara otomatis Google mengirimkan permintaan dan memasukannya ke dalam antrian. Silahkan klik OK dan tunggu hingga beberapa jam/hari berikutnya.

9. Untuk menguji halaman artikel sudah ada yang terindeks ataukah belum oleh mesin Google Penelusuran, silahkan buka tab baru kemudian ketik: site://nama-situs.blogspot.com teman-teman.

Cara Cepat Agar Halaman Terindex Google Penelusuran

10. Beberapa hari kemudian nanti ada notifikasi dari Sistem Google. Isinya berupa pemberitahuan sejak tanggal sekian, Google mulai mengumpulkan tayangan Google Penelusuran untuk situs kita di Search Console. Hal ini berarti halaman dari situs kita kini muncul di hasil penelusuran Google untuk beberapa kueri. Tampilan pemberitahuan dari Google tersebut sebagaimana terlihat pada screenshot berikut.

11. Selesai.

 

Kesimpulan

Agar situs web atau blog kita cepat terindex oleh Google membutuhkan waktu dan banyak perjuangan. Oleh karena itu patut disyukuri jika blog gratisan blogspot bisa cepat terindeks. Karena memang faktanya tidak sedikit website dan blog yang ada di dunia maya ini. Apalagi semuanya berkompetisi agar blog atau website mereka mendapatkan posisi teratas.

Setelah semua apa yang dilakukan di atas, perjuangan dengan blog gratisan ini belum berhenti. Terutama bagaimana mengoptimalkan kualitas tiap artikel yang dibuat. Pada tahapan ini nanti kita butuh sebuah tool yang namanya Google Keyword Planner. Sebuah tool yang disediakan oleh Google secara gratis.

Mudah-mudahan ke depan bisa juga membahas tentang cara lanjutan tersebut. Akhir kata, semoga artikel kali ini tentang cara cepat agar halaman terindeks Google Penelusuran bisa bermanfaat untuk semuanya.

Salam gratisan.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar